data-ad-format="auto"

Tips Atasi Kantuk Sewaktu Bekerja

Saat sedang melakukan aktivitas di kantor atau tempat kerja tak jarang kita akan merasakan kantuk yang cukup menyiksa ketika kantuk tersebut harus kita tahan, alhasil terkadang kita malah akan mengantuk saat pekerjaan masih begitu menumpuk. Hal seperti ini umum sekali terjadi, terutama pada jam-jam tertentu seperti jam makan siang atau jam istirahat, bahkan beberapa orang akan mengalami kantuk saat masih dini seperti misalkan antara jam 10 atau jam 11. Ketika kondisi seperti ini terjadi bukan hanya pekerjaan yang tidak akan sanggup kita selesaikan, bahkan konsentrasi kitapun terkadang menjadi menghilang akibat kantuk yang begitu mendera.

Rasa kantuk yang menyerang sewaktu bekerja sebenarnya normal terjadi. Namun karena efeknya yang begitu mengganggu seperti kesulitan untuk berkonsentrasi, menurunnya produktivitas kerja hingga kesalahan fatal pada pekerjaan membuat rasa kantuk yang menyerang sebaiknya harus segera diatasi agar pekerjaan dan aktivitas anda tidak terganggu dengan kantuk yang menyiksa anda. Nah, berikut ini bagi anda yang sering merasakan kantuk sewaktu bekerja.

Berikut tips yang bisa anda jalani untuk mengatasi kantuk sewaktu bekerja.

1. Bejalan-Jalan Keluar

Bekerja di dalam ruangan bercahaya lampu dengan monitor komputer serta ruangan yang ber-AC dapat membuat seseorang merasakan nyaman dan kantuk akan lebih mudah menyerang.Ketika rasa kantuk mulai menyerang anda dan sudah tidak dapat ditahan, maka alihkan kantuk tersebut dengan beranjak dari kursi duduk anda dan cobalah untuk berkeliling kantor dan jalan-jalan keluar sekedar untuk menyegarkan pikiran anda dan menghilangkan kantuk yang anda rasakan. Dengan melakukan hal ini maka dapat membuat anda merasa lebih segar serta anda kembali siap melakukan aktivtas.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

2. Hindari Tidur Hingga Larut Malam

Tubuh yang tidak cukup mendapatkan jam tidur dimalam hari akan membuat seseorang merasakan kantuk di pagi harinya. Untuk itu, jika anda ingin mengatasi kantuk sewaktu bekerja, maka hindari tidur hingga larut malam. Namun jika anda mengalami gangguan tidur yang memaksa anda tidur larut dimalam hari, maka sebaiknya coba dulu untuk mengatasinya dengan mandi air hangat dan mulai mengurangi tidur hingga larut malam dan lain sebagainya.

3. Sempatkan Tidur Siang

Sebuah penelitian mengungkapkan bahea tidur siang yang berkualtas selama kurang lebih 15 menit akan dapat mengembalikan semangat bekerja seseorang. Nah, anda mungkin dapat melakukan hal ketika waktu istirahat tiba, dengan makan lebih cepat dan menyempatkan waktu untuk tidur siang 10 hingga 15 menit saja.

4. Makan Siang dengan Porsi Secukupnya

Makan siang biasanya menjadi jadwal makan yang benar-benar ditunggu, dan karena itulah orang-orang biasanya akan cenderung menyantap makan siangnya dalam jumlah yang banyak. Namun jika anda sedang dalam misi mengatasi kantuk saat bekerja, sebaiknya hal initidak dilakukan sebab makan siang yang berlebihan akan memicu rasa kantuk lebih mudah datang. Untuk itu sebaiknya makanlah secukupnya dengan posri yang cukup membuat anda kenyang.

Nah, demikian beberapa tips mengatasi kantuk sewaktu bekerja. Rasa kantuk yang menyerang sewaktu bekerja tentu akan menjadi masalah untuk anda sebab pekerjaan yang begitu menumpuk menuntut anda untuk selalu bugar agar semua pekerjaan dapat diselesaikan. Dengan mengikuti cara diatas, diharapkan dapat membantu anda dalam mengatasi kantuk.