Tips Atasi Ibu Baru yang Bingung Seputar Perawatan Bayi

Membicarakan perawatan bayi dari dulu hingga sekarang memang tidak akan pernah habis. Setiap kali berbicara mengenai perawatan bayi seringkali ibu baru mendengar pengalaman dan masukan baik secara medis maupun mitos yang akhirnya membuat ibu baru kebingungan. Beberapa mitos yang seringkali diterima oleh ibu baru seputar merawat bayi yang didapat dari orang tua, kerabat, teman ataupun tetangga. Beberapa diantara ibu bayi mengalami kebingungan mengenai perawatan bayi yang baik dan benar untuk tetap menjaga keselamatan dan kesehatan bayi.

Perawatan Bayi

Merawat bayi memang memerlukan banyak pengetahuan, terlebih apabila anda kini sedang bingung dengan mitos yang sudah lama berkembang di masyarakat. Bayi di bulan pertama kelahiran seringkali menjadi pertanyaan bagaimana dengan kondisi bayi? Apakah perawatan yang dilakukan sudah sesuai? Inilah yang dapat anda ketahui mengenai kondisi dan perawatan pada bayi yang baru lahir:

1. Kenali Bayi saat Lapar

Bulan pertama kelahiran bayi anda seringkali bayi mengalami lapar yang membuatnya sering menangi. Inilah yang harus anda kenali yaitu menangis yang menandakan bajwa bayi anda membutuhkan ASI. Pada saat bulan pertama kelahirannya rasa lapar merupakan sensasi terbarunya sehingga wajar saja apabila bayi merasakan lapar yang sering karena pada saat di dalam rahim ibu bayi seringkali mendapatkan asupan makanan yang terus menerus di plasenta sehingga tidak akan pernah merasakan lapar.

2. Ketika Buang Air tidak kenal jadwal

Waktu buang air besar atau buang air kecil bayi tidak kenal jadwal. Anda juga dapat mendeteksi kesehatan bayi dari air seni dan fesesnya. Air seni yang terlalu kuning dapat menandakan kurang cairan sedangkan untuk bayi yang mendapatkan ASI eskslusif ditandai dengan feses yang lunan dan tidak terlalu memiliki bau yang menyengat.

3. Peralatan bayi

Peralatan bayi yang terdiri dari peralatan makan, peralatan mandi, dan peralatan bayi apabila akan bepergian. Beberapa pilihan kosmetika bayi yang baru lahir memang tidak perlu bermacam-macam, hanya terdiri dari baby shampoo, baby bath, baby oil dan bedak khusus bayi. Adapun beberapa tambahan kosmetika dapat disesuaikan dengan kebutuhan bayi anda. Sebaiknya anda memilih kosmetika bayi yang telah teruji klinis sehingga aman untuk bayi. Apabila kosmetika akan berdampak pada gangguan kulit dengan menimbulkan bercak merah sebaiknya anda menghindarinya.

4. Pakaian Bayi

Patikan pakaian yang digunakan bayi sehari hari berbahan katun 100% yang dapat menyerap keringat apalagi Indonesia yang terdiri dari iklim tropis sehingga menggunakan pakaian yang terlalu tebal pada bayi akan menimbulkan masalah kesehatan seperti timbulnya bercak bercak di kulit. Sedangkan untuk bayi yang baru lahir kaos kaki dan sarung tangan merupakan kelengkapan yang harus dipertimbangkan mengingat kuku bayi yang seringkali melukai wajah atau bagian badan lainnya.

5. Mainan Bayi

Bayi yang baru lahir memang tidak begitu mengenal mainan bayi akan tetapi untuk dapat melatih dan bentuk otot bayi sudah harus diperkenalkan dengan permainan yang mendukung perkembangannya. Beberapa permainan suara dari ibu dapat menjadi salah satu hal yang menyenangkan untuk bayi, ajak pula bayi anda untuk berkomunikasi dengan anda sehingga dapat lebih mengenal lingkungannya. Sebenarnya cukup sederhana bukan cara untuk merawat bayi akan tetapi mengapa ibu baru seringkali merasakan kebingungan dengan cara-cara yang harus dilakukan untuk merawat bayinya? Baiklah, di artikel ini kami akan membantu anda untuk mengatasi kebingungan mengenai cara merawat bayi bagi ibu baru.

Atasi Rasa Bingung Ketika Merawat Bayi

"Cepat menggangkat pakaian ketika waktu magrib, pamali" Kalimat ini yang seringkali terlontar dari orang tua, kakek, nenek ataupun tetangga. Memang banyak sekali mitos mengenai perawatan bayi sehingga membuat ibu baru bingung.

Untuk mengatasi kebingungan ibu baru mengenai perawatan bayi, berikut adalah beberapa tips untuk mengatasinya :

1. Perbanyak Wawasan dengan Membaca

Menjadi ibu baru akan dialami oleh siapa saja, sehingga kebingungan memang dirasa sangat wajar. Hanya saja kebingungan anda jangan berlebihan, anda dapat dengan mudah mengakses beberapa informasi mengenai perawatan bayi di dunia maya. Bahkan kini anda dapat mencari tau kebenaran mitos yang sering beredar di masyarakat melalui kajian ilmiah di berbagai sumber di internet. Bertukar informasi melalui forum diskusi dapat menjadi alternatif untuk ibu baru yang kebingungan seputar perawatan bayi.

2. Menjemur Pakaian Terlalu Sore akan mengundang Penyakit

Bagi anda yang seringkali mendapatkan peringatan dari orang tua untuk mengangkat jemuran sore hari itu benar adanya. Menjemur pakaian yang terlalu sore di halaman rumah akan membuat binatang kecil ataupun serangga menempel, bahkan bagi bayi anda yang memiliki alergi serbuk sari akan lebih mudah menempel yang dibawa oleh serangga. Inilah mengapa baju bayi tidak boleh dijemur pada sore menjelang malam karena akan membuat kulit bayi gatal-gatal dan menimbulkan bersin bersin sampai menyebabkan alergi.

3. Bayi jangan diajak keluar rumah sebelum 40 hari

Nasihat orang tua dulu mengenai bayi yang dilarang keluar rumah sebelum 40 hari memang benar. Nayi yag usianya terhitung masih dini memiliki daya tahan tubuh yang rendah sehingga apabila di bawa keluar rumah dikhawatirkan kuman atau virus dapat membuat bayi sakit. Sehingga apabila ingin mengajak bayi anda untuk berjalan-jalan sebaiknya ketika daya tahan tubuh bayi anda sudah kuat setidaknya setelah menjalani imunisasi awal seperti polio dan hepatitis B.

4. Memandikan Bayi dengan Air suam kuku

Meskipun udara panas akan tetapi bayi tidak memiliki daya tahan yang sama degan orang dewasa. Bayi masih rentan terhadap suhu yang dingin, air dingin akan membuat metabolisme tubuh bayi meningkat dan menyebabkan bayi terkuras untuk mengatur suhu tubuh yang menyebabkan bayi akan kehabisan tenaga dan juga mudah sakit. Sebaiknya memang memandikan bayi dengan air hangat (suam kuku) sehingga dapat membuatnya lebih aman.

5. Kopi Tidak dapat Mengatasi Kejang,Cabe Rawit bukan untuk lesung pipi

Orang tua dulu percaya bahwa kopi dapat mengatasi kejang. Padahal kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi akan memicu denyut jantung bayi menjadi lebih cepat sehingga membuat bayi lebih deg-deg an. Sedangkan untuk penggunaan cabe rawit untuk lesung pipit kurang tepat. Lesung pipit terjadi pada bayi kareana adanya gerakan susunan otot yang terjadi pada bagian wajah yaitu pipi bukan karena menggunakan cabe rawit yang akan memicu panas dan membuat bayi anda tidak nyaman.

6. Jangan Membuang ASI pertama

Ketika anda memeras ASI seringkali anda membuang ASI karena banyak yang bilang merupakan ASI basi. Padahal tidak ada produksi ASI yang basi di dalam tubuh ibu menyusui. Justru ini merupakan ASI yang berkualitas untuk kesehatan bayi anda yang seringkali disalah artikan oleh orang tua dulu.