data-ad-format="auto"

Tips Ampuh Mengatasi Ambeien Saat Hamil

Ambeien atau wasir merupakan kondisi vena di pleksus hemorroidalis mengalami pelebaran, juga adanya pembengkakan pada bagian lubang anus.

Penyakit ini bisa dialami oleh siapa saja, termasuk dialami oleh ibu yang tengah mengandung, terlebih lagi ketika menjelang persalinan.Perlu anda ketahui, kondisi kehamilan yang sehat akan menyebabkan adanya perubahan fisik bagi calon ibu, kondisi ini disesuaikan dengan tahap perkembangan janin yang dikandung.

Semakin usia janin dan ukuran janin bertambah, maka semakin jelas juga perubahan fisik yang dialami oleh calon ibu. Perubahan fisik ibu akan diikuti juga oleh perubahan pembuluh darah, terutama pembuluh darah yang ada dibagian rektum atau anus. Hal seperti ini akan menyebabkan darah beredar di sekitar wilayah tersebut menjadi semakin banyak.

Selain itu  perubahan kondisi rahim yang semakin membesar akan memberikan tekanan yang cukup kuat pada daerah tersebut, sehingga dengan begitu pembengkakan akan timbul.Biasanya, ambeien yang menyerang ibu hamil tidak akan menimbulkan rasa nyeri. Hanya saja akan terasa sepeti benjolan kecil menutupi lubang rektum, serta akan terasa mengganjal.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Jika didiamkan dan tidak ditangani dengan baik dan benar, maka ambeien akan menyebabkan luka serta menimbulkan rasa nyeri yang disebabkan karena terjadinya peradangan, terlebih lagi terjadi sesudah proses persalinan.

Ambeien yang meradang memang akan terasa begitu sakit. Namun, meskipun begitu jangan merasa khawatir, karena munculnya ambeien saat hamil bisa dicegah.

Cara Mencegah Ambeien atau Wasir Saat Hamil

1. Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam mencegah ambeien saat hamil yaitu, menghindari sembelit dan mengejan pada saat buang air besar.

2. Tidak hanya itu, anda juga harus menjaga otot di sekitar rektum atau anus agar tetap dalam keadaan kuat. Dimana untuk mewujudkan itu semua yaitu dengan melakukan latihan Kegel.

Tips Mengatasi Ambeien Saat Hamil

Jika ambeien sudah meradang, maka tips yang kami sajikan di bawah ini akan membantu anda untuk mengatasi rasa nyeri yang timbul.

1. Berendam dalam air hangat

Berendam air hangat bisa membantu anda mengatasi rasa nyeri yang disebabkan oleh ambeien. Anda hanya tinggal berendam dengan menggunakan air hangat selama kurang lebih 20 menit. Selain mengurangi rasa nyeri, berendam dalam air hangat juga dapat membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi.

2. Gunakan lap basah lembut

Saat membersihkan tubuh, terutama pada bagian rektum anda harus hati-hati.Lebih baiknya jika anda membersihkan bagian rektum dengan menggunakan lap bayi lembut yang basah. Janganlah sekali-kali membersihkan bagian tersebut dengan menggunakan tisu toilet atau kain kasar.

3. Oleskan minyak

Ambeien biasanya akan menimbulkan luka lecet. Dimana luka lecet tersebut akan menumbalkan nyeri. Nah, untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, anda bisa mengatasinya dengan mengoleskan minyak zaitun atau minyak klentik.

4. Segera pergi ke dokter

Jika ambeien yang menyerang sudah mengeras dan sangat peka terhadap sentuhan atau rangsangan lainnya, maka keadaan seperti ini akan menimbulkan rasa nyeri yang idak tertahankan terlebih lagi jika disertai dengan keluarnya darah. Jika ambeien sudah seperti ini, maka disarankan jika anda segera pergi berobat ke dokter, karena jika didiamkan ambeien akan semakin parah.

Demikian tips mengatasi ambeien saat hamil. Dengan menggunakan penanganan yang tepat dan cepat maka ambeien atau wasir pun dapat dicegah dan ditangani. Semoga bermanfaat.