Tips Aman Mengatasi Melasma “Topeng Kehamilan”

Ibu hamil seringkali mengalami keluhan-keluhan selama kehamilan diantaranya adalah keluhan yang berhubungan dengan kulit di bagian area tertentu di tubuh. Paling tampak sekali pada ibu hamil adalah keluhan pada area wajah ibu hamil yang terkadang memiliki keluhan kulit pada wajah, misalnya kulit berminyak, berjerawat hingga mengalami melasma atau dikenal dengan topeng kehamilan. Bagaimanakah kondisi yang aman untuk mengatasi melasma pada ibu hamil? Artikel kali ini akan membantu ibu hamil dalam mengatasi melasma “topeng kehamilan”. (Baca : Perubahan Kulit Selama Kehamilan)

Kondisi dimana ibu hamil memiliki warna gelap seperti pada bagian kulit di dahi, bibir atas, dan pipi,Ini merupakan tanda bahwa anda memiliki chloasma atau yang sering disebut " Topeng kehamilan". Anda tidak perlu khawatir kondisi ini seringkali mempengaruhi 50 sampai 75 persen ibu hamil. Untuk lebih mengetahui melasma “topeng kehamilan” yang seringkali dikeluhkan oleh ibu hamil, berikut ini adalah penjelasan dan solusi mengatasi melasma “topeng kehamilan”.

Topeng kehamilan atau disebut melasma atau chloasma muncul ketika peningkatan tajam dalam tingkat estrogen merangsang produksi melanin berlebih atau dikenal sebagai hiperpigmentasi. Kondisi ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik yang terlihat lebih gelap. Terutama sering terjadi pada wanita yang  berkulit gelap yang telah memiliki lebih banyak pigmen di kulit mereka. Paparan sinar matahari bisa membuat kondisi semakin buruk. Meskipun demikian kabar baiknya warna ini bersifat sementara dan biasanya menghilang setelah melahirkan atau dalam beberapa kasus setelah Anda selesai menyusui.

Faktor Resiko terjadinya Topeng Kehamilan

Chloasma terjadi umumnya pada kehamilan yang disebabkan oleh hormonal. Satu studi di Iran menemukan prevalensi diantara 400 pasien hamil, dari 15,8%.Hal ini jarang terjadi sebelum pubertas dan paling sering terjadi pada wanita selama masa reproduksi mereka. Hal ini terkait dengan penggunaan kontrasepsi oral. Bahkan salah satu studi pasien dengan chloasma menemukan bahwa frekuensi gangguan tiroid adalah empat kali lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Faktor risiko selanjutnya dapat pula karena paparan sinar matahari. Ini merupakan faktor risiko yang sering terjadi Chloasma terjadi di “bagian T wajah” yang terpapar sinar matahari kulit. Hal lainnya dapat juga dipengaruhi oleh genetika, 30% pasien melaporkan riwayat keluarga positif dan kembar identik dengan chloasma sehingga ibu hamil mengalami hal yang sama diturunkan oleh anggota keluarganya.

Ibu hamil yang mengalami topeng kehamilan seringkali mengeluh daerah wajah mengalami perubahan warna menjadi gelap. Warna dapat bervariasi dari kusam menjadi cokelat, tetapi mungkin hitam atau memiliki semburat kebiruan. Distribusi ini biasanya simetris dan tiga pola yang biasa terlihat - centrofacial, malar atau mandibula.

Mencegah dan Mengatasi Melasma “Topeng Kehamilan”

Dikutip dari Livestrong, Melasma juga dikenal sebagai chloasma atau "topeng kehamilan," yang dapat  menggelapkan kulit dan menimbulkan  bintik-bintik cokelat. Melasma paling sering terjadi selama atau setelah melahirkan. Dr Elizabeth L. Tanzi dari Johns Hopkins Hospital Center di Baltimore, dalam menyikapi American Academy of Dermatology pada tahun 2010, mencatat bahwa paparan sinar matahari adalah penyebab paling umum dari noda gelap, termasuk melasma dan binti bintik pada wajah.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah melasma “topeng kehamilan” yang seringkali dikeluhkan oleh ibu hamil :

1.    Lengkapi Kebutuhan  Asam Folat

Makanan yang mengandung asam folat sangat baik untuk ibu hamil, selain dapat mendukung pekembangan janin. Menurut penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan folat dapat dikaitkan dengan hiperpigmentasi. Pilihan yang baik mengandung asam folat termasuk sayuran berdaun hijau, jeruk, roti gandum, dan sereal gandum.

2.    Lindungi diri Anda dengan menggunakan tabir surya

Anda dapat menggunakan SPF tinggi - setidaknya SPF 15 atau idealnya SPF 30 atau lebih. Tabir surya akan melindungi wajah anda dari paparan sinar matahari yang akan membuat topeng kehamilan lebih terlihat.

3.    Menyamarkan Topeng kehamilan dengan menggunakan concealer

Pilih foundation dan concealer korektif yang non-comedogenic, hypoallergenic dan dirancang untuk menutupi hiperpigmentasi. Anda dapat memilih sesuai warna kulit Anda, tapi pastikan concealer adalah produk yang biasa Anda gunakan dan tidak menimbulkan efek samping jika Anda tidak biasa menggunakan concealer anda daoat mengoleskan foundation ke seluruh wajah Anda, untuk menghindari patch.

4.     Ekstrak kulit pinus

Seperti yang dikutip dari Livestrong Pinus pinaster, memberikan pengobatan melasma nabati yang dipelajari pada tahun 2002 oleh para peneliti di China Academy of Pengobatan Tradisional Cina. Penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Phytotherapy Research, melaporkan ekstrak  kulit pinus yang mengandung pycnogenol standar, sebuah antioksidan kuat yang juga melindungi kulit terhadap sinar ultraviolet, atau UV, radiasi.

5.    Ginseng

Temuan selanjutnya mendukung penggunaan obat tradisional untuk mengobati kondisi kulit, termasuk melasma. Campurkan sedikit teh ginseng dengan jumlah yang sama bubuk pegagan dan bubuk akar ginseng untuk membuat salep. Terapkan langsung ke tempat melasma dua kali sehari selama 10 sampai 15 menit, lalu bilas. Hanya 1/8 sendok teh setiap bubuk membuat cukup untuk satu aplikasi.

6.    Anggur dan Raspberry

Jika Anda ingin menghindari kemungkinan risiko dari campuran beberapa bahab maka anda dapat menggunakan ekstrak biji anggur. Seperti yang dikutip  dari Livestrong Dr Ray Sahel, penulis kesehatan dan penulis "The Stevia Cookbook" dan "Boosters Pikiran," mengutip penelitian yang menunjukkan dokter yang diberikan ekstrak standar dari biji anggur yang mengandung bahan kimia, proantosianidin, mencatat perbaikan yang signifikan melasma-gelap bintik-bintik.Raspberry, kaya senyawa yang disebut asam ellagic, juga direkomendasikan oleh Dr Sahel. Sumber lain, juga kaya melasma Lightener ini, termasuk blackberry, stroberi, cranberry dan delima.

Dengan demikian ibu hamil tidak perlu cemas, bahwa kehamilan akan menimbulkan perubahan hormon yang menyebabkan tubuh mengalami perubahan sama halnya dengan kulit pada area wajah ibu hamil yang akan mengakibatkan kulit berminyak, timbul jerawat, timbul bintik-bintik dan juga terjadinya melasma yang dikenal dengan topeng kehamilan. Ibu hamil dilarang menggunakan bahan kimia yang biasanya digunakan untuk perawatan kecantikan karena akan mempengaruhi perkembangan janin.

Kondisi seperti ini membuat ibu hamil mengalami kurang percaya diri apalagi bila ibu hamil harus tetap beraktivitas di luar rumah. Untuk mengantisipasi keluhan pada area kulit wajah ibu hamil, salah satunya topeng kehamilan sebaiknya ibu hamil menggunakan cara yang aman sehingga tidak mempengaruhi tumbuh kembang janin.

Beberapa masker alami dapat mencegah penyebaran topeng wajah, selain itu anda dapat menyamarkan dengan menggunakan concealer dan foundation yang memiliki bahan aman untuk ibu hamil. Apabila anda mengalami masalah yang semakin berat dengan kulit wajah anda sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk dapat menemukan solusi yang aman untuk janin, meskipun beberapa ibu hamil merasa tetap nyaman dengan perubahan hormon karena akan kembali pada kondisi normal setelah ibu hamil melahirkan.