Timbul Bercak Merah Pada Kulit? Waspadai Beberapa Penyakit Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Kondisi kesehatan yang terjaga dengan baik akan tentu saja membuat penyakit enggan singgah atau mampir pada tubuh.

Apalagi tubuh yang sehat seringkali dicerminkan sebagai jiwa yang kuat yang mana terhindar dari ancaman segala penyakit. Tidak mudah menjaga kesehatan tubuh untuk selalu prima dan tampil selalu segar. Seringkali beberapa faktor membuat tubuh kita merasa lemas dan tak sanggup melakukan banyak kegiatan seperti biasanya.

Berbeda halnya dengan pada saat kondisi kesehatan anda berada dalam kondisi yang baik, segala hal bisa anda lakukan dan anda pun akan cenderung lebih aktif secara fisik. Untuk itulah, penting sekali menjaga kesehatan agar senantiasa terjaga dengan baik. Karena demi mendapatkan kesehatan yang prima itu sebenarnya mahal. Dengan demikianlah, jangan sia-siakan waktu dan tenaga anda untuk menyakiti diri anda atau menempatkan diri anda pada bahaya dimana penyakit akan menjadi ancaman terbesar yang harus anda hadapi.

Nah, dari sekian banyak ancaman penyakit yang paling banyak menyerang, penyakit yang terjadi pada bagian kulit seringkali menjadi ancaman yang cukup menakutkan. Selain resikonya yang besar, gangguan kesehatan yang menyerang bagian kulit seringkali menjadi ancaman yang menakutkan tak terkecuali untuk semua orang.

Bukan seberapa besar dan seberapa parah sakit yang dialami dari penyakit kulit, akan tetapi dampak lain yang juga ditakuti adalah bekas luka yang dapat ditimbulkan dari kondisi ini. Ya, bekas luka pada bagian terbuka dikulit seringkali membuat penderita, terutama wanita merasa takut dan khawatir ketika kondisi gangguan kulit menyerangnya.

Kondisi bekas luka yang ditinggalkan dari gangguan kulit umumnya tidak mudah menghilang atau sembuh dalam waktu yang singkat. Melainkan dibutuhkan waktu untuk kulit bisa kembali memulihkan keadaannya. Itupun tidak sepenuhnya mengembalikan kondisi kulit semulus dahulu.

Nah, inilah yang menjadi ketakutan terbesar pada para perempuan, termasuk kaum laki-laki. Pasalnya, bekas luka yang ditinggalkan dari kondisi gangguan kulit akan tentu saja membuat estetika kecantikan kulit akan berkurang. Pada akhirnya, si penderita yang mengalami kondisi ini akan mengalami krisis percaya diri dan memilih menutup bagian yang dihinggapi bekas luka sampai batas waktu yang tidak ditentukan.


Anda tentu tidak ingin bila hal ini terjadi bukan? Untuk itulah menjaga kebersihan dan kesehatan kulit akan menjadi kunci utama dalam menghindarkan tubuh anda dari ancaman segala penyakit termasuk penyakit kulit.

Ada cukup banyak jenis penyakit kulit yang bisa menyerang. Selain itu, dari sekian banyak jenis penyakit, bagian kulit termasuk kedalam bagian yang rentan terhadap banyak ancaman. Hal ini dikarenakan fungsi kulit yang melapisi seluruh organ dalam tubuh dan menjadi bagian paling luar dari tubuh membuat bagian ini rentan terkena dengan masalah. Untuk itulah, penting sekali melakukan upaya perawatan dan pencegahan agar masalah kulit tidak menyerang dan merusak keindahan kulit anda.

Salah satu masalah kulit yang mungkin menyerang secara tiba-tiba pada saat anda tak menyadarinya adalah timbulnya bercak-bercak merah dibagian kulit. Ketika kondisi gangguan kulit ini menyerang anda mungkin dibuat bingung dan tidak tahu apa yang terjadi dengan tubuh anda. Apalagi pada saat kondisi ini terjadi tidak ada tanda atau gejala mencolok yang anda alami sebelum atau saat kondisi ini menyerang.

Atau mungkin sebaliknya, sebelum atau sesudah bercak ini muncul, anda mungkin akan merasakan gejala lain seperti perasaan gatal, rasa panas seperti terbakar atau mungkin terasa pedih. Nah, saat seseorang mengalami kondisi ini, maka mereka umumnya akan lebih cenderung mengatasi kondisi ini seorang diri dengan langsung memberikan salep atau obat krim pada bagian yang terasa gatal atau bercak merah dibagian kulit mereka tanpa mereka ketahui dengan pasti apa hal yang memicu kondisi ini terjadi.

Perlu diketahui, pada beberapa kasus bercak merah pada kulit hanya mengenai bagian tertentu saja pada bagian tubuh, seperti halnya tangan, kaki atau wajah. Meskipun demikian ada pula bercak yang timbul dan menyerang bagian mana saja pada kulit. Selain itu sifat dari bercak merah yang timbul pada kulit umumnya dapat bervariasi tergantung pada apa yang memicunya.

Sehingga demikian, pada saat anda atau orang terdekat anda mengalami kondisi timbulnya bercak merah pada kulit tubuhnya, maka sebaiknya tidak segera memberikan obat atau krim untuk mengatasi hal ini secara terburu.

Kenali terlebih dahulu apa penyebabnya atau bila perlu sebaiknya kunjungi dokter dan jelaskan apa yang anda rasakan. Dengan begini dokter akan menarik diagnosis dari gejala yang anda alami. Sehingga demikian penanganan yang tepat untuk penyakit yang anda alami bisa segera dilakukan dengan baik dan lebih tepat.

Nah, dibawah ini ada beberapa hal yang dapat memicu atau menjadi penyebab timbulnya bercak merah pada kulit. Seperti apa? Kita simak sama-sama.


Penyebab Timbulnya Bercak Merah Pada Kulit

1. Iritasi

Gejala kemerahan atau timbulnya bercak dibagain kulit pada area tertentu merupakan gejala normal dan dapat juga merupakan tanda dari adanya gangguan penyakit dalam tubuh. Iritasi kulit merupakan sebuah kondisi dimana kulit tubuh mengalami permasalahan seperti gatal, meradang, kemerahan, pecah-pecah, bersisik atau timbulnya bercak dibagian tersebut.

Seseorang yang mengalami iritasi kulit pada umumnya akan menimbulkan beberapa gejala seperti perasaan gatal, perasaan terbakar, panas, pedih, kemerahan, nyeri dibagian kulit, pecah-pecah dan trmsuk timbulnya ruam.

Adapun hal yang dapat memicu kondisi iritasi kulit bisa terjadi diantaranya adalah adanya kontak kulit terhadap konsentrasi zat pada taraf tertentu dimana kulit tidak tahan terhadapnya sehinggga kondisi ini dapat memicu timbulnya iritasi yang ditandai dengan kemerahan dan terasa pedih yang juga disebut dengan dermatitis kontak iritan.

Akan tetapi selain beberapa hal diatas, penyebab lain yang juga bisa memicu kondisi iritasi kulit diantaranya adalah:

  • Produk kecantikan atau kosmetik.
  • Sabun yang tidak cocok dengan jenis kulit.
  • Paparan sinar matahari.
  • Bahan kimia seperti semen dll.
  • Kotoran dan debu.

Cara Mengatasi Iritasi Kulit

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meredakan gejala yang ditimbulkan dari iritasi kulit, termasuk dengan pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi ini dan mendapatkan obat yang tepat sehingga iritasi bisa segera dihilangkan. Akan tetapi, sebenarnya pengobatan dirumah pun bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati iritasi kulit dengan cara yang alami.

  • Kompres dengan Air Dingin

Sensasi dingin yang dihasilkan dari kompres yang anda berikan pada bagian yang teriritasi akan membuat bagian tersebut merasa lebih tenang dan dapat secara alami meringankan kulit yang bengkak akibat iritasi. Caranya mudah, bisa dilakukan dengan membungkus beberapa es batu dan menggunakan kain bersih dan letakkan pada bagian kulit yang mengelami iritasi.

  • Berikan Cairan Cuka Apel

Kandungan zat yang terdapat pada cuka apel dapat digunakan dan bermanfaat untuk meredakan bagian kulit yang teriritasi. Untuk menggunakannya anda bisa membeli sendiri sari cuka sari apel. Untuk mengaplikasikannya, sediakan kapas dan celupkan kapas tersebut pada cuka apel dan aplikasikan pada bagian yang teriritasi.

  • Gunakan Madu dan Putih Telur

Selain beberapa cara diatas, anda juga menggunakan campuran antara madu dan juga telur. Kandungan antioksidan pada madu dapat berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab iritasi kulit. Untuk menggunakan bahan ini dapat dilakukan dengan mencampurkan madu bersama dengan putih telur dan aduk dengan menggunakan sendok. Lalu, oleskan pada bagian kulit yang terkena dengan iritasi. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 15-20 menit hingga mengering. Baru bilas dengan air bersih.


2. Alergi

Bercak merah yang dapat muncul pada bagian kulit bisa jadi timbul setelah memakai bahan tertentu yang merupakan alergen untuk kulit anda.

Alergi merupakan salah satu benatuk reaksi tubuh terhadap zat yang menurutnya tidak cocok dan mengganggu kondisi serta keadaan tubuh. Alergi kulit merupakan sebuah indikasi bahwa kulit anda mengalami iritasi. Biasanya kondisi ini ditandai dengan beberapa gejala seperti gatal-gatal, timbul bercak kemerahan dan timbul bintik-bintik pada kulit.

Adapun beberapa hal yang dapat memicu alergi diantaranya adalah pakaian, penggunaan alat kecantikan atau setelah mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Jika pemakaian bahan langsung pada kulit maka area bagian kulit itu saja yang umumnya akan terserang dengan reaksi alergi. Akan tetapi bila penyebab alergi dimakan maka bisa muncul bercak merah pada bagian seluruh tubuh. Selain itu, dingin juga bisa menjadi penyebab dari timbulnya alergi.

Cara Mengatasi Alergi

Sebenarnya cara paling ampuh untuk meredakan reaksi tubuh terhadap alergi adalah dengan menghindari sumbernya itu sendiri. Nah, dibawah ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi alergi yang dialami:

  • Temukan Penyebabnya

Untuk mengatasi alergi, hal yang paling utama dan penting dilakukan adalah dengan mencari tahu apa penyebab alergi tersebut. Apabila anda mengalami alergi sebab dari zat tertentu pada obat, maka lain kali jangan pernah membeli obat dengan kandungan zat tersebut. Begitu berlaku pada semua jenis alergen yang terkandung dalam makanan atau kosmetik yang anda gunakan.

  • Konsumsi Makanan dengan Kandungan Magnesium

Konsumsi makanan dengan kandungan magnesium akan berfungsi sebagai manipulasi substansi polyphosphate ATP. Hal ini akan sangat baik untuk memanipulasi hal yang dapat menjadi sumber alergi menjadi kurang efek alerginya. Adapun beberapa jenis makanan yang mengandung magnesium diantaranya adalah bayam, rempah-rempah, kacang tahan, kopi dan juga soba.

  • Konsumsi Makanan dengan Kandungan Beta Karoten

Makanan dengan kandungan beta karoten yang tinggi terdapat pada wortel. Jenis makanan yang satu ini akan dapat mengatasi alergi dengan baik. Kandungannya dapat meningkatkan sistem imunitas pada tubuh dengan lebih baik. Selain itu juga beta karoten akan mampu memperbaiki sistem pernapasan dan kandungan antioksidan yang ada pada wortel akan dapat menangkal radikal bebas. Selain wortel, makanan dengan kandungan beta karoten yang tinggi diantaranya adalah mangga, pepaya dan juga bayam.


3. Biang Keringat

Kondisi lain yang mungkin menyebabkan timbulnya bercak merah pada bagian kulit tubuh adalah adanya biang keringat. Biang keringat merupakan sebuah kondisi gangguan kulit dimana muncul ruam berwarna merah kecil dan menonjol yang menimbulkan rasa gatal dan dapat menyebabkan sensasi panas seperti menyengat atau pedih yang terjadi di bagian kulit. Kondisi biang keringat juga dikenal dengan sebutan ruam panas atau miliaria dalam bahasa kedokteran.

Kondisi ini umumnya muncul setelah si penderita terkena dengan pajanan suhu panas. Biang keringat akan dapat muncul diseluruh bagian tubuh, akan tetapi lebih sering menyerang bagain wajah, leher, dada dan bagian paha.

Kondidi gangguan kulit yang satu ini umumnya bukanlah sebuah kondisi gawat darurat yang membuat pasiennya memerlukan penanganan medis tertentu dengan segera. Kondisi ini dapat pulih kembali dengan sendirinya dengan mendinginkan kulit dan menghindari pajanan suhu panas. Akan tetapi sebaiknya temui dokter apabila kemunculan biang keringat pada tubuh anda sudah disertai dengan beberapa kondisi berikut:

  • Rasa sakit bertambah
  • Timbulnya demam dan menggigil
  • Keluarnya nanah dari bintil atau benjolan ruam

Cara Mengatasi Biang Keringat

Meski kondisi ini bukanlah kondisi yang serius, akan tetapi tidak ada salahnya mengatasi biang keringat sesegera mungkin dengan melakukan beberapa hal dibawah ini:

  • Menghindari Tempat yang Lembap dan Panas Berlebihan

Pajanan terlau panas akan membuat anda berkeringat dimana kondisi ini akan semakin memperburuk kemungkinan biang keringat yang dialami. Pastikan anda sering berteduh atau kenakan payung pada saat anda berada dalam cuaca yang panas. Yang terpenting adalah pastikan bila anda menjaga tubuh anda tetap stabil.

  • Gunakan Pakaian yang Longgar

Kondisi munculnya biang keringat bisa juga dipengaruhi sebab pemakaian pakaian yang terlalu ketat dan bergesekan dengan kulit. Untuk itu, kenakan baju yang longgar dan dibuat dari bahan yang menyerap keringat agar anda merasa lebih nyaman.

  • Menjaga Kulit Tetap Dingin

Untuk menurunkan keringat dan menjaga kulit tetap dingin, maka anda bisa berendam atau mandi agar menjaga tubuh anda tetap sejuk dan menghindari keluarnya keringat secara berlebihan.


4. Petechiae/Purpura

Timbunya bercak ungu kemerahan pada kulit yang terjadi ketika pembuluh darah kecil rapuh dan bocor dimana darah merembes ke kulit. Kondisi ini merupakan gejala dari banyak kondisi seperti sindrom rubella kongenital, penyakit autoimun, vaskulitis, mengambil obat yang mempengaruhi trombosit dan lan sebagainya. Perlu diketahui, kondisi ini pun akan dapat menimbulkan bercak merah pada bagian kulit.

5. Rosacea

Kondisi bercak merah ini seringkali muncul pada bagian hidung, dahi atau pada bagian pipi. Kondisi ini lebih sering disebabkan oleh rosacea. Hal ini juga dapat menyebabkan benjolan berisi nanah muncul dibagian bawah kulit.

Meskipun higga sampai saat ini penyebab dari kondisi ini belum diketahui dengan pasti, akan tetapi diyakini bahwa kondisi ini dipicu oleh adanya stres, mengkonsumsi makanan pedas, konsumsi alkohol, menggunakan obat-obatan, terpapar sinar matahari sampai dengan mandi air panas.

6. Campak

Kondisi lain yang juga menyebabkan bercak timbul pada kulit diantaranya adalah timbulnya bercak merah yang aka muncul pada bagian kulit setelah beberapa hari mengalami badan demam. Kondisi ini akan dapat menyebabkan timbulnya gejala lain yang akan menyertai bercak merah yang timbul, seperti kelelahan, mata berair, sakit tenggorokan atau demam.

Demikianlah beberapa kemungkinan penyakit yang menimbulkan bercak merah pada bagian kulit. Hal terpenting yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan menjaga kebersihan tubuh dengan baik. Selain itu, cara mengatasi bercak yang timbul ada baiknya berkonsultasi ke dokter agar penanganannya lebih tepat dan bisa dengan segera anda dapatkan. Semoga tips diatas bermanfaat dan bisa memberikan pengetahuan.