Hi, Bu bidan salam kenal ya....saya mau tanya nih????
pertama saya sudah telat haid 2 minggu, waktu saya telat 1 minggu saya mencoba untuk tes kehamilan menggunakan test pack tapi hasilnya negatif, selanjutnya setelah 2 minggu telat saya mencoba lagi dengan merk test pack yg sama tapi hasilnya tetap negatif, saya melakukan tes sesuai caranya, yg ingin saya tanya:
1. berapa hari setelah telat haid sebaiknya melakukan tes dengan test pack?
2. apakah saya hamil meskipun hasil tesnya negatif, karena akhir2 ini saya merasakan gejala kehamilan?
3. apa keputihan yg saya alami normal Bu, saya mengalaminya kurang lebih 1 bulan terakhir?

terima kasih sebelumnya ya Bu Bidan...smile

(Ira Wulandari)


Tanggapan:


Dear Ira,

1. Inti test kehamilan adalah untuk mengetahui kadar HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yaitu suatu hormon yg dihasilkan plasenta saat kehamilan yg akan meningkat dalam urin dan darah seminggu setelah konsepsi. jadi sebetulnya seminggu sesudah terlambat haid, alat test kehamilan dapat mendeteksi tanda-tanda kehamilan. Tapi memang hal itu salah satunya tergantung dari sensitivitas alat test tersebut. saran kami coba ganti dgn merk lain yang memiliki tingkat sensitivitas yang lebih tinggi dan juga lakukan test kehamilan dua minggu kemudian.


2. Tidak mungkin terjadi kehamilan kalau hasil test negatif. Yang ada mungkin sudah hamil tapi belum terdeteksi. Jikalau selama 2-3 bulan tidak mengalami haid, tapi hasil test masih tetap negatif, lebih baik perikasakan segera ke dokter, takutnya ada penyakit lain seperti myoma uteri dll.


3. Selama keputihan  tsb tidak berbau, tidak berwarna dan jumlahnya tidak berlebihan serta tidak menyebabkan terjadi gatal2 yang menyebabkan iritasi maka keputihan tsb normal2 saja. Tapi lebih baik lakukan pengobatan, jangan dibiarkan berlarut-larut. Ada artikel yang dapat membantu anda mengenai keputihan ini:
http://bidanku.com/Awas-Keputihan-bisa-Mengakibatkan-Kematian-dan-Kemandulan

Demikian Ira semoga bisa membantu.


Terimak kasih


>> Diskusikan Topik ini di Forum

.