data-ad-format="auto"

Tanda-Tanda Kehamilan Dua Minggu

Seperti apakah tanda yang dialami oleh ibu hamil ketika memasuki usia kehamilan dua minggu?Inilah tanda-tanda yang dapat anda ketahui di kehamilan dua minggu.

 

Pada kehamilan dua minggu wanita mulai dapat dideteksi dengan gejala yang umum dialami oleh ibu hamil muda. Tanda-tanda kehamilan ini dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan.Meskipun tanda kehamilan yang dialami tidak selamanya akurat 100% tetap harus dilakukan test kehamilan.

Pada umumnya pada kehamilan satu minggu hingga dua minggu hanya berupa bakal janin dimana tubuh mempersiapkan dalam berovulasi yang berakhir pada masa konsepsi.Masa konsepsi akan berlangsung ketika usia kehamilan dua minggu. Bagi anda yang ingin lebih jelas dapat mengenai tanda kehamilan yang terjadi pada usia dua minggu.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

tanda kehamilan minggu kedua

Pada saat usia kehamilan dua minggu konsepsi belum terjadi di dalam tubuh hanya saja tubuh sudah mempersiapkan diri untuk janin. Proses yang terjadi dimulai pada minggu pertama kehamilan dimana perubahan hormon di dalam tubuh terjadi berlangsung pada minggu kedua kehamilan uterus akan semakin berkembang dan menebal untuk memberi makan janin.

Selanjutnya secara fisik di kehamilan usia dua minggu tubuh akan mengeluarkan telur hingga mamsuk ke tuba falopi. Berfungsinya hormon kehamilan akan menyebabkan suhu tubuh meningkat. Bahkan anda dapat mengukur suhu tubuh menggunakan termometer suhu badan basal untuk mengetahui kondisi suhu tubuh anda saat proses ini berlangsung.

Berikut ini adalah beberapa tanda yang akan membantu dalam mengetahui kehamilan di usia dua minggu :

1. Adanya Bercak Darah

Pada usia kehamilan dua minggu salah satu munculnya tanda kehamilan adalah dengan adanya bercak darah. Bercak flek darah diantara 8-10 setelah ovulasi.

Kondisinya bercak darah karena adanya implantasi janin yang menempel di embrio dan seringkali diartikan oleh wanita sebagai pertanda menstruasi.Ditambah dengan kondisi ibu mengalami kram perut seperti sedang mengalami PMS. Padahal kondisi ini adalah adaptasi tubuh terhadap perubahan hormon kehamilan.

2.Morning Sickness

Di usia kehamilan muda wanita seringkali mengalami morning sickness. Kondisi ini ditandai dengan adanya mual dan muntah pada 50 persen wanita. Morning sickness terjadi pada pagi atau malam hari.Peningkatan hormon secara tiba-tiba inilah yang memicu wanita hamil muda mengalami mual dan muntah. Hormon ini dinamakan (Human Chorionic Gonadotrophin) yang terdapat pada saluran kencing. Inilah yang menyebabkan test kehamilan menggunakan sampel air seni.

3.Frekuensi Buang Air Kecil yang Meningkat

Pada saat hamil, frekuensi buang air kecil akan meningkat karena adanya perubahan pada rahim wanita. Begitupula dengan tanda kehamilan di minggu ke dua tekanan kandung kemih yang menyebabkan sirkulasi darah meningkat akan mengakibatkan kandung kemih cepat-cepat terisi oleh urin. Mengatasi kondisi ini sebaiknya dibarengi dengan konsumsi minum air putih yang cukup sehingga tubuh masih tetap terhidarasi.

4.Terjadi Perubahan Ukuran Buah Dada

Perubahan yang dapat dirasakan oleh wanita adalah mengalami perubahan ukuran payudara yang disebabkan karena kehamilan di usia dua minggu. Perubahan pada ukuran buah dada ini karena tubuh mempersiapkan diri untuk proses menyusui. Perubahan bentuk yang lebih besar dari umumnya karena produksi air susu bahkan sebagian wanita mengira bahwa kondisi ini adalah kondisi PMS, yang umum terjadi menjelang menstruasi.

Itulah tanda-tanda kehamilan di minggu kedua kehamilan yang dapat anda cermati, bahkan bagi anda yang ingin memastikan usia kehamilan dapat dilakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui janin di usia kehamilan 2 minggu. 

Loading...

Follow us