Pertanyaan

dear bu bidan..
saya mau nanya nih, saya dtg haid selalu maju 2-3 hari, saya jelasin dr bulan agustus, sya dpt haid bln agustus 2008 tgl 20, september tgl 23, nah pas bln oktober jd mundur tgl 26, trs bulan november maju lg tgl 23, bulan desember tgl 21, bulan januari 2009 meleset maju jd tgl 15, bu bidan pada bulan feb 2009 saya blm dpt2 jg sampe tgl 18, perut saya jg nga enak, badan mudah lemas. kemudian saya tes pek tgl 19 lalu hasilnya positif kemudian hr sabtunya saya minum jamu kunyit kencur pas pagi2 (hr minggu) sya keluar darah, kemudian saya ke bidan terdekat dan dikatakan positif hamil lalu di kasih obat penguat, darahnya tidak keluar selama 2 hari (senin-selasa) lalu rabu saya keluar darah lagi dan di sertai sakit perut yg sangat hebat...lalu saya kekamar mandi lalu keluar darah gumpalan berwarna merah tp telah di selimuti/disarungi warna putih, jadi yg keluar gumpalan yg berwarna putih meskipun merahnya keliatan dikit, kemudian saya kedokter dan di nyatakan keguguran..

bidan ku, benarkah saya hamil dan keguguran, gimana caranya agar janin saya sehat, saya kuat, masalahnya saya berangkat kerja selalu boncengan motor dan tidur saya di lt 2, saya ingin sekali punya bayi, tlg saya bu bagaimana agar saya punya momongan kembali dan tops2 sehatnya utk ibu hamil..

terimakasih bu bidan..

(bungkusnasii)

Beberapa tanda-tanda keguguran antara lain:
1.Mengalami perdarahan dari jalan lahir disertai kejang atau nyeri pada bagian tengah perut bawah.
2.Nyeri bertambah hebat dan berlanjut selama beberapa hari
3.Perdarahan cukup banyak, seperti ketika Anda mengalami menstruasi. Bisa jadi juga hanya berupa bercak tapi berlanjut terus selama lebih dari tiga hari.

melihat tanda2 di atas dan dokter pun menyimpulkan keguguran, maka kami pun sependapat ibu memang mengalami keguguran.

Keguguran sebanyak 80% disebabkan oleh faktor genetik, yaitu akibat ketidaksesuaian jumlah kromosom antara suami dan isteri. Untuk hal ini kita tidak dapat menghindar, hal ini merupakan hukum alam dan faktor alami gugurnya kandungan, untuk hal ini perkuatlah do'a kita, semoga tidak mengalaminya.
Penyebab lain adalah faktor hormonal, bisa hormon prolaktin yang terlalu tinggi atau progesteron yang terlalu rendah. untuk hal ini mungkin bisa dilakukan terapi hormon.
penyebab lain adalah infeksi, seperti terkena virus TORCH, HIV, Hepatitis dll. untuk hal ini sebaiknya sebelum hamil dilakukan tes darah dulu sampai yakin benar-benar bebas dari virus tersebut.

Paling tambahan coba istirahat secukupnya, konsumsi makan yang bergizi, ibu jangan terlalu lelah, hindari stress, pola hidup sehat dan secepatnya hubungi dokter jika anda mengalami perdarahan atau nyeri pada perut bagian bawah

Semoga kehamilan berikutnya ibu diberikan keselamatan hingga bayi yang dikandung terlahir selamat..amin

Semoga membantu


.>> Diskusikan Topik ini di Forum