Tanda-tanda Akan Mendekati Menstruasi

Menstruasi cukup mengganggu dan bisa-bisa membuat anda tidak siap dengan kedatangan tamu bulanan ini. Meskipun tidak ada metode ilmiah untuk menentukan dengan tepat saat haid akan datang, metode di bawah ini akan membantu anda memperkirakan panjang siklus menstruasi anda dan membantu anda siap untuk yang berikutnya. Berikut adalah tanda-tanda kedatangan menstruasi :

1.  Masalah Perut

Anda akan mengalami beberapa masalah perut sebelum menstruasi. Biasanya anda akan bermasalah dengan diare atau sembelit, kram, dan juga mual. Biasanya ada keinginan untuk mengkonsumsi makanan-makanan tertentu (ngidam). Sebagian wanita mungkin saja mengalami perubahan nafsu makan ketika mendekati menstruasi.

2.  Perubahan Emosi yang Ekstrem

Diantaranya anda akan merasakan suasana hati yang kurang bersahabat dengan aktifitas, sensitif terhadap keadaan dan terkesan cengeng. Itu mungkin merupakan tanda bahwa haid akan segera datang. Anda juga bisa menjadi lebih jengkel dengan suasana hati anda dari biasanya atau memiliki masalah tidur. Dan dalam kasus yang parah, anda memiliki kesulitan mengingat hal-hal dan berkonsentrasi pada hari-hari menjelang menstruasi.

3.  Perubahan Pada Bagian Tubuh

Jerawat cenderung muncul di wajah Anda saat haid muncul karena perubahan hormon. Anda juga bisa saja mengalami pembengkakan pada tangan dan kaki. Diantaranya anda akan mengalami pembengkakan pada payudara dan ukuran puting akan lebih besar dari normalnya. Perubahan juga terjadi pada rambut di area kewanitaan anda yang menjadi kasar dan lebih tebal dari biasanya. Adakalanya diantara anda juga merasakan perubahan yang menggangu sepertitimbulnya pegal-pegal pada paha dan punggung. 

4.  Keputihan

Jika anda melihat beberapa cairan berlendir berwarna putih dan tidak menimbulkan bau yang muncul dari area kewanitaan anda, itu keputihan. Pada awalnya berwarna putih, tetapi dalam beberapa waktu kemudian akan menjadi kecoklatan, itu berarti bahwa keputihan telah dicampur dengan beberapa darah. Anda  disarankan untuk memakai pantyliners.

Anda juga dapat menentukan siklus bulan berikutnya dengan cara mencatat di kalender. Perhatikan hari pertama dan terakhir masa anda pada kalender. Dengan cara ini anda dapat membuat perkiraan saat haid berikutnya datang. Umumnya menstruais datang setiap 28 hari dan setiap wanita memiliki siklus masing-masing yang berbeda. Jika anda telah melakukan pencatatan ini anda akan tahu panjang siklus anda dan memppermudah di bulan-bulan selanjutnya. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut :

a.  Hitung jumlah hari antara hari pertama periode dan hari pertama periode berikutnya. Angka itu adalah panjang siklus Anda. Bagi kebanyakan wanita, itu adalah 28 hari, tetapi siklus normal dapat berkisar dari 25 sampai 35 hari

b.  Aliran menstruasi itu sendiri dapat berlangsung dari dua hari sampai seminggu, dengan rata-rata menjadi empat hari. Timbulnya bercak darah yang terjadi sebelum menstruasi tidak dihitung sebagai aliran darah menstruasi .

c.  Perempuan di usia remaja dan 20-an memiliki siklus mereka sedikit lebih panjang, untuk wanita berusia 30-an memiliki siklus pendek, dan bagi perempuan di pertengahan 40-an sampai 50-an memiliki siklus pendek juga. Jika Anda memiliki gangguan dengan siklus menstruasi anda sebaiknya konsultasikan dengan dokter anda untuk memastikan tidak adanya gangguan hormon.

Sekarang anda dapat menggunakan bantuan internet untuk menentukan kedatangan menstruasi. Aplikasi yang sudah tersedia dapat membantu anda untuk menentukan kapan menstruasi akan datang, meskipun tidak 100% akan tetapi ini dapat membuat anda mempersiapkan kedatangan menstruasi.