data-ad-format="auto"

Tanda Kehamilan Setelah Masa Kesuburan Wanita

Ingin cepat hamil?Ketahui terlebih dahulu masa subur anda untuk mempercepat program kehamilan anda. Selain itu ketahui juga tanda kehamilan setelah masa subur wanita. Berikut artikel tanda kehamilan setelah masa subur wanita.

 

Untuk mempercepat kehamilan anda harus mengetahui terlebih dahulu masa subur dimana sel telur sudah matang dan siap dibuahi. Untuk mengetahuinya anda dapat menggunakan beberapa cara diantaranya adalah siklus haid.Masa subur biasanya 3 hari sebelum hari ke-14 dan 3 hari setelah hari ke-16. Inilah saat dimana sel telur untuk dibuahi.

Masih untuk mengetahui masa subur diantaranya adalah dengan suhu tubuh yang meningkat dari kondisi normalnya dan juga mengalami getah lendir leher rahim yaitu kekentalan lendir yang keluar dari area kewanitaan. Biasanya lendir bersifat kenyal , tidak terputus dan lengket.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

tanda kehamilan setelah masa kesuburan

Hanya saja tidak semua wanita mengalami ovulasi tiap bulan, dimana sel telur tidak menghasilkan matur atau dikenal dengan istilah haid anovulator.Sedangkan pada saat masa subur wanita mengalami dua proses yaitu hormon naik dimana sel telur melepas folikel yang mengeluarkan hormon dalam penebalan rahim dan juga mengalami perjalanan sel telur yang lebih matang ke tuba falopi kurang lebih 24-48 jam.

Tanda kehamilan dimulai dari proses pembuahan dimana sel telur berhasil dibuahi. Apabila ada sel sperma yang berhasil masuk ke dalam tuba falopi dan membuahi sel telur maka pembuahan akan berlangsung menuju proses pembentukan pada gen.

Kemudian dilanjutkan dengan proses implantasi dimana sel telur dibuahi berjalan dari sel telur ke rahim. Inilah proses implantasi terjadi dimana sel telur akan menempel pada dinding rahim. Sedangkan pada sebagian wanita akan mengalami pendarahan yang dikenal dengan pendarahan implantasi. Inilah sebagai ciri-crri awal kehamilan setelah masa subur. ( Baca juga: Cara Cepat Hamil )

Selanjutnya yang berhubungan dengan hormon kehamilan.Meningkatnya hormon kehamilan yang disebut hCG (Human chorionic gonadotropin) dimana terbentuk ketika awal proses pembuahan.Bahkan akan meningkat cukup tinggi setelah melalui test kehamilan pada minggu pertama dan menstruasi terakhir. Terjadinya proses peningkatan hormon kehamilan akan memcicu terjadi ciri awal kehamilan baik secara fisik dan emosional.

Berikut ini adalah tanda-tanda kehamilan yang harus anda ketahui :

1.Berhentinya Siklus Menstruasi, sangat mudah untuk mendeteksi perubahan siklus menstruasi pada wanita yang memiliki siklus teratur sedangkan bagi yang tidak teratur anda akan kesulitan untuk menentukan awal kehamilan. (Artikel menarik lainnya: Tanda orang hamil)

2.Buah dada bengkak dan lembut, umumnya akan berubah bentuk dan lebih mengisi sebagai tanda mempersiapkan diri untuk memproduksi ASI.

3.Buang Air Kecil yang semakin sering akibat adanya penekanan kandung kemih.

4.Lebih mudah lelah karena adanya penyesuaian diri dengan hormon di dalam tubuh.

5. Morning sickness mual yang terjadi karena hormon HCG yang menyebabkan efek pedih pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual.

6.Perubahan mood dimana wanita mengalami rasa yang sangat bahagia, sedih atau marah dalam waktu yang tidak berlangsung lama.

7.Munculnya bercak darah sebagai tanda adanya implantation bleeding di dalam rahim. Seperti mengalami menstruasi akan tetapi darah sedikit dan tidak lama.

8.Pusing yang disebabkan karena faktor fisik yang dialami oleh ibu hamil muda seperti kelelahan , mual dan tekanan darah yang rendah.

9.Sering meludah karena adanya pengaruh dari hormon estrogen biasanya terjadi dan berlangsung selama trimester pertama.

10. Sensitif pada bau sehingga menghindari beberapa jenis makanan tertentu. Bahkan seringkali menginginkan makanan (ngidam).

Loading...

Follow us