data-ad-format="auto"

Tak Segera Buang Air Kecil Saat Bangun Tidur Bisa Merusak Lever

Lever adalah salah satu organ dalam tubuh yang mempunyai peranan penting. Tugas lever adalah melakukan fungsi metabolisme dalam tubuh. Selain itu, liver juga berfungsi untuk menghilangkan toxic dari dalam tubuh, kerusakan yang terjadi pada liver bukan saja berbahaya, namun juga dapat menimbulkan kematian. Oleh karena itu, menjaga dan merawat kesehatan liver amat penting dan dianjurkan. Seorang terapi nutrisi holistic Dari Amerika Serikat yakni Syeda Kiran Zahra Hussain menjelaskan beberapa penyebab kerusakan lever. Salah satunya adalah tidak menyegerakan pipis saat bangun tidur di pagi hari. Amat penting untuk menyegerakan buang air kecil dipagi hari setelah bangun tidur. Hal tersebut guna mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh dalam bentuk urine. Menyegerakan buang air kecil saat anda bangun dipagi hari akan membuat tubuh anda lebih bugar karena racun dalam tubuh yang menumpuk semalaman akan langsung terbuang segera setelah anda buang air kecil. Tanpa anda sadari hal kecil yang anda anggap remeh, juga dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada lever. Lantas apa saja penyebab yang dapat memicu kerusakan lever lainnya? Simak selengkapnya.

1.    Minyak Goreng Tak Sehat

Mengkonsumsi minyak tak sehat secara berlebih bisa menjadi salah satu pemicu kerusakan lever. Baik minyak yang anda konsumsi dari makanan maupun minyak yang anda pakai untuk memasak makanan. Mengkonsumsi minyak tak sehat juga dapat memicu timbulnya penyakit jantung. Oleh karena itu, sebaiknya anda mulai menghindari konsumsi terhadap minyak yang tidak sehat. Sebaiknya mulailah beralih pada minyak yang lebih alami seperti minyak wijen atau minyak zaitun.

2.    Mengkonsumsi Obat Secara Berlebih

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Saat anda minum obat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter obat yang hendak anda makan, apakah perlu atau tidak. Karena konsumsi obat-obatan terlalu berlebihan dapat menyebabkan kerusakan lever. Dan sebaiknya hindarkan dari konsumsi obat-obatan warung tanpa anjuran dokter.

3.    Melewatkan Sarapan

Selain berpotensi memicu obesitas karena porsi makan cenderung berlebih saat siang hari. Melewatkan sarapan juga menjadi bagian pemicu kerusakan lever. Karena sarapan membantu anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

4.    Makan Terlalu Banyak

Makan terlalu banyak tidak hanya dapat membuat anda lebih gemuk, namun juga dapat merusak kesehatan liver. Terutama jika anda tidak pernah mengontrol jenis makanan yang anda konsumsi. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi makanan secara wajar, sesuai porsi anda dan lebih selektiflah memilih makanan sehat untuk anda konsumsi.

5.    Kurang Tidur

Tubuh kita beristirahat dan memperbaiki kerusakan dalam tubuh saat tidur. Oleh karena itu, tidur yang cukup amat penting untuk kesehatan tubuh. Kurang tidur dapat mengganggu proses pemulihan tubuh pada kondisi semula dan hal tersebutlah yang dapat mempengaruhi kesehatan lever.

6.    Makanan Mentah

Mengkonsusmsi makanan mentah atau makanan setengah matang bisa memicu kerusakan pada lever. Untuk itu, jika bisa sebaiknya konsumsi makanan sesuai aturan dan jangan lupa untuk membersihkan makanan sebelum anda memasaknya.

Itulah dia beberapa hal yang mungkin selama ini anda anggap sepele dan biasa anda lakukan setiap hari. Dengan membaca artikel ini, semoga anda bisa mulai membatasi aktifitas-aktifitas diatas agar tidak terjadi kerusakan pada organ lever yang nantinya juga akan berpengaruh pada kesehatan anda.