Senam Nifas yang Bermanfaat

Setelah melalui persalinan perubahan secara fisik dan psikis terjadi pada anda diantaranya adalah kenaikan berat badan disertai dengan perut yang buncit. Anda yang kurang percaya diri dengan penampilan anda pasca persalinan atau ketidaknyamanan dalam menyesuaikan perubahan yang terjadi pasca persalinan? Lakukan beberapa gerakan ringan atau senam nifas yang dapat membantu anda. Senam nifas adalah latihan gerak yang dilakukan setelah melahirkan dengan tujuan dapat memberikan kenyaman pada otot-otot tubuh anda. Pada umumnya senam nifas dimulai enam jam setelah melahirkan dengan pelaksanaan yang bertahap dan berkelanjutan.

Senam nifas tidak saja untuk memberikan kenyaman dalam bentuk fisik akan tetapi dalam memberikan kelancaran dalam proses pengembalian rahim dalam bentuk semula (sebelum melahirkan) kemudian membantu dalam mempercepat kondisi tubuh setelah melahirkan yang biasanya sering kali dialami dengan rasa yang lelah dan kurang berenergi kemudiaan untuk mencegah terjadinya beberapa kemungkinan komplikasi yang timbul pada masa nifas. Hal yang tidak kalah penting adalah senam nifas dapat membantu dalam memperbaiki sirkulasi darah pasca persalinan. Meskipun senam nifas dapat membantu anda dalam memulihkan kondisi pasca persalinan akan tetapi senam nifas memiliki ketentuan diantaranya dapat dilakukan pada ibu hamil yang sehat dan tidak mengalami kelainan pada masa kehamilan ataupun persalinan kemudian dilakukan setelah enam jam persalinan yang biasanya dilakukan pertama kali di klinik persalinan atau rumah sakit kemudian dilakukan berkelanjutan di rumah.

Senam nifas dapat dibedakan berdasarkan persalinan yang anda lakukan diantaranya untuk persalinan normal dapat dilakukan pada hari pertama dengan melatih pernapasan bertujuan untuk melancarkan peredaran darah sehingga organ tubuh akan kembali pulih pasca persalinan. Adapun untuk anda yang melakukan persalinan normal perhatikan kontraksikan otot panggul anda sebelum duduk kemudiaan ketika duduk pilih dasar kursi yang kuat dan agak keras dengan tujuan dapat menahan otot panggul anda. Anda dapat mengatur waktu duduk dan berdiri agar tidak mengalami posisi yang terlalu lama sedangkan untuk latihan kegel anda tidak perlu cemas dengan jahitan dikewanitaan anda dikarenakan senam ini akan menguatkan otot otot seputar kewanitaan dan mempercepat kesembuhan daerah sekitarnya.

Sedangkan bagi anda yang mengalami persalinan melalui operasi, senam nifas akan membantu anda dalam meningkatkan kekuatan otot kandung kemih dan usus besar pasca persalinan menggunakan pembiusan. Perhatikan pula latihan fisik yang dilakukan. Anda harus mendapatkan izin dari dokter untuk melakukan latihan sehingga biasanya dimulai di minggu pertama pasca persalinan. Perhatikan posisi bangun dari tidur anda lakukan secara perlahan lahan dan untuk membantu dalam mengurangi rasa sakit biasanya dengan menempelkan bantal kecil dan yang terakhir jangan terburu buru dalam berjalan.

Dengan demikian bagi anda yang memasuki persalinan sebaiknya konsultasikan kesehatan anda dengan dokter apabila memungkinkan untuk melakukan senam nifas anda dapat melakukan usai persalinan dan mendapatkan manfaat untuk kebugaran tubuh pasca persalinan. Apabila tubuh anda mampu melakukan senam nifas maka anda akan mengurangi infeksi yang terjadi pada involusi uterus yang diakibatkan sisa darah yang tidak dikeluarkan kemudian untuk mengurangi resiko pendarahan abnormal dan juga untuk menghindari pembekuan darah yang menyumbat vena. Lakukan senam nifas di klinik persalinan anda dan selanjutnya anda dapat menerapkan gerakan ringan dirumah anda untuk tetap menjaga kesehatan pasca persalinan yang berkelanjutan.


Video Minggu Ini
Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak.

You must have the Adobe Flash Playerthe Adobe Flash Player installed to view this player.

Video courtesy of Bebeclub.