Sangat Langka, Bayi Terlahir dengan Wajah Lansia

Kelahiran bayi yang sangat ditunggu-tunggu oleh keluarganya, menyambut buah hati yang lucu dan menggemaskan tapi kondisi langka ini membuat dokter tercengang. Simak kisah bayi langka yang terlahir dengan wajah tua.

Dikutip dari dailymail, kelahiran seorang bayi laki-laki ini menghebohkan tim dokter yang membantu persalinan. Bayi ini lahir dengan kuit keriput, mata yang cekung dan rambut yang tumbuh cukup lebat hingga punggung. Tidak ada yang menyangka ia bayi yang baru lahir, ia seperti seorang pria yang sudah lanjut usia, 80 tahun.

Dokter yang membatu proses persalinan menduga bahwa kondisi yang menimpa bayi laki-laki dari Bangladesh ini dipengaruhi karena kelainan langka. Bahkan kelainan langka ini hanya terjadi pada satu dari sekitar empat juta kelahiran di dunia. Adapun kondisi langka yang menimpa bayi laki-laki ini dinamakan kondisi progeria.

qq

Progeria merupakan penyakit kelainan yang berhubungan dengan genetik yang sangat langka. Bahkan penyakit ini dikena dengan sindrom Hutchinson-Gilford. Kondisi ini menyebabkan bayi memiliki wajah tua. Kondisi ini sangat langka terjadi di dunia, bahkan harapan hidupnya hanya 13-20 tahun saja.

Bayi yang mengidap progeria memiliki gejala meskipun ketika dilahirkan ia terlihat sangat normal. Awalnya ia hanya menunjukan pertumbuhan yang terlambat, sulitnya untuk meningkatkan berat badan. Barulah mengalami perubahan kulit, perkembangan motorik dan keterlambatan perkembangan bayi dibanding usianya.

Bahkan kata dokter yang membantu persalinan, anak ini tidak seperti bayi yang baru lahir. Ia menunjukan tanda-tanda mengalami penuaan seperti tekstur kulit yang kasar dan juga keriput. Bahkan dokter yang membantu menanganinya sudah menduga bahwa kondisi yang dialaminya merupakan kondisi serius dengan gejala progeria.

Seakan tidak peduli dengan kondisi langka anaknya, orangtuanya tetap menyambut bahagia kelahiran buah hati tercinta. Orang tuanya mengatakan bahwa ia sangat bersyukur pada Tuhan. Bahkan kata orangtuanya tidak ada yang tidak bahagia dengan penampilan anaknya yang baru lahir itu ia tetap bersyukur.

Progeria yang dialami oleh anak laki-laki ini disebabkan karena adanya mutasi gen yang disebut lamin A (LNMA). Gen ini yang memproduksi protein prelamin A yang tugasnya mempertahankan inti sel bersatu. Dengan adanya mutasi gen inilah yang menyebabkan adanya perubahan yang terjadi pada anak lelaki ini.

Kondisi langka yang juga dikenal dengan Hutchinson-Gilford progeria syndrome (HGPS). Kondisi yang berhubungan dengan kelainan/mutasi genetik yang membuat memilki perkembangan yang cepat sehingga nampak terlihat tua. Kelainan ini yang menyebabkan wajah bayi seperti usia 80 tahun yang lanjut usia.

Dalam kelainan genetik, protein yang dihasilkan di dalam tubuhnya mengalami perubahan. Protein abnormal inilah yang memicu wajah terlihat tua. Bahkan progerin yang menyebabkan mengalami penuaan lebih cepat dibandingkan usia seharusnya. Kebanyakan muncul pada tahun pertama bayi lahir, sehingga sudah nampak penuaan dini.

Pada beberapa kondisi yang terjadi, pengidap progeria tidak bisa bertahan lama. Bahkan harapan hidup mereka yang terkena penyakit penuaan ini tidak besar. Meskipun sebuah catatan sejarah dimana pasien progeria yang bisa bertahan hingga usia 17 tahun, yakni Hayley Okines. Besar harapan dari keluarga bayi laki-laki ini bertahan hidup melebihi usia itu.

Bahkan keluarga dari Banglades berusaha untuk memberikan yang terbaik dengan pengobatan dan usaha perawatan yang terbaik. Dengan demikian anak laki-laki ini bisa tumbuh sehat dan bisa tumbuh besar dengan penuh kasih sayang dari keluarga dan lingkungannya. Itulah yang terjadi pada anak laki-laki yang baru-baru ini terlahir dengan kondisi langka.

Follow us