data-ad-format="auto"

Sakit Kepala Usai Melahirkan Apakah Normal? Apa Penyebabnya?

Penantian kehadiran si buah hati selama 9 bulan ini akhirnya berbuah dengan hadirnya si buah hati ke dunia. Proses persalinan yang begitu menegangkan yang ibu jalani selama beberapa jam di rumah sakit tentu menjadi pengalaman yang paling mendebarkan dalam kehidupan.

Usai melahirkan dan menyambut kehadiran si buah hati beberapa ibu mungkin mengalami keluhan. Seperti misalkan sakit kepala yang timbul secara tiba-tiba. Masalah ini mungkin dialami oleh mereka yang melahirkan normal maupun lewat operasi C-section atau operasi Caesar.

Kondisi kepala yang tiba-tiba terasa berat dan pusing ini seringkali menimbulkan banyak pertanyaan pada para ibu yang baru saja melahirkan. Apakah kondisi semacam ini normal dialami oleh ibu yang baru saja melahirkan? Lalu apa saja penyebab kondisi ini dapat terjadi?

Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa informasi dan penjelasan mengenai kondisi yang satu ini. Seperti apa saja? Inilah dia pemaparannya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Proses Melahirkan Normal Yang Nyaman & Lancar

Sakit Kepala Usai Melahirkan Apakah Berbahaya?

Kepala yang terasa berat dan pening yang tak tertahankan mungkin menjadi kekhawatiran besar yang dialami oleh banyak ibu usai melahirkan. Tak heran bila kondisi ini membuat banyak pertanyaan hadir dalam benaknya. Lantas apakah kondisi  ini berbahaya?

Gejala sakit kepala yang dirasakan usai melahirkan merupakan gejala yang cukup sering dialami oleh para wanita. KOndisi ini bahkan diketahui dapat berlangsung selama 24 jam. Bahkan beberapa orang mengalami kondisi ini pada periode yang lebih panjang, yakni sampai dengan 6 minggu berturut-turut.

Dalam kondisi yang wajar, gejala sakit kepala yang dirasakan oleh ibu hamil tentu hanya berupa sakit yang ringan. Namun, sakit kepala yang dirasakan lebih dari 24 jam usai proses persalinan selesai dapat dicurigai sebagai sebuah kondisi yang tidak normal.

Untuk itu, bai anda yang mengalami rasa sakit yang mengganggu dalam jangka waktu yang lama. Maka sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan baik bersama dengan dokter. Dengan demikian maka penanganan yang cepat akan bisa segera dilakukan.

Apa Penyebab Sakit Kepala Usai Melahirkan?

Adanya kondisi sakit kepala usai melahirkan bukan hanya menuai pertanyaan apakah kondisi ini normal atau tidak dialami oleh ibu hamil. Namun juga sebagian penasaran apa saja pemicu kondisi ini dapat terjadi.

Sebenarnya ada banyak hal yang dapat memicu kondisi ini. Proses persalinan yang dialami oleh seorang wanita pada umumnya dapat membuat tubuh ibu mengalami banyak perubahan dan adaptasi. Seperti halnya perubahan hormon, efek dari obat bius atau pola tidur ibu yang terganggu.

Selain itu, kondisi ini pun dapat terjadi pada jenis persalinan dan metode persalinan apapun. Bila anda menjalani proses persalinan lewat operasi Caesar maka gejala sakit kepala yang anda rasakan adalah hal yang wajar.

Hal ini dikarenakan sebelum menjalani operasi yang satu ini, sebelumnya anda mendapatkan obat bius terlebih dahulu. Dimana pemberian obat ini dilakukan agar ibu hamil tidak merasakan sakit yang terlalu berlebihan pada saat tindakan dilakukan.

Dari kondisi ini, penggunaan obat bius kemudian akan menyebabkan anda merasa pusing dan mengalami sakit kepala usainya. Jadi demikianlah, untuk anda yang menjalani operasi persalinan Caesar maka kondisi ini adalah hal yang wajar anda alami.

Selain itu, kondisi sakit kepala pun dapat terjadi sebab adanya dehidrasi atau kelelahan pada proses mengejan ketika melakukan persalinan dengan metode normal.

Bila anda mengalami kondisi ini maka sebaiknya atasi masalah ini dengan cukup mendapatkan konsumsi air putih yang cukup. Hal ini tentu saja dilakukan untuk mengatasi dehidrasi yang anda alami saat ini. Selain itu, dampak dari dehidrasi memang seringkali menyebabkan kondisi lemas dan pusing.

Tekanan darah tinggi pun akan dapat menyebabkan kondisi ini. Terutama mereka yang mengalami preeklampsia/eklamsia selama proses persalinan. Untuk itu, maka penting sekali menanyakan kondisi ini ke dokter dengan baik.

Penanganan Sakit Kepala Usai Melahirkan

  • Untuk menghilangkan sakit kepala usai melahirkan, anda dapat mengandalkan obat penghilang rasa sakit. Seperti halnya ibuprofen atau paracetamol. Penggunaan obat-obatan pasca melahirkan memang bisa anda gunakan dibandingkan pada masa kehamilan dimana banyak larangan yang perlu dihindari.
  • Selain itu, meskipun obat-obatan yang satu ini bisa dengan mudah anda dapatkan di apotek tanpa resep dokter. Namun sebaiknya sebelum anda hendak mengkonsumsi obat-obatan ini. Mak berkonsultasilah dengan dokter yang menangani anda.
  • Selain itu, anda pun dapat dengan perlahan memperbaiki pola tidur anda dengan baik. Terutama untuk anda para ibu yang mengalami gangguan tidur sebelum proses persalinan atau pada masa kehamilan. Hal ini dikarenakan gangguan tidur seperti terlalu sering terjaga sampai larut malam akan cenderung membuat ibu mudah mengalami pusing dan sakit kepala.
  • Untuk itu, memperbaiki pola tidur anda dengan baik dipercaya akan dapat mengatasi masalah sakit kepala usai melahirkan. Sementara itu, usai proses persalinan anda mungkin dihadapkan pada kegiatan menjaga si buah hati. Dimana mereka mungkin akan bangun dan menangis kapan saja.

Namun tak perlu khawatir berikut ini adalah beberapa hal mensiasati tidur yang cukup saat malam hari usai proses persalinan untuk mengatasi masalah sakit kepala yang sering anda rasakan.

Tips Atur Waktu Tidur Usai Persalinan Untuk Hindarkan Sakit Kepala

Usai persalinan bisanya anda akan dihadapkan pada kondisi dan kehidupan baru. Dimana pada saat ini kehadiran si buah hati memerlukan peran dari sosok seorang ibu. Seperti yang kita ketahui, bayi baru lahir pada umumnya belum memiliki waktu tidur yang pasti. Sehingga demikian mereka akan cenderung bangun dan tidur semau mereka sendiri.

Nah, hal inilah yang akan mungkin membuat ibu kesulitan untuk dapat tidur dan beristirahat pada saat malam hari. Apalagi untuk anda yang seringkali mengalami sakit kepala usai melahirkan. Namun tak perlu khawatir mari kita simak beberapa hal dibawah ini.

Berikan ASI

Bayi baru lahir pada umumnya menghabiskan sebagian waktunya untuk tidur. Mereka hanya bangun pada saat popoknya basah atau pada saat ia lapar.

Nah, ketika si kecil rewel atau menangis pada malam hari, maka cobalah periksa popoknya. Bila popoknya masih kering maka mungkin ia menangis bukan karena pipis. Namun karena lapar, nah untuk itu maka silahkan berikan ia ASI dengan begitu si kecil akan bisa kembali tidur.

Biarkan Ia Bermain Saat Siang

Bayi baru lahir memang memiliki waktu tidur yang cenderung acak. Ketika ibu tidak bisa menyesuaikan jam tidurnya dengan jam tidur ibu maka mungkin hal ini bisa membuat ibu kesulitan mendapatkan waktu tidur yang cukup, terutama pada saat malam hari. Nah, untuk mengatasi masalah ini maka biarkan si kecil terjaga saat siang dan biarkan ia bermain.

Dengan begini pada saat malam hari ia pun akan merasa mengantuk karena energynya yang terkuras pada siang hari. Dengan begini, ibu dan si kecil akan dapat istirahat dengan nyaman saat malam hari.

Loading...

Populer di Persalinan

Tanda-tanda melahirkan

Tanda-Tanda Akan Melahirkan

Selamat datang di akhir kehamilan. Barangkali anda hanya tinggal menunggu selama beberapa…

Tanda-tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan

Pada ibu hamil kebanyakan kelahiran dimulai antara usia kehamilan di minggu ke 39 dan…
Default Image

Mengenal Tahapan Proses Melahirkan

Persalinan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para ibu hamil, sebuah waktu…

Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Jahitan pada proses melahirkan biasanya disebabkan oleh adanya robekan yang terjadi di…
proses melahirkan normal

Melahirkan Normal: Tips Menghilangkan Rasa Sakit

Melahirkan normal merupakan proses melahirkan yang diidamkan oleh para ibu yang sedang…

Follow us