Resep Menu Buka Puasa Ayam Kecap Sederhana Untuk Ibu Hamil yang Enak

Wanita hamil yang menjalani puasa haruslah memperhatikan asupan makanan yang sehat.

Segala jenis makanan yang bergizi akan menunjang energy ibu hamil untuk dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik. Nah, bila ibu hamil masih bingung menyiapkan menu bergizi untuk berbuka puasa, mari simak resep mudah membuat ayam kecap sederhana dibawah ini.

puasa-ayam-kecap.jpg

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Ayam Kecap Sederhana Untuk Ibu Hamil yang Enak

Bahan-Bahan Utama:

  • 1/2 ekor ayam
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan air jeruk nipis

Bumbu-Bumbu Masakan:

  • 1/2 butir bawang bombay, potong memanjang tipis
  • 2 gagang daun bawang, potong serong
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 4 siung bawang putih, geprek
  • 1/2 ruas jari jahe, geprek
  • Minyak goreng secukupknya
  • 1 buah tomat, potong
  • 100 ml air
  • 1/4 sendok teh garam dapur
  • 1 sendok makan margarin, untuk tumisan
  • 1/2 sendok teh lada putih bubuk

Cara Membuat Menu Buka Puasa Ayam Kecap Sederhana Untuk Ibu Hamil yang Enak

Cara Membersihkan Ayam:

  1. Untuk yang pertama penting sekali untuk anda mengetahui bagaimana membersihkan ayam yang baik dan benar. Hal ini dikarenakan makanan akan bisa menjadi sensitif untuk ibu hamil apabila kebersihannya tidak terjaga dengan baik. Untuk mengatahui bagaimana cara membersihkan ayam maka mari simak langkah berikutnya.
  2. Bawa ayam ke tempat cucian dan potong terlebih dahulu ayam menjadi beberapa bagian yang anda inginkan. Disini saya memotongnya menjadi 6 bagian. Akan tetapi bila ukuran ini dirasa terlalu kecil atau terlalu besar, maka anda dapat memotongnya sesuai dengan selera anda.
  3. Setelah ayam dibersihkan secara merata, lanjutkan dengan membersihkan ayam dibawah air yang mengalir. Bersihkan ayam dari bulu-bulu yang masih tersisa dan kotoran yang masih menempel.
  4. Bila perlu remas-remas dengan perlahan pada saat anda membersihkan bahan yang satu ini. Setelah selesai, angkat ayam dari tempat cucian dan tiriskan air cuciannya secara merata.
  5. Masukkan kembali ayam kedalam baskom dan lumuri ayam dengan menggunakan air jeruk nipis beserta taburan garam yang sudah disiapkan. Hal ini difungsikan untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada ayam. Untuk itu, setelah diberikan bumbu lumuran ini silahkan sisihkan ayam selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Ayam Kecap:

  1. Untuk membuat sajian ini silahkan awali dengan memanaskan minyak dalam wajan dan gunakan api yang sedang. Tunggu sampai minyak yang anda masukkan dalam wajan menjadi benar-benar panas secara merata.
  2. Selanjutnya silahkan masukkan ayam kedalam minyak panas dan goreng ayam sampai matang namun tidak terlalu kering. Bila sudah matang, angkat ayam dan sisihkan dalam piring atau mangkuk sebelum kita akan buat bumbunya.
  3. Untuk membuat bumbu, masukkan margarin dalam wajan dan tumis jahe bersama dengan bawang putih sampai tercium harum dan kedua bahan ini menjadi lebih layu secara merata.
  4. Setelah itu, silahkan masukkan bawang bombay kedalamnya dan tumis bumbu ini sampai layu dan matang secara merata.
  5. Masukkan ayam kedalam tumisan bumbu dan aduk-aduk bahan ini sebentar agar semua bahan tercampur secara merata.
  6. Masukkan kecap manis kedalamnya bersama dengan air, garam, lada dan tumis bumbu tersebut sampai matang hingga tercampur merata.
  7. Masukkan timat bersama dengan daun bawang dan aduk-aduk bahan tersebut secara merata sampai tercampur.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam mangkuk saji. Untuk mempercantik penampilannya silahkan taburkan bawang goreng dibagian atasnya secara merata. Selamat menikmati!