data-ad-format="auto"

Resep Menu Buka Puasa Ayam Goreng Mentega Untuk Ibu Hamil yang Sehat dan Lezat

Seringkali masih banyak ibu hamil yang merasa ketakutan saat harus menjalankan ibadah puasa.

Hal ini pada akhirnya membuat mereka enggan melaksanakan ibadah yang satu ini karena khawatir nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh si kecil dalam rahimnya tidak dapat terpenuhi dengan baik.

Akan tetapi kegiatan ibadah yang satu ini sebenarnya tetap bisa dijalani oleh ibu hamil dengan baik. Apabila mereka memperhatikan segala sesuatunya dengan baik, termasuk asupan makanan bergizi. Nah, berbicara mengenai menu makanan untuk berbuka puasa yang bergizi untuk ibu hamil. Berikut ini kami bagikan resep ayam goreng mentega yang lezat. Yuk, simak resep mudahnya dibawah ini.

puasa-ayam-goreng-mentega.jpg

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Menu Buka Puasa Ayam Goreng Mentega Untuk Ibu Hamil yang Sehat dan Lezat

Bahan-Bahan Utama:

  • 1 ekor ayam negeri
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • Secukupnya garam

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica butiran
  • 2 siung bawang putih

Bumbu-Bumbu Lainnya:

  • 2 sdm mentega
  • 1 sdm kecap manis
  • 2 sdm saus Inggris
  • 75 g bawang Bombay, iris kasar
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm air jeruk nipis/limau

Cara Membuat Menu Buka Puasa Ayam Goreng Mentega Untuk Ibu Hamil yang Sehat dan Lezat

Cara Membersihkan Ayam:

  1. Untuk yang pertama dapat kita lakukan dengan terlebih dahulu membersihkan ayam. Hal ini penting sekali karena untuk ibu hamil kebersihan bahan makanan akan menjadi hal yang menentukan kesehatannya. Jangan sampai kuman dan kotoran yang masih menempel pada ayam dapat masuk kedalam tubuh ibu hamil dan membahayakan kesehatannya. Untuk itu, silahkan bersihkan ayam secara merata.
  2. Untuk membersihkan ayam dapat dilakukan dengan memasukkan ayam kedalam wadah dan bersihkan dengan menggunakan air yang mengalir secara merata. Upayakan agar lendir yang ada pada ayam bisa dibersihkan secara merata. Selain itu, bersihkan pula ayam dari bulu-bulu halus yang masih tersisa.
  3. Setelah ayam dibersihkan secara merata. Potong-potong ayam sebanyak 8 bagian atau sesuaikan ukuran dengan selera anda.
  4. Bersihkan kembali dengan menggunakan air dan cuci sampai bersih secara merata. Selanjutnya tiriskan air cuciannya dan lumuri ayam dengan menggunakan air jeruk nipis dan taburi dengan garam. Hal ini difungsikan untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada ayam. Setelah itu, sisihkan selama kurang lebih 10 menit.

Cara Membuat Ayam Goreng Mentega Untuk Ibu Hamil:

  1. Setelah ayam dilumuri dengan menggunakan jeruk nipis, sekarang silahkan lumuri ayam dengan menggunakan bumbu halus secara merata. Balurkan dengan sedikit diremas-remas agar bumbu menyeluruh.
  2. Sementara menunggu bumbu meresap silahkan panaskan wajan dan tuangkan minyak goreng kedalamnya. Tunggu sampai minyak benar-benar panas merata.
  3. Setelah itu, goreng ayam kedalamnya sampai matang secara merata hingga kering dan berwarna kecoklatan. Angkat ayam dan tiriskan sementara.
  4. Untuk membuat bumbu silahkan panaskan mentega, kali ini sedikit saja dan tumis bawang bombay sampai layu dan tercium harum.
  5. Kemudian masukkan bumbu dan aduk-aduk sampai merata hingga semua bumbu tercampur dan mengeluarkan aroma yang enak.
  6. Masukkan ayam yang telah digoreng dan aduk-aduk merata dan masak sampai bumbu meresap kedalam ayam.

Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian sajian ayam mentega akan siap anda nikmati untuk menu berbuka puasa anda nanti. Selamat menikmati!