Relaksasi untuk Ibu Hamil

Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan akan mengakibatkan beberapa kondisi kesehatan pada ibu hamil diantaranya adalah merasakan cepat lelah dan pegal. Selain itu bagi anda yang mengalami kehamilan pertama beberapa perasaan cemas senantiasa membuat anda khawatir dengan kondisi anda dan janin. Dalam mengatasi beberapa perubahan yang terjadi selama kehamilan dan juga kecemasan yang berlebihan yang menyebabkan anda stres selama kehamilan, anda memerlukan relaksasi bagi ibu hamil.

Menurut pengertian relaksasi adalah teknik dalam mengatasi kekhawatiran atau stress yang mengendorkan otot syaraf sehingga bersumber pada objek tertentu. Dalam keadaan relaksasi, seluruh tubuh dalam keadaan seimbang, dalam keadaan yang tenang dan otot menyeluruh dalam keadaan tubuh yang nyaman. Bagi ibu hamil metode ini sangat penting untuk memberikan pengaruh yang positif untuk kehamilan anda. Anda dapat melakukan tahapan relaksasi selama kehamilan diantaranya adalah dengan cara-cara berikut :

1.    Metode pernafasan

Pertama kali anda harus melakukan metode pernafasan dengan cara yang sangat sederhana yaitu dengan mengambil posisi yang nyaman, dapat dilakukan dengan posisi duduk atau berbaring. Usahakan untuk bersikap santai, pejamkan mata dan usahakan untuk membuat otot-otot di seluruh tubuh (terutama wajah dan otot kaki) mendapatkan posisi terbaik kemudian anda dapat bernafas melalui hidung sedikit demi sedikit. Latihan sederhana ini dapat anda lakukan selama 10 menit sampai 12 menit untuk memberikan kenyamanan bagi tubuh anda. Posisi terbaik dalam melakukan latihan pernafasan yaitu dengan menahan otot perut yang diikuti dengan tarikan nafas.


Video Minggu Ini
Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak.

Video courtesy of Bebeclub.


2.    Menenangkan perasaan

Relaksasi bertujuan untuk memberikan kenyamanan pada ibu hamil, anda dapat duduk dengan posisi bersila sambil meletakan kedua tangan di sebelah badan dan membuat siku lurus, kemudian angkat tangan pada sebelah samping ke kepala sambil menahan nafas hingga jari-jari tangan anda saling
bertemu, turunkan ke depan dengan menembuskan nafas secara perlahan.

3.    Menggunakan waktu singkat untuk relaksasi

Anda dapat menggunakan waktu yang singkat untuk melakukan relaksasi selama kehamilan, ambil posisi duduk di kursi yang nyaman, usahakan duduk tegak. Anda dapat menyangga punggung dengan bantal dan buatlah kaki anda rileks, lakukan pernapasan denga tenang, tarik napas dan buang melalui mulut dengan perlahan, anda dapat mengulanginya hingga berulang kali sehingga membuat tubuh anda nyaman.

4.    Membuat suasana tenang

Anda dapat menenangkan pikiran dari dalam diri anda, usahakan untuk sabar dan tekun dalam menjaga kehamilan anda, usahakan sebelum anda mengawali rileksasi anda telah mendapatkan perasaan yang tenang. Bantuan musik yang lembut akan membuat anda mudah mendapatkan ketenangan, tutup mata anda dan konsentrasi dengan nafas yang teratur. Biarkan tubuh anda betul betul rileks dan mendapatkan kebahagian di dalam diri anda, lakukan latihan ini selama 20 menit kemudian perlahan lahan anda dapat membuka mata seusai melakukan latihan ini. Bila anda masih kesulitan di dalam mendapatkan ketenangan di dalam diri anda, anda dapat mengulangi latihan untuk mendapatkan posisi yang terbaik, makin sering berlatih anda dapat membuat suasana lebih tenang dalam menghadapi proses persalinan dan menghindari beberapa keluhan yang sering dialami selama kehamilan.

Relaksasi dapat anda lakukan dengan teratur meskipun waktu yang sangat singkat anda dapat melakukannya dengan memilih salah satu rileksasi sesuai dengan kebutuhan anda.