data-ad-format="auto"

Perubahan Tubuh Pasca Melahirkan

Setelah kita mengetahui hamil banyak perubahan, hidup kita pastinya tidak akan sama lagi seperti dulu. setelah lahir kita akan semakin disibukan dengan adanya si buah hati, selain itu tentunya kita akan mengalami perubahan pada tubuh, perubahan yang kita alami tentunya secara alami dan sesuatu yang wajar, mulai dari rambut rontok sampai dengan konstipasi. setelah kita melahirkan tentunya beberapa hari kedepan kita akan kehilangan sebagian rambut kita, rata-rata dalam sehari sekitar 100 helai akan rontok, karena yang terjadi pasca kehamilan kerja hormon kita tidak menentu, tetapi nanti juga akan kembali normal.konstipasi ini bukanlah sebuah penyakit tetapi mungkin sesuatu yang kita keluhkan karena pasca kehamilan muncul akibat kelainan fungsi dari kolon (usus besar) dan anorektal (anus), yang artinya mungkin terhambatnmya defekasi (BAB) dari kebiasaan normal, beberapa perubahan pasca kehamilan disamping tadi rambut rontok ada beberapa hal yang akan kita alami yaitu:

Warna Kulit Berubah

Ada beberapa sebagian wanita yang mengalami perubahan setelah hamil tentunya pada bagian wajah, dimana wanita hamil akan mengalami wajah yang berjerawat, tetapi setelah melahirkan jerawat tersebut akan hilang dengan sendirinya bahkan bersih. Adapun perubahan pasca kehamilan terdapat ruam merah dibagian dagu dan   juga mulut serta mengalami kulit kering. Tetapi semua itu akan hilang dalam beberapa minggu kedepan, oleh karena itu kita jangan terlalu khawatir.

Berubahnya Payudara

Perubahan pasca kehamilan terjadi pada bagian payudara, dimana payudara kita akan bengkak, sakit, memerah serta membesar karena meningkatnya produksi ASI setelah melahirkan. Tetapi ini semua akan mereda dalam kurun waktu tiga sampai empat hari kedepan atau pada saat kita berhenti menyusui. Hal lainnya payudara kita mungkin tidak sekencang dulu karena pasca melahirkan payudara kita akan mengendur ini diakibatkan oleh kulit meregang, dan  juga beberapa minggu apabila  sudah tidak menyusui maka ASI akan mengalami kebocoran/menetes.

Berubahnya Perut

Untuk rahim sendiri masih mengeras dan juga bulat dengan berat sekitar 1,1 kg. Tepat setelah melahirkan  mungkin masih terasa sakit, tetapi setelah enam minggu berat menjadi 2 ons dan juga sudah tidak merasa sakit. Adapun garis coklat kehitaman pada bagian tengah perut akan hilang dengan sendirinya, namun sangat disayangkan bekas perut yang mengembang tidak akan hilang dalam waktu dekat serta cenderung memerah tetapi akan berubah menjadi warna perak dan akan meyatu dengan kulit kembali. Pasca melahirkan sebaiknya melatih perut dengan cara melakukan sit-up. Supaya mendapatkan perut yang datar kembali, karena wanita yang menjaga kekuatan otot perutnya akan mengendut pasca melahirkan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Proses Melahirkan Normal Yang Nyaman & Lancar

Punggung Nyeri

Biasanya pasca melahirkan seorang ibu akan mengalami nyeri punggung dalam kurun waktu enam minggu pertama, karena postur tubuh yang kurang ideal. Apabila sang ibu ingin kembali normal akibat  sakit punggung adalah dengan cara pemulihan otot perut tubuh dengan meletakan berat badan ekstra pada otot punggung.


 

"Miss v" Terasa Sakit

Pasca kehamilan nanti anda akan mengalami lokhia (keluarnya caira dari "Miss V") dalam waktu beberapa minggu, diantaranya "Miss V" akan merasa sakit, mungkin apabila anda mengompresnya dengan air dingin mampu meredakan rasa sakit. Setelah itu juga mungkin anda akan mengalami keputihan dan banyak mengeluarkan darah. Apabila masih menyusui mentruasi tidak akan terjadi selama beberapa bulan bahkan mungkin akan berhenti pada saat anda menyusui.

Pembengkakan Kaki dan Varises

Pasca kehamilan perlahan kaki anda sudah tidak bengkak lagi, adapun cara mengurangi bengkaknya kaki dengan cara berjalan. Pasca kehamilan akan mengalami penurunan berat badan sehingga menyebabkan kaki menjadi varises meskipun nantinya akan hilang secara perlahan.

Berkeringat

Perubahan akan terjadi pada keringat anda apalagi pada saat dimalam hari mungkin sedikit berlebihan daripada disiang hari, hal ini disebabkan karena tubuh anda juga perlu menyingkirkan cairan yang terakumulasi selama pasca kehamilan. Sebagian perempuan merasa energik setelah melahirkan, kebanyakan perempuan juga merasa sangat kelelahan pasca melahirkan, merawat bayi, dan bahkan merasa lelah.

Infeksi Saluran Kemih dan Sembelit

Tanpa adanya bayi yang menekan kandung kemih, ini mengakibatkan anda tidak sering melakukan buang air kecil tidak seperti saat anda hamil. Namun tekanan uretra selama persalinan akan membuat anda susah buang air kecil, sehingga menderita infeksi saluran kemih, sehingga mengakibatkan rasa sakit pada saat anda buang air kecil, tidak hanya infeksi pada saluran kemih namun juga terjadi sambelit pasca melahirkan.  Gerakan usus akan menjadi sakit apabila terjadi  episiotomi atau wasir, karena itu perbanyak mengkonsumsi makanan yang berserat, susu, banyak minum air, dan juga jus semua ini agar dapat membantu meringankan dari rasa sakit

Loading...

Populer di Persalinan

Tanda-tanda melahirkan

Tanda-Tanda Akan Melahirkan

Selamat datang di akhir kehamilan. Barangkali anda hanya tinggal menunggu selama beberapa…

Tanda-tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan

Pada ibu hamil kebanyakan kelahiran dimulai antara usia kehamilan di minggu ke 39 dan…
Default Image

Mengenal Tahapan Proses Melahirkan

Persalinan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para ibu hamil, sebuah waktu…

Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Jahitan pada proses melahirkan biasanya disebabkan oleh adanya robekan yang terjadi di…
proses melahirkan normal

Melahirkan Normal: Tips Menghilangkan Rasa Sakit

Melahirkan normal merupakan proses melahirkan yang diidamkan oleh para ibu yang sedang…

Follow us