Perkembangan Janin Usia 37 Minggu

Usia perkembangan janin dalam perut anda kini sudah memasuki pekan ke 37.

Atau yang dalam hitungan bulan usianya kini sudah mulai menginjak bulan ke 9 yang mana ini sama dengan anda sudah memasuki trimester akhir masa kehamilan anda. Untuk itu kami ucapkan selamat yang sebesar-besarnya ya bunda. Tak terasa seperti baru saja kemarin bunda mengetahui kehamilan yang tengah begitu dinanti-nanti selama ini. Perjuangan dan tantangan demi tantangan telah bunda lewati dengan penuh perjuangan.

Meski beberapa kali bunda merasakan jenuh, kesal dan merasa jengkel dengan beberapa tantangan kehamilan seperti tanda kehamilan pada awal-awal masa kehamilan yang cukup menyiksa. Namun rupanya hal tersebut bisa bunda lewati dengan baik meski dengan penuh perjuangan.

Berkat dukungan bunda dan asupan makanan, serta gizi yang baik yang bunda berikan untuk si buah hati sehingga saat ini tumbuh kembangnya dalam rahim bunda tidak mengalami kendala atau gangguan yang serius yang membuat kondisi si buah hati dan bunda harus mendapatkan penanganan medis yang berarti.

Untuk itulah tetap jaga asupan makanan dan minuman yang bunda konsumsi saat ini ya bun. Serta teruslah terapkan pola hidup sehat dengan menghindari segala sesuatu dapat membuat kondisi ibu dan si buah hati dalam rahim terancam.


Video Minggu Ini
Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak.

You must have the Adobe Flash Playerthe Adobe Flash Player installed to view this player.

Video courtesy of Bebeclub.


Pada usia perkembangan janin dipekan 37 ini ada begitu banyak perkembangan yang terjadi dengan si buah hati. Bisa dikatakan perkembangan yang terjadi pada tahapan ini adalah perkembangan pada masa penyelesaian. Sebab pada dasarnya organ-organ tubuh pada si bayi berserta dengan organ internalnya sudah terlebih dahulu terbentuk pada usia kehamilan minggu-minggu yang lalu.

Sementara pada tahapan minggu ini perkembangan yang terjadi hanya seputar pada tahapan penyempurnaan sehingga nantinya si bayi akan siap untuk dilahirkan ke dunia dalam keadaan matang dan siap hidup diluar rahim ibunya sendiri.

Kehamilan pekan ini pun akan mungkin membuat ibu hamil merasa nervous atau gugup pada sebagian orang hamil yang baru pertama kali mengalami kehamilan sebab pikiran mereka mungkin sudah dihinggapi dengan gambaran melahirkan yang tinggal menghitung waktu atau mungkin menghitung pekan.

Pada masa kehamilan inilah support atau dukungan penuh dari orang-orang terdekat ibu hamil akan sangat diperlukan guna meringankan dan mengurangi perasaan panik pada ibu hamil serta ketakutannya menghadapi persalinan. Selain itu ibu hamil juga perlu memeriksakan atau mengkonsultasikan segala kondisi kesehatannnya dan kandungannya pada dokter guna mengetahui dengan baik perkembangan janinnya dan mempersiapkan segala sesuatunya.

Dalam kenyataannya anda ibu hamil seharusnya merasa bahagia menginjak usia kehamilan ini karena tak selang beberapa saat lagi momen-momen besar yang telah anda nantikan selama ini untuk menimang buah cinta anda akan segera terwujud. Perasaan haru, senang, bahagia, antusias mungkin akan mulai menghinggapi perasaan anda pada waktu kehamilan pekan ini. Jadi demikian bersiaplah dan persiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Pada usia kehamilan 9 bulan ini perkembangan bayi anda telah begitu sempurna dan akan siap dilahirkan ke dunia. Sebenarnya sejak usia kehamilan 8 bulan atau pekan sebelumya adalah masa yang tepat untuk anda bisa bersiaga dan mempersiapkan segala sesuatunya yang akan anda dan si buah hati butuhkan nantinya.

Nah berbicara mengenai perkembangan janin pada usia pekan ini kita akan simak lebih dalam bagaimana perkembangan bayi pada usia kehamilan pekan ke 37.

perkembangan janin minggu 37

Perkembangan Janin 37 Minggu

Pada usia kehamilan pekan ini bayi anda masih terus mengembangkan berat tubuhnya hingga sebanyak 28 gram per harinya. Kini berat tubuh totalnya pada minggu ini sudah mencapai 2.8 kg dan panjang tubuhnya diukur dari bagian kepala sampai kebagian kaki sudah mencapai 49 cm.

Bila ini adalah kehamilan pertama anda maka mungkin anda akan mulai merasakan tekanan yang meningkat dibagian perut bawah anda dan merasakan bahwa kini posisi bayi anda sudah mulai bergerak menurun kebagian bawah dari perut anda. Posisi bayi yang semakin ke bagian bawah akan mulai berada di lubang panggul dan disangga denga tulang panggul. Akan tetapi, bila ini adalah kehamilan kedua atau seterusnya, maka kemungkinan kepala bayi anda posisinya belum turun kebagian ini.

Kebanyakan perkembangan bayi pada usia pekan ini sudah penuh dan terlihat ditumbuhi dengan rambut sepanjang lebih dari 3,5 cm. Akan tetapi ada pula beberapa bayi yang tidak sedikitpun memiliki rambut atau masih botak. Kondisi ini biasanya tergantung atau dipengaruhi oleh hormon ibu hamil.

Kondisi turunnya posisi bayi kebagian bawah mungkin akan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman dan berpengaruh terhadap fisik ibu hamil. Seperti halnya ibu akan merasakan tidak nyaman sewaktu berjalan dan terasa semakin berat. Bahkan beberapa wanita mungkin merasakan seperti bayi mereka sudah akan lahir pada saat itu. Selain itu, anda mungkin akan merasakan lebih sering ingin buang air kecil karena posisi rahim yang tertekan dengan membesarnya tubuh si bayi.

Kini sebagian besar lanugo pada si buah hati atau rambut halus yang menyelubungi bayi sudah mulai menghilang dan tak lagi dinampakan karena bagian ini sudha ditelan dan disimpan oleh si bayi dalam ususnya. Yang mana nantinya bahan ini akan dikeluarkan olehnya melalui kotoran pertamanya pada saat ia lahir ke dunia yang disebut dengan mekonium.

Bukan saja itu pada usia kehamilan pekan ke 37 atau 9 bulan ini si bayi sudah mulai memiliki antibodi yang dibentuk dalam tubuhnya yang tersalur melalui tali pusarnya. Peranan antibodi ini penting sekali untuk kekebalan tubuhnya nanti saat ia dilahirkan ke dunia agar tubuhnya bisa bekerja melawan serangan bakteri atau kuman yang ada diluar rahim ibunya. (Baca juga: Penyebab Keputihan)

Pada usia kehamilan ini bayi anda menjadi semakin kuar, kulitnya sudah semakin halus dan gusinya mulai mengeras dan kaku. Hati dan ginjalnya pun sudah mulai bekerja dan berfungsi dengan seharusnya.

Kini panca inderanya bahkan sudah banyak perkembang dan ia akan mulai mengenali suara ibunya, bila ia sudah lahir nanti ia akan merespon dengan caranya sendiri yakni dengan memutar kepalanya atau menggerakan anggota tubuhnya.

Hal ini dikarenakan kini si bayi sudah mulai megenai suara ibunya dengan baik. Koordinasi gerakan pada jari-jari tangan si bayi sudah mulai terbentuk dengan baik, dan bila ia lahir hal ini akan ditandai dengan responsnya untuk menggenggam atau berpenggangan jari pada tubuh si ibunya.

Demikianlah beberapa perkembangan janin pada usia pekan ke 37. Pada dasarnya setiap perkembangan janin yang terjadi dalam perut ibu hamil tidaklah sama dan berbeda antara satu dengan lainnya. Perkembangan diatas hanya menggambarkan perkembangan janin secara umum. Semoga perkembangan janin diatas memberikan cukup informasi dan menambah wawasan ibu dan anda semua akan pergerakan dan perkembangan janin dalam rahimnya.