data-ad-format="auto"

Perkembangan Janin Usia 35 Minggu

Bunda, kini usia kehamilan yang tengah anda jalani sudah memasuki usia ke 35 pekan atau yang dalam hitungan bulan kini anda sedang menjalani usia kehamilan 8 bulan.

Usia kehamilan pekan ini membuat perkembangan dan pertumbuhan banyak terjadi dengan si kecil dalam perut anda. Salah satunya adalah kini si buah hati sudah mulai aktif menendang dan melakukan banyak pergerakan dalam rahim ibu. Bila pada usia kehamilan pekan sebelumnya pergerakan si kecil mengalami proses yang cukup lambat akibat pertumbuhan lemak tubuhnya yang membuat ia kesulitan untuk dapat bergerak dengan aktif, pada bulan ini si kecil sudah mulai bisa kembali bergerak dengan bebas dan semakin hari akan semakin aktif.

Hal ini mungkin sudah mulai bunda rasakan. Tak sedikit para wanita hamil di usia pekan ini mengalami perubahan emosional yang cukup besar diantaranya adalah mereka merasa terharu dan bahagia karena kini mereka mulai menyadari bahwa diri mereka tengah benar-benar hamil dengan segala perubahan yang terjadi dari mulai perut yang semakin membesar dan juga pergerakan si buah hati dalam perutnya.

Untuk itulah anda sebagai seorang calon ibu yang akan segera menyambut hangat buah cintanya maka jaga dan dukung terus perkembangan dan pertumbuhan si buah hati dalam perut anda agar mereka senantiasa sehat dan terjaga. Salah satunya adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan si buah hati dalam perut ibu untuk menunjang pertumbuhan didalamnya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Jaga terus asupan gizi dan nutrisi serta terapkan pola makan yang sehat. Bila perlu bantu dengan asupan susu hamil jika ibu kesulitan mendapatkan nutrisi dari makanan karena nafsu makan yang bermasalah.

Nah menginjak usia pekan ini ada begitu banyak perubahan dan perkembangan yang dialami oleh bayi anda didalam rahim. Untuk mengetahui seperti apa lebih jauhnya mengenai perkembangan janin pada usia pekan ke 35 maka mari kita simak uraiannya dibawah ini.

perkembangan janin minggu 35

Perkembangan Janin Usia Pekan 35

Pada usia pekan ini panjang bayi anda diukur dari bagian kepala hingga ke bagian kaki ukurannya sudah mencapai 45 cm dan berat tubuh mungilnya kini sudah mencapai 2.4 kg. Ukuran ini mungkin berbeda-beda pada masing-masing bayi hanya saja pada ukuran normal berat dan tubuh bayi akan berkisar pada angka ini.

Perkembangan lain yang terjadi pada usia pekan ini adalah mungkin pada saat ini anda sudah mulai dapat melihat dan merasakan siku, kaki atau kepala si kecil yang menonjol dibagian perut ketika si kecil bergerak atau saat ia menggeliat.

Tidak lama lagi, apabila dinding uterus atau rahim anda mulai meregang dan menipis anda akan dapat melihat pergerakan si bayi yang mulai stabil setiap harinya. Dengan demikian jangan heran bila mungkin setiap pagi atau setiap malam bayi anda akan mulai menendang, menggeliat, meninju atau bahkan melakukan pergerakan lainnya yang tak terduga.

Pada minggu ini si kecil dalam rahim anda sudah mulai menunjukan perkembangan pada kuku jari ditangan dan kakinya. Bukan hanya itu, perkembangan ini pun seiring terjadi dengan perkembangan organ internalnya yakni tumbuhnya kedua ginjal kecil pada si buah hati yang sudah terbentuk dengan sempurna. Livernya pun kini sudah mulai dapat bekerja untuk mengeluarkan produk sisa dari tubuhnya.

Kini, cairan amnion dalam rahim ibu semakin berkurang jumlahnya dan tubuh si bayi sudah semakin memenuhi ruang dalam rahim. Selain itu perkembangan ukuran tubuh si bayi ini akan mungkin membuat bagian pusar anda semakin menonjol dan membesar. Tak heran bila ketika anda berpakaian maka bagian pusar anda akan terlihat mencolok dan membesar. Namun tak perlu khawatir kondisi ini adalah hal yang wajar yang dialami oleh hampir seluruh wanita hamil.

Bukan saja itu, perkembangan perut yang semakin membesar dan melebar serta tubuh bayi dalam perut anda yang terus berkembang mungkin akan membuat anda merasa sedikit sulit untuk bernapas dan mengalami gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan saat ini bagian atas dari rahim anda letaknya sudah mendekati bagian tulang rusuk anda.

Pada usia kehamilan 35 minggu kini posisi bayi dalam kandungan anda hampir semua atau sekitar 97% kepalanya sudah berada di posisi dibawah dan sisanya pantat atau bokongnya dibawah atau yang bisa kita sebut sebagai posisi sungsan. Perlu diketahui bahwa hampir 99% bayi yang dilahirkan pada usia kehamilan pekan ini sudah mampu bertahan hidup jika dilahirkan dan tanpa masalah serius yang berarti. Hal ini dikarenakan hampir seluruh organ tubuh luar dan dalam pada si bayi sudah terbentuk dengan sempurna.

Perkembangan dan Gejala yang Terjadi dengan Ibu Hamil Usia 35 Minggu

Kehamilan usia 35 minggu atau yang setara dengan bulan ke 8 ini anda akan mengalami beberapa gejala yang mulai menganggu. Hal ini dikarenakan si bayi dalam perut anda ukurannya sudah mulai membesar, terlihat pula pertumbuhan janin yang kaan semakin cepat dan mulai kekurangan ruang gerak dalam perut ibu.

Selain itu tantangan fisik pada usia kehamilan ini akan mulai anda rasakan. Akan tetapi melakukan peregangan, senam, berenang dan olahraga lain yang aman akan dapat membantu merelaksasi tubuh ibu da membuatnya tetap segar serta mengurangi stres.

Bukan hanya itu, gejala-gejala hamil tua yang pada beberapa bulan sebelumnya yang anda rasakan mungkin akan mulai kembali anda alami pada masa ini, seperti halnya sering buang air, insomnia dan juga kelelahan.

Akan tetapi sebaiknya jangan merasa terbebani dengan kondisi-kondisi seperti ini. Sebaliknya cobalah lakukan segala hal yang akan membantu anda merasa lebih baik. Ketika tubuh dan pikiran anda merasa bebas, maka efek samping dari gejala-gejala diatas setidaknya tidak akan terlalu buruk anda alami.

Selain itu jika anda mendambakan mendapatkan kelahiran yang normal untuk si buah hati anda saat ini maka ini adalah saat yang tepat untuk anda dapat mempersiapkannya dengan baik. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk dapat melahirkan dengan normal adalah dengan mulai mengikuti kelas senam hamil yang diadakan di bidan-bidan terdekat dirumah anda.

Biasanya kelas hamil ini akan diadakan setiap minggu dirumah sakit ibu dan anak. Dalam senam hamil pernapasan menjadi faktor utama dalam menentukan keberhasilan persalinan normal juga akan dilatih. Kelas hamil ini akan mulai bisa anda ikuti pada usia kehamilan 7 bulan.

Nah, pada saat mengikuti kelas ini bila pasangan anda sedang tidak sibuk, maka mintalah mereka untuk mendampingi anda. Ikatan yang terjalin bersama dengan pasangan akan membuat anda merasa lebih aman dan lebih nyaman. Sehingga beban pikiran anda akan ketakutan dan kekhawatiran melahirkan akan bisa sedikitnya berkurang.

Demikianlah beberapa penjelasan detail mengenai perkembangan janin usia ke 35 minggu. Semoga informasi diatas dapat memberikan cukup ilmu dan wawasan untuk anda.