Perkembangan Janin Usia 32 Minggu

Usia perkembangan janin dalam kandungan anda kini sudah memasuki pekan ke 32 atau yang dalam hitungan bulan, pekan ini terhitung sudah memasuki bulan ke 8.

Pada kehamilan bulan ke 8, janin dalam kandungan anda mungkin sudah mulai menampakan pergerakan yang cukup aktif seperti halnya menendang, meninju atau bahkan bergerak dengan intensitas yang lebih sering.

Jika pada bulan sebelumnya si buah hati dalam kandungan mengalami pergerakan yang lebih lambat karena berkembangnya lemak dalam tubuhnya, pada pekan atau memasuki bulan ke 8, pergerakannya akan semakin aktif dan mungkin anda sudah mulai menyadari pola pergerakan si buah hati dalam waktu-waktu tertentu. Kini, pada usia pekan ke 32, lemak dalam tubuh si bayi akan tetap berkembang dan menambah energi berat badannya. Itulah mengapa mulai saat ini perkembangan berat tubuhnya akan lebih pesat dibandingkan dengan perkembangan yang terjadi dengan panjang tubuhnya.

Nah, berbicara mengenai perkembangan berat dan panjang tubuhnya, di pekan ini ukuran berat tubuh si bayi sudah mencapai 2,3 kg dan panjangnya sudah sekitar 45 cm. Ukuran berat dan panjang ini tentu akan terus berkembang dan berlanjut sampai nantinya si bayi berada dalam bobot yang pas untuk segera dilahirkan bila hari kelahirannya telah tiba.

Adapun perkembangan mencolok yang terjadi pada usia kehamilan pekan ini adalah perkembangan otaknya yang terjadi dengan begitu pesat. Bayi dalam kandungan anda sudah mulai mengembangkan bagian-bagian otak penting guna memberikannya panca indera yang baik. Perkembangan otak ini akan tentu saja didukung dan ditandai dengan pendengaran dan penglihatan yang lebih baik dibandingkan pekan-pekan sebelumnya.

Bahkan kini, organ internal pada tubuh bayi sudah mulai dapat bekerja dengan baik, hanya saja paru-parunya baru akan dapat matang dan siap digunakan saat si bayi berusia 36 pekan. Meskipun paru-parunya belum terbentuk dengan sempurna, namun si kecil sudah sibuk menghirup cairan amnion dalam perut ibu. Hal ini tentu dilakukannya guna melatih paru-parunya agar bekerja dengan lebih baik. Untuk itulah, meski rupanya bayi anda lahir lebih cpat pada pekan ini, maka besar kemungkinan bayi anda akan dapat bertahan hidup dan berkembang diluar rahim ibunya.

Nah, bila ternyata jenis kelamin bayi yang anda kandung saat ini adalah seorang bayi laki-laki, maka testikelnya akan turun dari bagian perut ke bagian skrotum. Akan tetapi, dalam beberapa kasus ada pula bayi laki-laki yang mengalami perkembangan terlambat dibagian ini, dimana salah satu dari testikelnya belum akan turun kebagian bawah dibagian skrotumnya sampai hari kelahirannya tiba.

perkembangan janin minggu 32

Perkembangan lain yang tak kalah menakjubkan pun terjadi dengan kepalanya. Sebagian bayi pada pekan ini sudah mulai mengembangkan rambut-rambut halusnya. Akan tetapi, perkembangan yang satu ini biasanya berbeda dan tergantung pada hormon si ibu hamil. Beberapa bayi mungkin akan mulai mengembangkan bulu-bulu halus dikepala atau rambut pada saat mereka dilahirkan nantinya.

Selain perkembangan rambutnya, perkembangan lain yang juga terjadi adalah dengan perkembangan kulitnya. Dari hari ke hari dan waktu ke waktu, kulit pada si bayi akan tampak lebih mulus dan lebih halus. Lunago pada tubuhnya pun lama kelamaan akan mulai menghilang dengan perlahan. Kemampuan si bayi untuk menghisap pun akan semakin berkembang dan kini, ia sudah mulai dapat menghisap jempolnya sendiri.

Bila anda bertanya-tanya kapan si janin akan siap untuk dilahirkan, maka jawabannya adalah pekan ini pun si janin akan siap untuk lahir. Hal ini dikarenakan selain perkembangan organ tubuh dan organ internalnya yang sudah mendekati kondisi yang sempurna, kepala si bayi umumnya telah berada dibawah dan membuatnya siap untuk dilahirkan.

Jika rupanya, bayi anda lahir pada pekan ini, maka bisa dipastikan bahwa ia akan dapat bertahan hidup dan berkembang. Semua organnya sudah berfungsi dengan baik, hanya saja paru-parunya yang masih membutuhkan sedikit perkembangan untuk dapat berfungsi secara maksimal.

Perubahan yang Terjadi dengan Ibu Hamil

Sebagaimana meningkatnya pergerakan si buah hati dalam perut anda yang mulai berjalan dengan cukup stabil, maka inilah saatnya anda mulai membenahi asupan gizi dan nutrisi dalam perut anda agar lebih baik. Hal ini tentunya dilakukan dalam rangka mendukung dan membantu perkembangan si buah hati dalam kandungan anda agar tetap sehat dan senantiasa terjaga dengan baik.

Pada usia kehamilan pekan ini, perut anda mungkin akan terlihat bulat penuh dan terlihat lebih besar. Hal ini dikarenakan, pada saat ini bayi anda mulai mengisi seluruh ruang dalam rahim seiring dengan perkembangannya yang muai membesar. Perkembangan ini mungkin memakan dari setengah dari total berat anda berada pada si buah hati yang tengah anda kandung saat ini.

Selain itu, usia kehamilan bulan ke 8 ini pada umumnya akan membuat anda mulai mengalami gejala-gejala hamil yang menggaggu. Hal ini dikarenakan si janin dalam perut ada sudah mulai membesar dan terlihat juga perkembangan si janin dan semakin cepat dan mulai kekurangan ruang gerak didalam rahim ibu.

Tantangan fisik pada bulan ini pun akan mulai anda rasakan. Melakukan peregangan, berenang, senam akan dapat membantu anda lebih tenang dan lebih rileks, selain itu beberapa peregangan ini akan dapat membantu anda untuk mengurangi stres yang dirasakan. Bukan hanya itu, gejala-gejala hamil tua seperti halnya kelelahan, insomnia, sering buang air dan lain sebagainya akan mulai anda rasakan.

Akan tetapi, jangan merasa khawatir atau terbebani dengan kondisi ini. Sebaliknya, mulailah fokus pada bagaimana menemukan solusi-solusi mengatasi kondisi tersebut. Selain itu, menjalin hubungan dan komunikasi yang baik bersama dengan pasangan atau ibu akan membuat anda semakin merasa nyaman dan merasa tenang.

Tidak ada salahnya, mulai menggali informasi tentang bagaimana menjalin kesiapan emosi dan fisik pada saat menghadapi proses persalinan. Selain itu, minta pula pendapat pasangan dan kerabat terdekat ketika anda akan mulai mempersiapkan perlengkapan untuk si buah hati.

Beberapa perencanaan tentang semua perlengkapan dan peralatan si calon buah hati akan menjadi hal yang menyenangkan sekaligus alternative untuk mengatasi stress atau rasa panic menjelang hari kelahiran yang tinggal menghitung minggu.