Perkembangan Janin Usia 31 Minggu

Perkembangan janin dalam kandungan anda kini sudah mencapai usia pekan ke 31.

Yang mana, usia pekan ini tentu akan membuat bayi dalam perut ibu hamil mengalami perkembangan yang cukup pesat dan terus berlanjut sampai usia si janin dalam kandungan memasuki tahap terakhir dan akan siap dilahirkan ke dunia.

Penting untuk diketahui, bahwasanya saat ini anda tidak lagi memanggil buah hati dalam perut anda sebagai janin. Karena kini, gelarnya sudah meningkat menjadi seorang bayi. Hal ini dikarenakan semua organ tubuh dalam bayi beserta dengan organ internalnya sudah terbentuk dengan hampir sempurna.

Selain itu, usia pekan ke 31 pekan atau yang setara dengan masa kehamilan 7 bulan akhir adalah periode yang penting dalam kehamilan. Pada usia ini, usia kehamilan anda sudah masuk dalam tahapan yang cukup matang. Organ-organ vital pada si bayi, seperti jantung dan paru-parunya sudah mulai terbentuk dengan baik dan bekerja dengan semestinya.

Dengan demikian, meski ternyata usia kelahiran bayi anda lebih cepat dibandingkan dengan waktu perkiraan lahir. Akan tetapi, tak perlu khawatir, pada dasarnya si bayi akan tetap bisa lahir kedunia dan dapat bertahan hidup. Hanya saja mungkin, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan pada buah hati anda untuk menentukan apakah si kecil yang lahir lebih dini memerlukan penanganan medis atau tidak.


Video Minggu Ini
Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak.

You must have the Adobe Flash Playerthe Adobe Flash Player installed to view this player.

Video courtesy of Bebeclub.


Waktu usia matang pada masa kehamilan pekan ini seringkali dianggap sebagai momen yang sakral oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yang masih memegang teguh adat dan budaya, salah satunya seperti masyarakat Jawa.

Tahukah anda, di Jawa sendiri usia kehamilan 7 bulan dianggap sebagai waktu yang tepat untuk si ibu hamil dan keluarga untuk mengadakan upacara ritual dalam rangka memanjatkan puji syukur dan meminta ridha dari yang Maha Kuasa agar kehamilan yang dijalani oleh si ibu bisa berjalan dengan baik dan berjalan dengan mudah. Ritual ini seringkali disebut dengan mitoni.

Sementara itu, untuk anda yang tidak menganut budaya dan paham seperti orang-orang Jawa, tidak ada salahnya jika anda memanjatkan puji dan syukur kepada sang Maha Kuasa. Karena betapapun berkah dari Tuhan adalah hal yang akan membuat anda merasa lebih tenang dan lebih nyaman.

perkembangan janin minggu 31

Perkembangan Janin Usia 31 Minggu

Nah, berbicara mengenai perkembangan si buah hati dalam kandungan. Kami memahami betul bahwa antusiasme anda dalam menyambut hadirnya si buah hati di dunia begitu besar. Sehingga bukan tidak mungkin jika pada usia kehamilan pekan ini, anda akan lebih banyak menggali informasi dari berbagai sumber mengenai bagaimana perkembangan si buah hati dalam kandungan anda.

Nah, untuk itulah agar membuat anda tidak melewatkan sedetik pun momen perkembangan si buah hati dalam kandungan. Kali ini kita akan lihat bagaimana perkembangan si bayi dalam perut ibu pada usia pekan ke 31.

Pada saat ini bayi anda bobotnya sudah kurang lebih 1,5 kg dengan panjang tubuh kira-kira 41 cm. Ukuran panjang ini tentunya diukur dari bagian kepala sampai ke bagian kaki. Mulai dari pekan ini, perkembangan panjang tubuh pada si bayi akan sedikit lebih lambat dibandingkan dengan perkembangan bobot tubuhnya yang begitu pesat terus bertumbuh. Akan tetapi, tentunya bobot tubuh ini akan mengalami perkembangan yang terus berlanjut apabila ibu mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh si buah hati.

Pada usia kehamilan pekan ini, pergerakan bayi dalam kandungan anda sedang dalam puncaknya. Si bayi semakin senang untuk terus mengeksplorasi ruang dalam rahim ibu. Tak heran bila ketika ibu memberikan mereka stimulasi, maka mereka akan memberikan respon berupa tendangan, gerakan, pukulan atau bahkan dorongan.

Akan tetapi, adanya pertumbuhan lemak pada tubuh bayi yang mendukung pertumbuhan kulitnya akan mungkin membuat pergerakan si bayi agaknya melambat dari waktu-waktu sebelumnya. Namun tak perlu khawatir, selama ibu masih dapat merasakan pergerakan si buah hati dalam rahim, itu artinya bayi dalam kandungan anda dalam keadaan yang sehat dan baik-baik saja.

Selain itu, pergerakan yang dialami oleh beberapa wanita hamil adalah gerakan si bayi yang seringkali terjadi pada malam hari. Hal ini mungkin akan cukup memberikan dampak pada sebagian ibu hamil dan membuat mereka harus juga terjaga pada malam hari. Akan tetapi, kondisi ini wajar karena mungkin jam tidur si bayi dalam kandungan tidak sama dengan jam tidur anda. Kondisi ini mungkin akan membuat si bayi mulai senang bergerak dan menggeliat karena kini ia tumbuh dengan lebih cepat.

Pada pekan ini pun, bayi anda sudah mulai dapat menggerakan kepalanya dari satu sisi ke sisi lain, organ-organ dalam tubuhnya pun sudah semakin dikembangkan dengan matang dan lapisan lemak dibawah kulitnya terus berkembang. Hal inilah yang tentu membuat kulit si bayi semakin halus dan semakin mulus. Selain itu, lunago pada tubuh si bayi akan lama kelamaan menghilang dan tidak nampak dengan sendirinya. Lunago adalah rambut halus yang tipis yang muncul pada kulit bayi. Rambut-rambut ini akan dapat menghilang beberapa waktu setelah kelahiran bayi.

Mata bayi anda pun sudah mulai berkembang dengan hampir sempurna, bahkan kini matanya sudah mulai dapat fokus pada satu objek. Perkembangan ini tentunya diimbangi dengan perkembangan pada organ lain ditubuhnya, yakni kini paru-paru si bayi mengalami perkembangan yang begitu pesat. Akan tetapi, ia baru akan benar-benar mampu bernapas dengan baik setelah usianya mencapai 36 minggu.

Bukan hanya itu, kadar cairan pada ketuban ibu pun mulai megalami peningkatan. Bayi anda pada masa ini masih menelan cairan dari ketuban dan mengeluarkannya sebagai urine.

Alat kelamin si buah hati pada pekan inipun sudah mulai mengalami perkembangan menuju kesempurnaan. Bila rupanya bayi anda adalah seorang perempuan, maka klitorisnya akan mulai nampak pada usia pekan ini. Sementara untuk laki-laki, terstikelnya mulai turun dari bagian ginjal ke bagian skotrum.

Bayi anda pun mulai berkembang dengan cepat dalam hal berat badan, pertumbuhan berat badannya akan lebih besar dibandingkan dengan ukuran panjang tubuhnya. Pada usia pekan ini pun si bayi seharusnya sudah berada dalam posisi yang benar untuk siap dilahirkan. Otak dan saraf utama pada kepala si bayi sudah mulai dikembangakna dengan baik guna membantunya mempersiapkan kelima indera dalam tubuhnya.

Seiring dengan perkembangan janin dalam kandungan anda, anda pun akan mulai merasakan berbagai tanda dan gejala kehamilan. Akan tetapi, gejala yang dirasakan pada umumnya lebih kepada gejala yang menyenangkan seperti halnya gejala emosional dari pergerakan si buah hati dalam kandungan anda.

Usia pekan ini akan membuat anda semakin menikmati kehamilan anda dan mungkin anda pun akan mulai merencanakan ruang untuk si buah hati dan senang berbelanja kebutuhan si calon buah hati. Untuk itu, tak perlu sungkan untuk meminta saran kerabat atau pasangan ketika anda akan merencanakan membeli perlengkapan untuk si calon buah hati anda.