data-ad-format="auto"

Perkembangan Janin Usia 20 Minggu

Usia kehamilan anda kini sudah memasuki usia ke 20, yang mana ini artinya bulan ke 5 kehamilan sudah mulai anda masuki.

Pada usia kehamilan ini, bukan hanya perkembangan janin yang mulai mengalami banyak perubahan dan pertumbuhan yang pesat. Namun ada banyak hal yang mulai terjadi dengan ibu hamil.

Diusia kehamilan pekan ini, anda mungkin sudah memerlukan pakaian hamil, sebab saat ini perut anda sudah mulai membesar. Bila anda masih penasaran dan belum percaya dengan perubahan perut ini, maka cobalah untuk berdiri di depan kaca dan posisikan berdiri menyamping, kini perut anda akan terlihat buncit dan ukurannya lebih besar dibandingkan dengan anda sebelumnya. Selain itu, anda pun bisa melakukan pengukuran ini dengan menggunakan meteran lingkar (pita meteran). Ketika menggunakan pengukur ini, sebelumnya anda harus memiliki ukuran normal anda, sehingga ukuran tersebut bisa dijadikan pembanding untuk ukuran anda saat ini.

Perkembangan perut yang mulai membesar ini, tentu menjadi kabar gembira untuk anda dan pasangan yang telah menantikan sekian lama kehamilan ini. Untuk itulah, tidak ada salahnya jika anda membagi kabar perubahan ini bersama dengan pasangan, agar ia pun bisa memperhatikan dengan seksama perubahan tubuh anda saat ini.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Selain itu, kabar lain yang tak kalah menggembirakan pada usia kehamilan pekan ini adalah anda telah melewati masa rawan keguguran akibat pendarahan yang bisa terjadi karena faktor kecapekan atau si janin yang belum menempel dengan kuat pada bagian rahim. Hal ini dikarenakan kini si janin sudah menempel di dinding rahim dengan lebih kuat, dengan demikian anda tidak akan menjumpai flek darah yang keluar.

Namun demikian, tetap saja kondisi ini haruslah didukung dengan istirahat dan konsumsi makanan yang bergizi guna membantu kondisi si janin dan ibu hamil agar tetap sehat dan kuat.

perkembangan janin minggu 20

Pada saat usia kehamilan ini, ciri atau tanda kehamilan sudah tak lagi perlu dipertanyakan secara mendetail, sebab pada dasarnya anda sendiri akan mulai menyadari bahwa anda tengah hamil.

Pada umumnya, seorang wanita hail akan mulai menerima kondisi tersebut. Dengan kata lain, kini tubuhnya sudah mulai beradaptasi dengan kondisi kehamilannya, sehingga kini kehamilan yang dijalani terasa lebih bahagia dibandingkan dengan kehamilan sebelumnya. Karena beberapa tanda kehamilan menganggu seperti mual, muntah, lemah dan lain sebagainya yang anda rasakan sudah mulai menghilang dan tak lagi dialami.

Sementara itu, perut sudah mulai terlihat membesar dan bagi orang-orang yang disekitarnya pun mereka akan mulai menyadari bahwa kini anda tengah mengandung tanpa anda harus memberi tahu mereka bahwa anda sedang hamil.

Pada saat inilah, mungkin sudah saatnya untuk anda berbelanja pakaian hamil atau menyiapkan pakaian hamil pemberian dari saudara, teman atau mungkin dari ibu mertua anda, hal-hal seperti inilah yang akan membuat kehamilan anda akan terasa lebih spesial.

Perkembangan Janin Usia 20 Minggu

Selain beberapa perkembangan kehamilan yang akan terjadi pada ibu hamil, perkembangan lain yang juga penting diketahui pada usia ini adalah perkembangan janin dalam rahim anda.

Pada usia ke 20 minggu, sampai saat ini jika diukur panjang si bayi dari bagian kepala hingga ke bagian bokong panjangnya sudah mencapat 26 cm dan berat tubuh pada si bayi terus bertambah dari minggu ke minggunya. Hal ini dikarenakan perkembangan organ pada tubuh bayi yang sudah hampir terbentuk sepenuhnya.

Selain itu, pada masa ini tubuh si bayi sudah dilindungi oleh lapisan lemak yang disebut dengan vernix caseosa. Lapisan inilah yang akan melindungi bagian kulit bayi selama ia berada dalam cairan ketuban. Hal ini juga yang akan memudahkan jalannya kelahiran pada si bayi.

Pada usia pekan ini, si bayi sudah mulai menelan. Hal ini adalah latihan dasar yang dilakukan si bayi untuk melatih bagian sistem pencernaannya. Bayi anda akan lebih banyak menelan. Tubuhnya akan menyerap air dalam cairan ketubannya dan memasukkanya kedalam usus besar. Di ususnya terdapat cairan lengket dari sistem pencernaan. Cairan ini disebut dengan mekonium yang terakumulasi. Yang mana bagian ini akan muncul sebagai buang air besar pertamanya saat ia lahir nanti.

Untuk itulah, guna membantu si janin dalam rahim anda agar mendapatkan asupan nutirisi dan gizi yang cukup, maka ibu hamil harus memastikan bahwa dirinya mendapatkan cukup asupan makanan yang bergizi, termasuk asupan zat besi. Bayi dalam rahim anda akan membutuhkan zat besi dalam pembuatan sel darah merah.

Akan tetapi, pada kenyataannya akan sulit rasanya bagi seseorang bisa mendapatkan asupan gizi dan banyak nutrisi lainnya dengan hanya melahap satu jenis makanan. Untuk itulah, ibu hamil diharapkan bisa lebih selektif dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi.

Salah satu jenis makanan yang menyumbang pemberian zat besi yang banyak dalam tubuh adalah dengan konsumsi makanan seperti daging merah tanpa lemak, daging unggas, ikan, kacang-kacangan, bayam dan juga oat yang dipercaya memiliki kandungan zat besi yang begitu tinggi.

Selain itu, usia kehamilan pada pekan ini sudah semestinya membuat anda mulai menerapkan pola hidup yang sehat dan menghindari segala kebiasaan buruk, seperti halnya merokok, konsumsi alkohol dan lain sebagainya. Beberapa kebiasaan buruk tersebut dampaknya akan fatal pada kesehatan dan perkembangan si buah hati dalam rahim anda. Untuk itulah, segera hentikan semua kebiasaan yang akan membuat anda mempertaruhkan keselamatan si buah hati.

Perubahan dan Gejala Fisik Pada Ibu Hamil

Pada pekan ini, ada beberap perubahan dan gejala fisik yang akan mulai dirasakan oleh ibu hamil. Beberapa gejala dibawah ini sifatnya umum dan sebagian besar wanita hamil merasakan hal yang serupa.

Hanya saja, bila anda merasakan sesuatu terjadi dengan tubuh anda atau anda mengalami rasanya nyeri yang berlebihan dibagian rahim atau bagian area kewanitaan. Maka sebaiknya segera konsultasikan kondisi ini dengan dokter atau bidan. Agar demikian, penanganan yang tepat bisa segera anda dapatkan.

Adapun beberapa perubahan dan gejala yang dirasakan pada usia kehamilan 20 minggu, diantaranya adalah:

  • Pada pekan ini anda akan lebih sering merasakan gerak janin dalam kandungan anda. Yang mana, pada beberapa kasus, sebagian wanita hamil dibuat tidak bisa tidur karena gerak yang terlalu aktif dari si janin dalam rahim.
  • Pada pekan ini anda akan terlihat seperti seorang wanita hamil yang sebenarnya, dimana bagian perut anda sudah mulai membesar dan tali pusar anda akan terlihat menjulang. Hal ini dikarenakan rahim anda sudah berada dibagian tengah.
  • Pada pekan ini, anda akan lebih sering ingin ke kamar mandi untuk buang air kecil. Hal ini dikarenakan ginjal anda bekerja lebih aktif di bulan-bulan kehamilan saat ini.
  • Pada pekan ini, gejala umum wanita hamil masih anda rasakan, sepeti halnya sembelit, sesak nafas, pusing, gusi berdarah dan perubahan di bagian payudara akan semakin nampak jelas. Karena payudara anda sedang mempersiapkan ASI untuk si calon buah hati anda nantinya.

Itulah dia beberapa perubahan dan gejala yang akan dirasakan oleh ibu hamil pada pecan ke 20 usia kehamilannya.

Catatan: Menurut pendapat para ahli, setiap janin yang tumbuh dalam rahim ibu, mengalami perkembangan yang berbeda-beda. Nah, perkembangan janin diatas menggambarkan perkembangan janin secara umum.