Perkembangan Bayi 6 Bulan

Bayi adalah makhluk kecil yang sangat ajaib. Setiap perkembangannya sangatlah unik dan seringkali menjadi perhatian utama oleh para orang tua. Hal ini menjadi yang paling menarik untuk dipahami apalagi pada orang tua baru yang baru pertama kali mengikuti perkembangan buah hatinya. Setiap momen bayi adalah yang paling berharga untuk dipahami dan diikuti. Terkadang para orang tua baru tersebut haruslah memiliki pengetahuan yang luas terutama pada perkembangan bayi 6 bulan yang merupakan awal-awal penyesuaian bagi para orang tua baru akan lahirnya buah hati yang sangat mereka idam-idamkan sebelumnya. Artikel berikut mungkin akan memberikan gambaran pada anda lebih lanjut tentang detil perkembangan pada bayi di usia tersebut.

Jika anda mempunyai bayi berusia kurang dari 6 bulan, berikut kemungkinan yang sedang terjadi pada perkembangan buah hati kecil anda. Pada perkembangan bayi 6 bulan, bayi akan belajar memaksimalkan fungsi jari jemarinya dengan baik. Mereka akan berusaha menggerakkan dengan maksimal organ tangan mereka untuk memegang, mengidentifikasi sekelilingnya dengan kedua tangan yang lengkap denga jari jemarinya yang mungil untuk mengambil sesuatu yang terlihat oleh mata mereka dan mereka tidak segan-segan untuk memasukkan benda-benda tersebut ke dalam mulut mereka untuk membantu proses indentifikasi tersebut. Selain mengambil mereka juga akan berusaha menggenggam, memulkul, memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lainnya.

Selanjutnya, penglihatan mereka juga berkembang dengan sangat baik. Mereka menggunakan matanya untuk mengidentifikasi orang-orang yang ada di sekelilingnya bahkan benda-benda kecil ataupun besar yang ada di sekelilingnya. Dalam hal berbahasa, perkembangan bayi 6 bulan juga menunjukkan jika pada seusia ini, bayi akan mengeluarkan kata-kata yang terdiri dari satu hruf konsonan dan satu huruf vokal seperti pada kata ‘ma’, ‘pa’, ‘na’, etc yang dikeluarkan dari mulutnya dengan nada yang ritmis atau berirama.

Tips

Bisa disimpulkan dari uraian di atas bahwa pada perkembangan bayi 6 bulan, bayi sangat belajar dari sekelilingnya dengan menggunakan inderanya dengan baik. Mereka akan mengekplorasi dengan baik keadaan sekelilingnya yang masih merupakan hal yang baru bagi mereka. dalam hal ini orang tua haruslah memfasilitasi dengan baik perkembangan buah hatinya dengan menyediakan mainan bayi yang sesuai dengan perkembangan bayi 6 bulan ini. Para orang tua bisa membelikan dan juga memberikan mainan berupa mainan yang lembut dan aman untuk digigit dan juga pilihlah mainan yang berbunyi untuk merangsang inderanya yang lain. Selain itu mulailah melakukan kebiasaan untuk membacakan cerita atau dongeng untuk buah hati anda walaupun mereka belum sepenuhnya mengerti dengan cerita yang anda bacakan. Yang paling terpenting adalah orang tua haruslah memberikan stimulus yang baik untuk motorik kasar dan juga motorik halusnya.