Perkembangan bayi 4 bulan sungguh cepat dan menakjubkan. Ada banyak hal baru yang bisa dilakukan oleh bayi anda yang berusia 4 bulan dan ini membuat anda harus lebih perhatian karena dia semakin aktif. Pertanda pertubuhan yang paling pesat yang terjadi pada bayi usia 4 bulan adalah suara dan caranya tertawa. Sang bayi akan lebih sering tertawa dan suaranya juga makin jelas.

Sementara itu tanda-tanda pertumbuhan bayi usia 4 bulan yang lainya adalah seperti kemampuan bayi untuk tengkurap. Bayi anda sudah bisa tengkurap dan saat tengkurap, dia akan berusaha memandang kedepan dengan cara mengangkat kepala dan bahunya dengan bertumpu pada tangannya. Dengan mendongakkan kepalanya, sang bayi bisa melihat kesemua arah dan mengeksplorasi benda-benda disekelilingnya. Selain itu, dengan bertumpu pada tangan, sang bayi juga memperkuat otot-otot tanganya. Setelah bisa mengeksplorasi sekelilingnya dan menemukan benda yang menarik, bayi usia 4 bulan bisa memindahkan diri dengan berguling-guling. Hal ini membantu motoriknya untuk berkembang. Oleh sebab itu, rangsang bayi usia 4 bulan untuk berguling dengan menempatkan benda yang menarik disamping dia agar dia mau berguling. Beri tepuk tangan jika dia bisa berguling dan meraih benda tersebut agar dia mau melakukannya lagi.

Perkembangan bayi 4 bulan juga bisa dilihat dari kesukaan bayi memegang benda dan benda tersebut kadang lepas lagi karena tangan bayi belum bisa memegang dengan erat. Selain itu bayi usia 4 bulan juga sering memasukkan apapun yang dia pegang kedalam mulut. Hal ini sebaiknya diwaspadai karena tidak semua benda yang diraihnya bersih dan bebas kuman. Berikan banyak mainan kepada bayi agar dia aktif dan hal ini akan melatih seluruh otot-otot dalam tubuhnya.

Selain itu, orang tua juga harus jeli dalam mengenali keinginan dan emosi bayi. Bayi usia 4 bulan sudah bisa mengkomunikasikan keinginannya dengan lebih jelas dan orang tua harus bisa lebih jeli memahami keinginan dan kebutuhan bayi. Sang bayi akan berteriak-teriak jika keinginannya tidak terpenuhi. Selain itu, bayi usia 4 bulan juga sudah bisa merasakan emosi orang tua. Jika anda berbicara dengan nada yang agak lebih tinggi maka sang bayi akan terdiam selain itu dia juga sudah mengenali mimik raut muka anda sehingga jika anda menunjukkan wajah yang sedih setiap saat, maka hal itu akan juga mempengaruhi kondisi emosionalnya. Selain itu, dengan lebih banyak mengajak anak bercanda, mengobrol dan bermain, maka secara tidak langsung anda membentuk karakter dia. Setiap interaksi anda dengan bayi usia 4 bulan maka itu akan berpengaruh terhadap perkembangan bayi 4 bulan. Oleh sebab itu, manfaatkan fase ini sebaik-baiknya agar dimasa depan bayi anda menjadi orang yang berkarakter baik.

Tips

Anda sudah bisa mengajari banyak hal dalam fase perkembangan bayi 4 bulan seperti belajar menyodorkan tangan untuk bersalaman dan juga melambaikan tangan. Awasi setiap kegiatan bayi bahkan termasuk saat dia tidur. Saat tidur bayi usia 4 bulan tidak bisa tenang dan bahkan dia bisa terjatuh dari box tempat tidur bayi, oleh sebab itu, naikkan pintu box tidur saat sang bayi terlelap agar tidak jatuh kelantai. Untuk membantu perkembangan motorik, anda bisa membeli berbagai macam mainan yang bersuara untuk menarik minat sang bayi untuk bergerak meraihnya dan menggenggam.

Selain itu, saat yang paling menyenangkan untuk bayi usia 4 bulan adalah saat dia dimandikan. Bayi usia 4 bulan sangat senang mandi karena dia bisa berkecipak didalam air dan membuat suara dan cipratan air. Bisa jadi sang bayi akan menangis saat anda mengangkak dia dari dalam air karena dia belum puas bermain air. Sebaiknya saat bayi mandi, sang ibu harus membersihkan secara bersih dan jangan sekali-sekali ditinggal walau sebentar saja karena akan sangat berbahaya bagi sang bayi.


.>> Diskusikan Topik ini di Forum