Perkembangan Bayi 1 Bulan
 

bayi usia 1 bulanDalam perkembangan bayi 1 bulan pertama, tentunya seorang ibu harus cermat dengan apa yang bayi tersebut lakukan pada masa perkembangan bayi. Secara fisik, bayi akan semakin lama tampak bersih dan kerutan-kerutan dibadannya akan mulai menghilang. Tulang kaki dan tangan mungkin masih terlihat bengkok namun semakin lama akan menjadi lebih wajar. Gerakan-gerakan yang dilakukan bayi pada perkembangan bayi 1 bulan mungkin mencakup kepalan tangan ketika kita meletakkan jari kita ke tangan bayi tersebut, gerakan minor kepala, dan lain sebagainya. Perlu dicermati pula sinyal-sinyal yang berusaha diberikan sang bayi kepada kita terutama pada aspek suara dan tatapan mata bayi tersebut. Seiring bayi anda bertambah usia, semakin berkembang pula cara mereka berkomunikasi.

Pola Bahasa Bayi

Apabila kita membicarakan masa perkembangan bayi 1 bulan pertama berusaha berkomunikasi dengan orang disekitar mereka, kita dapat menjumpai bahwa hal paling dominan yang bayi tersebut dapat lakukan hanya mengeluarkan tangisan. Sebenarnya fungsi tangisan tersebut dapat diinterpretasikan menjadi bermacam makna yang menyangkut apa yang sedang bayi tersebut coba utarakan pada orang disekitarnya terutama pada kedua orang tuanya. Bagi anda para ibu, tentunya anda memilki intuisi lebih bagus guna menginterpretasikan tangisan pada bayi tersebut. Biasanya, pada minggu-minggu pertama, setiap ibu yang telah memiliki bayi sebelumnya seharusnya sudah dapat membedakan jenis tangisan bayi dan makna yang terkandung didalamnya. Apabila kita cermati mengenai tangisan pada bayi yang masih berada pada masa perkembangannya, kita dapat menemukan beberapa pesan yang setiap bayi ingin utarakan. Sebelumnya, mari pahami alasan bayi tersebut menangis. Pada umumnya hal yang sering menjadi alasan utama bayi menangis adalah karena faktor lapar. Seorang ibu harus benar-benar cermat mengenai hal ini karena amat penting untuk selalu memperhatikan kesehatan bayi dengan tanpa pernah melewatkan pemberian ASI pada bayi tersebut. Tangisan pada bayi dapat memiliki arti juga rasa ketidaknyamanan yang sedang dialaminya baik bayi mengaalami kepanasan atau bayi kedinginan. Terkadang, tangisan dapat berarti pula bahwa bayi tersebut memerlukan perhatian lebih seperti sekedar pelukan dan belaian sayang dari orang tuanya. Selengkapnya mengenai hal in ibisa di baca: Memahami Isyarat-isyarat Bayi

Anda sebagai orang tua dari bayi harus selalu memperhatikan kebutuhan komunikasi pada bayi tersebut. Yang dimaksud adalah, anda harus selalu berusaha untuk mengajak bicara bayi meskipun bayi anda belum sepenuhnya memahami bahasa anda. Alasan utama pentingnya interaksi komunikasi ini tentunya guna merangsang otak bayi supaya dapat menangkap banyak kosakata yang nantinya dapat dia gunakan sebagai bahasa ibu guna berkomunikasi. Metode-metode yang dapat anda terapkan juga bervariasi dari secara langsung mengajak berbicara atau juga menggunakan media-media lain seperti kaset tape dan juga buku cerita bergambar dapat juga menjadi strategi yang bagus untuk merangsang komunikasi perkembangan bayi 1 bulan secara lebih efisien.

Akan tetapi, masih banyak para orang tua khususnya para ibu yang masih canggung bagaimana mereka dapat menerapkan strategi komunikasi yang baik kepada bayi mereka. Berikut beberapa tips yang anda dapat aplikasikan untuk mempermudah komunikasi anda dengan bayi anda:

  • Harus natural. Yang saya maksud disini anda harus melakukan komunikasi dengan wajar. Hindari untuk berkomunikasi karena tuntutan peran sebagai orang tua. Namun biasanya para orang tua sudah bisa memahami hal alami berkomunikasi dengan bayi mereka karena mereka memiliki landasan cinta kasih sehingga pasti semua jenis komunikasi seperti ucapan, belaian, dan lain-lain sudah dapat dilakukan secara alami tanpa ada suatu kesulitan.
  • Pembicaraan itu Wajib. Bagi anda khususnya seorang ibu, lakukan pembicaraan dengan bayi sesering mungkin pada kesempatan apapun. Misalnya ketika anda sedang menyusui, anda dapat menanyakan mengenai kenyamanan kepada bayi anda.
  • Pembatasan Kalimat. Biasanya, dengan menghindari pola kalimat panjang dan rumit akan membantu sang bayi lebih cepat tanggap terhadap pembicaraan tersebut. Yang saya maksud adalah anda hanya perlu menggunakan kalimat singkat namun kaya makna dan dapat pula menekannkan suatu kata untuk membuat bayi anda lebih tanggap dalam memahami.
  • Penyalahgunaan Empeng. Kesalahan fatal yang seringkali masyarakat lakukan pada bayi mereka adalah terlalu lama menyediakan empeng bagi bayi tersebut. Faktanya adalah bayi yang sudah terlalu lama menggunakan empeng cenderung memiliki perkembangan bahasa lebih lambat dibanding lainnya.


Pesan tambahan bagi anda khususnya para ibu adalah mengenai fakta bahwa bayi cenderung memiliki kedekatan lebih baik dibandingkan dengan ayah atau orang lain. Sehingga para ibu cenderung memiliki potensi guna mengembangkan kemampuan berbahasa bayi lebih baik. Lakukan kontak fisik secara sering sehingga akan menambah kedekatan baik secara komunikasi maupun batin.


.>> Diskusikan Topik ini di Forum