Penyebab Kutu Air dan Cara Penanganannya

Gangguan kulit yang menyerang seseorang seringkali menjadi masalah yang menjengkelkan.

Betapa tidak, kulit adalah bagian terbesar dan terluar dari tubuh yang memiliki fungsi untuk menutupi semua organ yang ada dalam tubuh. Oleh karenanya, kulit menjadi bagian yang cukup penting dari semua bagian tubuh.

Sayangnya, fungsinya yang menjadi bagian paling luar dari tubuh inilah yang seringkali menimbulkan banyak masalah pada bagian kulit. Selain itu, kulit pun memiliki peranan penting dalam menjaga estetika keindahan tubuh seseorang. Bisa dibayangkan bila tubuh anda tidak dilapisi dengan kulit atau bagian kulit yang dihinggapi dengan masalah. Tentu saja, kondisi ini akan membuat anda risau dan panik dengan masalah yang menyerang anda.

Ya, bukan hanya sehat, kulit yang mulus adalah dambaan untuk semua orang, tak terkecuali dengan para kaum pria. Lewat kulit yang mulus, predikat menawan akan dengan mudah didapatkan oleh seseorang. Dengan demikianlah tak heran bila banyak orang akan melakukan segala hal untuk bisa mendapatkan kulit indah seperti yang telah diimpikan.

Sayangnya, meski sudah dijaga dan dirawat dengan baik dan penuh perhatian, masalah seringkali mengintai dan datang tanpa permisi. Akibatnya seringkali kita kecolongan dengan timbulnya masalah dibagian kulit dengan begitu tiba-tiba. Masalah inilah yang seringkali membuat sebagian orang kaget dan risau dibuatnya.

Oleh karenanya tidak heran bila banyak orang akan langsung dengan siaga menghubungi dokter kulit atau tim kecantikan kulit mereka dengan segera agar masalah yang saat ini tengah mereka hadapi bisa diselesaikan dengan lebih mudah.

Ada cukup banyak permasalahan yang mungkin datang dan menyerang kulit anda. Dari sekian banyak permasalah tersebut, kutu air adalah salah satu masalah gangguan kulit yang paling sering dijumpai. Terutama pada ibu rumah tangga yang hampir sebagian besar waktunya dihabiskan didapur untuk memasak dan mencuci. Kegiatan inilah yang menjadi satu dari sekian banyak faktor yang membuat kutu air bisa muncul dan menyerang mereka.

Untuk sebagian ibu rumah tangga, permasalah kulit yang satu ini bukan hanya mengganggu keindahan dan kecantikan kulit mereka. Namun pada gilirannya kutu air yang sudah menjalar dan menyerang bagian kaki dan tangan, akan tentu saja membuat aktivitas dan rutinitas yang biasa dijalankan sehari-hari menjadi terbatas.

Atau bahkan ada pula sebagian kasus yang dijumpai dimana ibu-ibu rumah tangga yang menderita kutu air terpaksa harus menghentikan kegiatan dan rutinitasnya karena kutu air yang diderita sudah begitu parah sehingga mereka disarankan oleh dokter untuk jangan dulu terlibat dengan kegiatan di air yang akan membuat kulit mereka lembab dan perkembang biakan kutu air akan semakin parah.

Bila sudah begini, apalah bisa dikata selain dari menerima keadaan dengan terpaksa. Mereka tentu saja tidak akan dapat memenuhi kewajibannya melayani anak-anak dan suaminya pada saat mereka harus menyiapkan makan dan mengurus anak-anaknya.

Kondisi seperti ini tentu menjadi kekhawatiran tersendiri untuk para ibu dirumah. Sebab kegiatan mengurus rumah tangga yang terkendala akan mempengaruhi yang lainnya. Bila sudah begini maka mungkin penting sekali dilakukan cara agar bagaimana kutu air yang diderita oleh banyak pasien bisa segera diobati.

Selain itu, kepedulian seseorang terhadap kondisi kesehatannya adalah hal penting yang harus dipupuk sejak dini. Sebab pada sebagian kasus, tidak sedikit orang yang menderita kutu air mengabaikan kondisi yang mereka alami dengan alasan bahwa kondisi tersebut adalah hal yang biasa dan bukanlah kondisi yang berbahaya.

Selain itu, anggapan bahwa kondisi kutu air adalah bagian dari resiko sebagai ibu rumah tangga sepertinya harus diluruskan dan diperbaiki. Setiap penyakit yang timbul memang menjadi bagian dari resiko sebuah gaya hidup yang dilakukan. Akan tetapi, membiarkan demikian sebuah penyakit yang menyerang tentu bukanlah tindakan yang bijak. Sebab sebarapa besar atau kecilnya sebuah masalah akan besar dampaknya apabila tidak segera diatasi dari sejak dini.

Demikian pula dengan kutu air yang menyerang seseorang. Nah, sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana penanganan terhadap kutu air, mari kita simak terlebih dahulu apa itu kutu air, apa saja penyebabnya, bagaimana gejalanya dan seperti apa penangananya dibawah ini.

kutu air


Kutu Air

Kutu air adalah infeksi menular dan dapat menyebabkan ruam, kulit pecah-pecah, gatal-gatal, mengelupas dan bahkan dapat menyebabkan nyeri dibagian kaki. Dengan mengetahui penyebab kutu air, serta cara penanganan terhadap kutu air diharapkan akan membantu anda mengatasi masalah yang satu ini.

Kutu air adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur, maka dari itu kondisi ini disebut pula dengan "tinea pedis". Kuman dan bakteri memang lazim tumbuh dan hidup dibagian kulit kita dan biasanya kondisi ini tidak menimbulkan masalah. Akan tetapi terkadang, jamur ini menyerang kulit dan dapat menyebabkan infeksi timbul dibagian tersebut.

Beberapa faktor yang menyebabkan jamur berkembang biak dengan berlebihan dan akhirnya kondisi ini dapat menginfeksi bagian kulit, yakni jamur ini cenderung senang dengan lingkungan kulit yang lembab, hangat dan juga pengap. Dengan demikianlah kutu air sering kita jumpai dibagian sela-sela jari kaki.

Infeksi jamur yang menyebabkan kutu air dapat menyerang siapa saja yang seringkali berjalan atau melakukan aktivitas dengan melibatkan kaki namun tidak mengenakan alas kaki. Seperti misalkan berjalan di lantai yang basah atau lembab, yakni kamar mandi atau ruang ganti.

Gejala Kutu Air

Sebelum kondisi kutu air menjalar menjadi kondisi yang besar dan menyebabkan serangkaian gangguan kulit yang cukup menyiksa. Kondisi ini selalu muncul dengan ditandai beberapa hal. Nah, untuk anda yang mungkin penasaran seperti apa saja gejala-gejala yang dimunculkan pada saat kutu air akan menyerang, mari simak dibawah ini.

  • Kuku menjadi tebal dan mungkin berubah warna
  • Jika sudah demikian biasanya akan terasa perih, nyeri, terutama ketika kena air
  • Kulit tampak kemerahan dan gatal
  • Lepuh pada kaki bisa berkerak atau menjadi borok
  • Kulit kaki atau telapak kaki retak, mengelupas sering terdapat pada sela-sela antar jari kaki atau lipatan jari kaki. 

Kutu air juga dapa menyebar ke bagian telapak kaki, ketiak, pangkal paha dan bagian tangan terutama bila anda menggaruk daerah yang terinfeksi dan kemudian menyentuh bagian lain. Maka demikian bagian tersebut akan lebih mudah terinfeksi. Untuk itu, maka sebaiknya hindari menggaruk bagian yang terkena kutu air, apalagi pada saat yang bersamaan anda meletakan tangan atau jari-jari yang digunakan untuk menggaruk lalu menempatkannya pada bagian lain ditubuh anda.


Penyebab Kutu Air

Jamur adalah penyebab kutu air yang paling umum. Adapun jenis yang menginfeksi kulit dan menimbulkan kutu air adalah jamur yang sama yang menjadi penyebab kurap. Seseorang akan lebih sering terserang  dan terkena kutu air apabila mereka cenderung mengenakan kaus kaki yang basah atau lembab pada saat bekerja.

Kondisi lembab dibagian kaki dan tertutupi dengan kulit pada sepatu, akan membuat jamur lebih mudah berkembang biak dan akibatnya menginfeksi bagian kaki dengan lebih cepat. Resiko lain yang dapat meningkatkan kondisi kutu air menyerang adalah ketika berkeringat banyak, memakai sepatu plastik berlapis atau mengalami cedera kuku dan kulit.

Penyebaran kutu air akan dapat terjadi dengan mudah dan cepat. Seseorang yang tidak mengalami masalah jamur dan kutu air bisa saja terkena kutu air dengan mudah pada saat ia menginjakan kakinya bersama dengan penderita kutu air dengan media yang sama seperti air. Misalkan, seseorang yang sudah memiliki kutu air dan lantas orang tersebut berjalan tanpa mengenakan alas kaki, maka orang lain pun akan dapat terinfeksi dengan jamur yang menyebar sebab ia pun berjalan dengan tanpa mengenakan alas kaki pada lantai yang sudah terkontaminasi.

Dengan demikian pula, apabila anda mengenakan kaus kaki, handuk atau sprei bersama dengan penderita kutu air, maka bukan tidak mungkin anda akan dengan mudah terinfeksi dengan jamur penyebab kutu air.

Cara Mengobati Kutu Air

Selain beberapa gejala seperti gatal, ruam pada kaki dan kaki yang pecah-pecah. Bau tidak sedap pun seirngkali menjadi hal yang mengganggu dari dampak kutu air yang dialami. Kondisi inilah yang akan pula membuat seseorang merasa tidak nyaman dengan kondisi kutu air yang dialaminya.

Kutu air yang tidak kunjung diobati akan dapat menyebar kebagian tubuh lainnya. Untuk itulah penting sekali mengatahui cara tentang bagaimana menangani dan mengobati kutu air yang dialami saat ini. Sebenarnya ada cukup banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kutu air, mulai dari melakukan perawatan sederhana dirumah, diatasi dengan jalan obat-obatan yang banyak dijual bebas di apotek sampai dengan menyerahkan metode pengobatan ke dokter. Untuk mengetahui apa saja pengobatan yang dapat dilakukan untuk penderita kutu air, maka mari simak beberapa hal dibawah ini.

Pengobatan Kutu Air Dirumah

Beberapa cara yang dapat dilakukan dirumah untuk pengobatan kutu air umumnya adalah metode yang melibatkan pemanfaatan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita. Untuk mengetahui bahan apa saja yang bisa digunakan mari simak dibawah ini.

  • Air Garam

Bahan yang satu ini adalah bahan yang mudah ditemui dan dibuat dirumah dengan sederhana. Garam adalah bumbu masakan umum yang hampir semua orang memilikinya didapur. Selain sebagai bumbu penambah rasa, bahan yang satu ini pun ampuh dalam membunuh jamur penyebab kutu air yang menjengkelkan.

Kandungan zat anti-jamur yang terkandung dalam garam membuatnya menjadi bahan sederhana yang ampuh mengatasi kutu air. Selain itu, sifat antibakteri yang dimiliki oleh garam akan membuat kutu air yang menyerang bagian tubuh akan efektif diatasi dengan bahan yang satu ini.

Untuk menggunakan garam sebagai obat anti jamur anda bisa melakukannya dengan menyiapkan sebanyak satu baskom atau satu ember air hangat, sebaiknya tidak terlalu dingin. Setelah itu masukkan sebanya 4-5 sendok makan garam kedalam air tersebut dan aduk-aduk sampai semua bahan tercampur secara merata. Kemudian masukkan bagian tubuh yang terserang kutu air kedalamnya, seperti misalkan merendam kaki dan tunggu selama kurang lebih 15-20 menit saja.

Bila metode ini dilakukan secara rutin dan teratur, maka khasiat dari air garam sebagai pembunuh kutu air akan bisa anda rasakan.

  • Bawang Putih

Satu lagi bumbu dapur yang rupanya cukup efektif menjadi obat kutu air, yakni bawang putih. Kandungan yang banyak dan manfaat yang besar dalam bawang putih membuatnya tidak hanya ampuh dijadikan obat anti kutu air, namun juga ampuh dalam mengatasi beberaa penyakit. Sementara itu, kandungan antibiotik yang ada didalam bawang putih membuatnya amat baik untuk dijadikan obat anti kutu air dan dapat bekerja dalam membasmi jamur dan kuman dengan baik.

Cara kerjanya adalah dengan mengiris bawang putih dan gosok-gosokan pada bagian area kaki yang terserang dengan kutu air. Lakukan cara ini dengan berulang dan gunakan dengan rutin sampai kutu air menghilang. Selain itu, hindari terlalu banyak berada di air apalagi tidak menggunakan alas kaki yang akan memperparah kutu air yang dirasakan.

  • Rendam Kaki

Cara lain yang sederhana dan dapat dilakukan dirumah adalah dengan merendam bagian kaki yang terkena dengan kutu air yakni dengan menambahkan minyak pohon teh kedalam air rendaman. Lalu campur pula air tersebut dengan menggunakan garam dapur. Bahan yang satu ini akan dapat membantu membunuh dan mencegah penyebaran jamur penyebab kutu air kebagian tubuh lainnya.

Cara yang bisa dilakukan untuk merendam kaki dengan bahan diatas adalah dengan mengisi bak dengan menggunakan air hangat. Lalu masukkan kedalam air sebanyak 3 sendok makan garam dan juga 1 sendok makan minyak pohon teh.

Setelah direndam, gunakan batu apung untuk menghilangkan kulit mati dan kapalan pada kaki. Hati-hati pada saat menghapus bagian kulit yang bersisik yang ada dibagain sekitar kuku kaki dan diantara jari kaki. Lakukan metode ini dengan lembut agar jangan sampai kulit anda terluka.

Setelah selesai, silahkan keringkan bagian kaki dengan menggunakan handuk dan lap dengan menggunakan lap bersih yang kering.


Pengobatan Kutu Air dengan Obat

Saat ini sudah banyak obat-obatan yang dijual bebas di apotek tanpa harus menggunakan resep dari dokter beberapa jenis obat yang bisa dikenakan adalah obat anti jamur atau dengan menggunakan hidrokortison.

Untuk menggunakan obat-obatan pada bagian kutu air bisa dilakukan dengan mencuci bersih bagian kaki dan lap dengan menggunakan handuk yang lembut sampai kering. Setelah itu, oleskan salep yang dibeli dari apotek pada bagian kulit yang terkena kutu air.

Selain itu, aplikasikan salep sekitar 3 cm pada kulit normal yang ada disekitarnya, agar penyebaran jamur dan bakteri tidak menjalar terlalu jauh hingga kebagian tubuh yang lainnya.

Pada saat mengaplikasikan bahan in sebaiknya pastikan tangan anda bersih. Tangan yang kotor atau tercemar malah akan memperburuk kondisi kutu air yang dirasakan.

Demikianlah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan mengobati kutu air. Kondisi kutu air yang menyerang bagian kaki seringkali menjadi gangguan yang begitu menyiksa. Belum lagi, kondisi ini seringkali membuat bagian kulit menjadi rusak. Akibatnya kita seringkali merasa tidak percaya diri pada saat berkumpul bersama dengan orang lain dalam keadaan kaki atau tangan yang terbuka.

Dengan demikianlah, mencari solusi bagaimana mengatasi kutu air agar segera sembuh dan hilang adalah hal yang penting untuk dilakukan sejak dini. Demikian, semoga artikel diatas bermanfaat dan bisa menambah ilmu dan wawasan kita semua. Sampia jumpa pada pembahasan yang lainnya. 

loading...

Follow us