Penyebab Kutil, Gejala dan Cara Menanganinya

Mendengar nama kutil, anda mungkin sudah cukup familiar dengan nama penyakit yang satu ini.

Ya, penyakit yang timbul dibagian kulit dengan munculnya benjolan kecil seperti terdapat rongga akar didalamnya ini, adalah sebuah penyakit kulit yang mengganggu. Bukan karena tingkat kesakitannya yang besar yang dapat dirasakan oleh si penderita, karena pada dasarnya gangguan kulit yang satu ini tidak menimbulkan rasa sakit yang berlebihan seperti pada penyakit kulit lainnnya. Akan tetapi, daerah yang diserang pada bagian tubuh yang seringkali dihinggapi oleh kutil adalah bagian-bagian yang terlihat dan terbuka. Sehingga demikian, ketika bagian ini biasa anda perlihatkan, namun dengan tumbuhnya kutil dibagian tersebut maka mungkin anda akan merasa enggan untuk tampil terbuka dengan percaya diri yang besar.

Sebaliknya, kondisi ini mungkin akan membuat anda terpaksa menutup bagian tersebut dan mengurungkan niatan anda untuk memakai pakaian indah dengan memperlihatkan lengan yang terbuka atau pada saat mengenakan alas kaki yang terbuka. Pada akhirnya kondisi ini akan tentu saja membatasi anda pada saat bersama dengan orang lain.

Nah, kondisi ini tentu saja tidak diinginkan oleh siapa saja bukan? Terlebih lagi, orang-orang yang menderita kutil kerap kali mendapatkan pandangan yang buruk dari orang lain perihal kepiawaiannya dalam menjaga kebersihan kulit. Mereka yang tubuhnya ditumbuhi dengan kutil, seringkali dianggap tidak bersih dan tidak pintar dalam menjaga kesehatannya.

Meskipun anggapan ini tidak selamanya dibenarkan, karena sebagian besar penyakit kulit tidak melulu disebabkan oleh faktor tersebut. Akan tetapi, anggapan ini sudah terlanjur melekat pada diri masayarakat. Sehingga mau tidak mau, kitalah yang harus mampu mencegah dan melakukan upaya agar terhindar dari ancaman kutil yang sewaktu-waktu bisa menyerang kapan saja.

Tumbuhnya kutil seringkali menyerang beberapa bagian tubuh yang terbuka seperti halnya pada tangan, jari-jari kaki dan tangan, kaki dan bagian lainnya. Kondisi ini bila terjadi pada anda, khususnya untuk para wanita, maka mungkin akan menjadi mimpi buruk. Apalagi kulit yang dimilikinya adalah kulit mulus yang didapatnya dengan banyak pengorbanan dan kerja keras.

penyebab kutil gejala

Tak terbayangkan rasanya saat anda sudah bekerja dan mati-matian untuk mendapatkan kulit yang indah dan mulus, namun seketika tanda-tanda kutil menyerang dan tumbuh benjolan dibagian tersebut, maka mungkin anda akan panik dengan kondisi yang seperti ini.

Nah, bila sudah begini seseorang mungkin akan kelabakan mencari cara bagaimana mengatasi masalah kutil yang menyerangnya saat ini. Mesi sebagian besar orang sudah paham betul bagaimana mengatasi kutil yang menyerang sehingga dapat dihilangkan, akan tetapi sebagian lain rupanya masih kebingungan menangani timbulnya benjolan-benjolan kecil yang ada pada tubuhnya. Alhasil, kesalahan penanganan ini seringkali menimbulkan masalah dan malah ada yang sampai kutil tersebut menjalar kebagian tubuh lainnya dengan cepat.

Untuk itulah, sebelum kita bahas lebih jauh mengenai apa penyebab kutil, bagaimana gejalanya dan seperti apa penangannya. Terlebih dahulu mari kita samakan persepsi kita mengenai apa itu kutil dibawah ini.


Apa Itu Kutil?

Kutil adalah sebuah gangguan kulit yang terjadi akibat adanya benjolan yang timbul dibagian permukaan kulit. Benjolan ini adalah sejenis tumor jinak yag menyerang bagian kulit. Adapun penyebab timbulnya kutil bisa menyerang adalah karena adanya virus yang menginfeksi yakni virus Human Papilloma Virus (HPV).

Infeksi kulit ini dapat menular pada orang lain atau pada diri sendiri dan penyebarannya terbilang cukup mudah apabila bersentuhan secara langsung dengan kulit yang terinfeksi. Terlebih lagi apabila orang tersebut memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah, maka peluang untuk tertular dengan jenis penyakit kulit ini akan lebih besar.

Selain orang-orang dengan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang rendah, anak-anak dan remaja pun beresiko meningkatkan penyebaran kutil dengan lebih rentan.

Virus yang menyerang lapisan kulit ini membuat produksi keratin atau protein keras menjadi meningkat pesat sehingga melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Perlu diketahui, kelebihan keratin yang ada dalam bagian kulit yang menumpuk pada beberapa bagian lapisan kulit akan terbentuk menjadi kutil.

Kondisi gangguan kulit yang satu ini memang dapat dihilangkan dalam beberapa bulan, akan tetapi ada pula penderita yang mengalami kondisi ini sampai bertahun-tahun lamanya. Menggunakan barang-barang pribadi secara bergantian seperti misalkan handuk, pisau cukur dan lain sebagainya akan memberikan peluang lebih besar untuk tertular dengan kutil.

Siapa saja beresiko terkena dengan kutil, tak perduli usia, ras atau suku bangsa semua orang akan dapat beresiko terkena dengan gangguan kulit yang satu ini. Akan tetapi, resiko penyakit ini lebih banyak dijumpai pada anak-anak dan remaja dibandingkan dengan orang dewasa. Penyebaran kutil bisa tumbuh pada beberpa organ tertentu dalam tubuh, akan tetapi bagian yang lebih rentan terkena dengan gangguan ini diantaranya adalah tangan, kaki, wajah dan bahkan ada pula kutil yang tumbuh dibagian genital (kelamin).

Gejala Timbulnya Kutil

Sama halnya dengan penyakit lainnya yang menyerang tubuh, sebuah penyakit akan timbul dan menyerang dengan munculnya tanda-tanda sebelum penyakit tersebut berubah menjadi penyakit berbahaya yang harus segera mendapatkan pertolongan. Begitu pula halnya dengan kutil, sebelum gangguan ini timbul pada kulit dan berubah menjadi benjolan yang membesar, ada tanda-tanda atau ciri yang mengawali tumbuhnya kutil pada kulit.

Ketika kutil hendak tumbuh, pada umumnya bentuk kutil menonjol keatas seperti bulatan yang memiliki permukaan kulit yang kasar, kendati demikian adapula kutil yang berbentuk pipih atau tertekan ke dalam kulit. Diameter kutil umumya bisa berkisar antara 0,1 sampai dengan 1 sentimeter dan terletak pada bagian-bagian tubuh tertentu seperti halnya kaki, jari, wajah dan juga bagian tangan.

Ada kutil yang menimbulkan perasaan sakit dan adapula kutil yang tidak menimbulkan perasaan sakit yang berlebihan.

Kutil merupakan sebuah kondisi gangguan kulit yang tidak bersifat kanker dan mudah dikenali hanya dengan melihatnya secara langsung. Hal tersebut dikarenakan tampilannya yang khas. Dengan demikian akan cukup mudah untuk seseorang mengenali timbulnya kutil pada bagian kulitnya.

Meskipun kondisi ini umumnya tidak berbahaya, akan tetapi tetap saja hal ini akan mampu merusak keindahan tubuh seseorang, terutama bila daerah tubuh yang diserang dengan kondisi ini adalah bagian yang terbuka seperti halnya wajah. Kondisi ini tentu saja akan menghilangkan nilai estetika pada wajah anda sehingga rasanya akan kurang enak untuk dipandang. Untuk itulah, penting sekali segera melakukan penanganan terhadap kondisi ini.

Ada cukup banyak hal yang dapat dilakukan untuk menangani kondisi tersebut. Baik dengan melakukan perawatan dirumah atau dengan melakukan pengobatan dengan cara medis. Akan tetapi pada umumnya, pengobatan yang dilakukan akan bergantung pada jenis kutil yang dialami. Untuk itu, mari kita simak terlebih dahulu jenis-jenis kutil yang perlu diketahui.


Jenis-Jenis Kutil

Kutil Datar

Jenis kutil yang satu ini penyebabnya dipicu akibat infeksi virus jenis HPV tipe 3 dan 10. Yakni yang berbentuk papula keratosis minimal. Dan sedikit agak meninggi yang biasanya ukurannya kurang lebih mencapai 3 mm. Sementara itu, warna yang mungkin ditimbulkan dari jenis kutil yang satu ini sebenarnya cukup bervariasi dari warna merah muda sampai dengan warna kecokltan.

Selain itu, umumnya jenis kutil yang satu ini biasanya muncul secara profus dibagian wajah, lengan, dorsum tangan dan juga pada bagian lutut.

Dan penyebaran dari lesi multipel yang terjadi sepanjang garis trauma kulit yang merupakan suatu tanda diagnostik yang berguna. Lesi ini bisa saja menyebar kedaerah janggut dan juga kedaerah kulit kepala.

Kutil Genital

Kutil jenis ini penyebarannya dibagian kelamin dan penyebabnya adalah dipicu akibat adanya serangan virus HPV tipe 6, 11, 16 dan juga 18. Dan umumnya kondisi ini terjadi akibat perilaku seks bebas yang biasanya dilakukan oleh si penderita.

Kutil jenis ini harus segera ditangani oleh tim medis, sebab umumnya kondisi ini berbahaya dan dapat menyebabkan penyumbatan matus uretra atau juga introitus vagina, karena letaknya dibagian lipatan, lesi ini bisa menjadi basah dan tergesek.

Kutil Plantar

Jenis kutil yang satu ini akibatnya disebabkan oleh adanya virus jenis HPV tipe 1 dan baisanya timbul warna kemerahan dibagian permukaan telapak kaki. Karena adanya tekanan berat yang membuat bagian ini tertekan dengan beban yang berat yang terjadi secara berkala. Selain itu, jenis kutil yang satu ini kemungkinan dapat menimbulkan perasaan sakit yang cukup luar biasa.

Pengobatan Kutil

Meski sebagian besar kasus kutil dibiarkan membaik degan sendirinya, akan tetapi pengobatan tetap harus dilakukan apabila kutil telah menyebar kebagian tubuh lainnya, mulai menimbulkan perasaan sakit dan menyebabkan pendarahan yang besar. Kondisi-kondisi seperti ini umumnya dapat menimbulkan infeksi dan menjadi indikasi bahwa terjadi sesuatu dengan penyakit kutil yang dialami oleh anda. Untuk itu, sebaiknya periksakan dan konsultasikan kondisi ini pada tim medis.

Pada dasarnya, cepat atau lambatnya penyembuhan kutil yang menyerang seorang penderita akan tergantung kepada kemampuan sistem kekebalan tubuhnya itu sendiri. Sebagian besar kutil akan dapat hilang dengan sendirinya tanpa harus mendapatkan pengobatan intens atau diberikan obat-obatan dari resep dokter. Penyembuhan ini umumnya akan dapat berjalan dalam rentan sampai waktu dua tahun lamanya.

Sebelum pergi ke dokter, ada baiknya terlebih dahulu lakukan penanganan sederhana yang bisa dilakukan dirumah. Pengobatan kutil sendiri umumnya dapat dilakukan seperti memberikan perekat atau obat kutil yang mengandung asam salisilat yang dapat digunakan tanpa harus menggunakan resep dokter.

Selain itu, cara lain yang dapat dilakukan untuk mengobati kutil adalah dengan menghindari penularannya. Jangan coba-coba memegang kutil sendiri atau orang lain karena penasaran. Jangan pula memakai barang-barang miliki pribadi dan berbaginya dengan orang lain, bila berjalan di tempat yang lembap atau basah, sebaiknya upayakan menggunakan alas kaki.

Jagalah kesehatan diri terhadap iritasi dibagian telapak kaki seperti halnya tergores atau terluka. Bila terjadi, upayakan untuk mendapatkan perawatan dengan segara karena akan memudahkan virus masuk dibagian kulit yang terititasi.

Kulit juga sebenarnya bisa dihilangkan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada dilingkungan sekitar kita, seperti misalnya dengan menggunakan cuka. Bahan masakan yang satu ini digadang-gadang mampu menghilangkan benjolan kutil yang dialami. Cuka memiliki kandungan bahan yang dapat merusak jaringan pertumbuhan kutil dan menghentikan penyebarannya. Hanya dengan meneteskan cuka pada kapas dan mengoleskannya pada bagian permukaan kutil, lalu diamkan selama kurang lebih 2-4 minggu saja kutil akan dapat menghilang dan melepas dengan akar-akarnya.

Bahan lain yang juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutil adalah sabun colek dan deterjen. Kedua bahan ini hanya perlu dicampurkan dengan takaran perbandingan 1:1. Ketika dioleskan dengan menggunakan korek kuping kapas diharapkan kutil akan dapat mengering dan akhirnya bisa lepas dengan sendirinya.

Bukan hanya bahan tersebut, daun dewa pun dapat menghancurkan jaringan pertumbuhan kutil dan menghancurkannya dengan lebih alami. Begitu pula dengan biji jali, bahan ini bisa digunakan dengan merebus sebanyak 6 gelas air dan dikonsumsi sebanyak 2 gelas dalam 1 hari. Untuk melakukan cara-cara alami yang bisa dijalankan dirumah, ada baiknya anda melakukannya dengan rutin. Agar manfaat dari bahan-bahan tersebut bisa lebih efektif dirasakan.


Pengobatan Kutil Oleh Tim Medis

Pada saat anda memutuskan untuk megobati kutil dengan bantuan tim medis, maka umumnya ada beberapa cara yang akan dilakukan oleh dokter. Selain itu, dokter akan memberikan anda beberapa pertanyaan guna memperkuat diagnosis yang akan diberikan. Berikut ini ada beberapa hal yang akan dilakukan ketika mengobati kutil ke dokter:

Pada tahapan awal, dokter akan menanyakan anda mengenai gejala-gejala lain yang mungkin dialami pada kutil yang tumbuh dibagian tubuh. Seperti misalkan apakah kutil yang dialami menimbulkan rasa sakit, gatal atau gejala lainnya. Pertanyaan ini dibuat guna menentukan jenis dan penyebab kutil yang dialami.

Pengobatan yang akan dilakukan umumnya akan tergantung dari letak, jenis dan juga berat serta sudah berapa lamakah kutil yang diderita oleh si pasien.

Pada veruka vulgarin, umumnya kutil akan dapat sembuh dengan sendirinya selama kurun waktu 2 tahun. Meskipun kemungkinannya kecil, dokter bisa saja meawarkan anda metode pengobatan yang lebih cepat dengan cara pengangkatan kutil yang diderita.

Untuk membantu mempercepat pengobatan terhadap kutil agar benjolan yang dialami bisa cepat menghilang, maka metode yang aman dan cepat yang akan dilakukan adalah dengan memberikan larutan yang dioleskan pada bagian kutil kemudian ditutup dengan plester yang memiliki kandungan asam salisilat serta asam laktat guna membunuh jaringan kutil agar tidak menyebar dan tumbuh menjadi lebih besar ukurannya.

Selain itu, biasanya kutil akan dapat dibekukan dengan menggunakan cairan nitrogen dan pembekuan ini biasanya dilakukan secara berulang-ulang guna seluruh kutil dapat menghilang secara keseluruhan.

Bukan hanya itu, pengobatan lain yang dilakukan oleh tim medis adalah elektrodesikasi atau pengobatan dengan menggunakan sinar laser yang bertujuan untuk menghancurkan jaringan kutil. Akan tetapi metode pengobatan ini dapat mengakibatkan terbentuknya jaringan parut pada kulit.

Demikianlah beberapa hal yang dapat dijelaskan dari gangguan penyakit kulit kutil. Pada dasarnya gangguan penyakit ini akan membuat si pendrita tidak nyaman dengan kondisi yang dialami. Untuk itulah, pengobatan yang lebih cepat akan membuat kondisi si pasien menjadi lebih baik. Kutil memang dapat sembuh dengan sendirinya, akan tetapi bila kondisi ini sudah menjalar dan menyebar sebaiknya segera konsultasikan masalah ini dengan tim medis atau dokter. Dengan begini, penganan yang lebih tepat terhadap penyakit kutil akan bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Semoga artikel ini memberikan cukup informasi dan bermanfaat untuk anda dan kita semua. 

Follow us