data-ad-format="auto"

Penyangga Perut Ibu Hamil, Pentingkah?

Kini kehamilan telah ditunjang dengan peralatan yang akan membuat anda nyaman, sebut saja maternity belt atau penyangga perut khusus ibu hamil. Kehadiran alat ini diharapkan akan membantu anda dalam merasakan kenyaman ketika perut semakin membesar apalagi pada trimester kedua dan ketiga, sehingga ibu dapat melakukan aktivitas tanpa harus merasakan tergangguanya dengan rasa yang menarik di area panggul dan punggung.

Kehadiran Maternity belt menimbulkan opini yang berbeda di masyarakat, tidak semua menerima kehadiran alat yang membantu menyangga perut di usia kehamilan yang semakin tua. Untuk dapat menilai penting atau tidak pentingnya menggunakan penyangga perut selama kehamilan, kali ini tim bidanku.com akan memberikan pengetahuan seputar alat yang membantu kehamilan anda ini, maternity belt.

Penting atau tidaknya menggunakan maternity belt disesuaikan dengan kondisi kehamilan anda, apabila memiliki peranakan minyak atau lemah maka mungkin dirasakan memiliki manfaat akan tetapi perhatikan pula cara menggunakannya, jangan sampai anda ingin membuat kondisi yang nyaman justru membuat perut anda sesak dan membuat kulit perut bermasalah.

Kenali penyangga perut sesuai dengan usia kehamilan :

1.    Belly Belt

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Penggunaan belly belt cocok untuk usia kehamilan trimester pertama dikarenakan rancangan dari belly belt merupakan perpanjangan dari lingkar pinggang pada celana panjang umum digunakan untuk membuka bagian resleting sehingga pada bagian kanan dan kirinya terdapat pengait untuk membuka celana panjang.

2.    Maternity Belt

Tidak jauh beda dengan belly belt, penyangga perut mirip dengan ikat pinggang yang memiliki bantalan di bagian depan, menggunakan bahan yang elastis sehingga dapat melar mengikuti ukuran perut yang semakin membesar.

3.    Maternity girdle atau prenatal cradle

Berupa penyangga khusus ibu hamil, berbeda dengan maternity belt yang umum seperti ikat pinggang sedangkan maternity girdle digunakan seperti celana. Dapat digunakan ketika kehamilan anda memasuki usia trimester kedua dan ketiga.

4.    Support Harness

Sedangkan support harness merupakan penyangga yang lebih banyak diminati oleh ibu hamil dikarenakan dapat menyangga pinggul dan panggul sekaligus, hal ini yang dirasa oleh ibu hamil lebih aman dan nyaman.

Penyangga perut memang bukan peralatan yang wajib digunakan ketika anda sedang hamil akan tetapi apabila anda mendapatkan kondisi kehamilan sebagai berikut sebaiknya anda mempertimbangkan untuk menggunakannya :

1.    Sedang dalam kehamilan kembar. Pada usia akhir trimester kedua, penahan ini membantu punggung dan area panggul yang merasa terbebani apalgi bagi anda yang sedang menjalani kehamilan kembar.

2.    Ibu hamil yang sering mengeluhkan nyeri punggung. Bagi anda yang seringkali merasakan nyeri pada bagian punggung sehingga menghambat aktivitas anda sebaiknya anda menggunakan maternity belt.

3.    Demi keamanan aktivitas selama usia kehamilan trimester ke dua-ketiga, meskipun pada dasarnya aktivitas harus anda batasi akan tetapi kegiatan yang tidak membutuhkan waktu lebih dari tiga jam dapat menggunakan alat ini.

4.    Seringkali mengalami keluhan nyeri pada bagian tulang belakang bagian bawah yang membuat perasaan kesemutan, kram dan sakit pada bagian tangan yang membuat postur tulang belakang dan leher tidak membuat anda nyaman.

Ketika akan menggunakan maternity belt sebaiknya anda mempertimbangkan beberapa hal diantaranya adalah ketika anda memasuki usia kehamilan pertama dapat disesuikan dengan penyangga perut yang berbeda dengan usia kehamilan trimester kedua dan ketiga yang memiliki manfaat lebih sesuai dengan ukuran perut anda yang semakin membesar. Akan tetapi apabila anda memiliki masalah nyeri akibat kontraksi sebaiknya anda menghilangkan terlebih dahulu dengan berkonsultasi dengan dokter sehingga dapat mengurangi resiko lahir sebelum waktunya.

Perhatikan pula cara menggunakannya, gunakan penyangga perut yang tidak asal pilih melainkan kualitas bahan sehingga membuat anda nyaman dan terhindar dari iritasi kulit. Sehingga sangat penting ketika nyaman dan elastis seperti memiliki bahan yang berpori seperti katun. Kemudian sesuaikan dengan model, usia kehamilan dan berat kehamilan sesuai dengan janin yang semakin bertambah usianya.

Dengan demikian apakah penting menggunakan maternity belt atau penyangga perut khusus ibu hamil? Sesuaikan dengan kondisi kehamilan anda, tidak selamanya harus menggunakannya akan tetapi apabila kondisinya memerlukan alat pendukung ini anda dapat menggunakannya untuk mengurangi keluhan selama kehamilan. Perhatikan pula cara penggunaan dan waktu pemakaian sehingga tidak menimbulkan pengaruh yang negatif.