data-ad-format="auto"

Pentingkah Forum Ibu Hamil?

Pada jaman serba teknologi sangat memungkinkan untuk bertukar informasi dengan mudah, begitu pula dengan ibu hamil yang terkadang membutuhkan sarana untuk berbagi pengalaman perkembangan kehamilan, keluhan yang dirasakan dan juga beberapa perubahan emosional selama kehamilan.

Salah satunya adalah dengan bergabung bersama ibu hamil lainnya pada forum kehamilan. Meskipun demikian, ibu hamil bukan berarti mengabaikan pemeriksaan dan konsultasi kehamilan pada ahli medis hanya sebagai wadah untuk berbagi sehingga dapat berbagi pengalaman dan menambah wawasan ibu hamil.

Anda dapat menggunakan forum diskusi kehamilan yang disediakan oleh website tertentu, salah satunya adalah forum diskusi dari bidanku.com yang dapat diakses di fanspage facebook. Selain itu perkembangan media sosial seperti twitter memudahkan anda untuk menambah informasi seputar kehamilan, persalinan dan juga tumbuh kembang anak @bidanku.com.

Pada artikel kali ini tim bidanku akan berbagi informasi mengenai seberapa penting forum ibu hamil dan apa saja manfaat yang didapat ibu hamil. Selain itu ibu hamil harus pandai memilih informasi dan tetap berkonsultasi dengan dokter apalagi ditemukan perkembangan abnormal pada kehamilan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Mengapa Ibu membutuhkan Forum diskusi kehamilan?

Ibu hamil tidak hanya mengalami perubahan fisik akan tetapi ibu hamil mengalami perubahan psikologis selama kehamilan. Ibu hamil tiba-tiba merasakan sedih, menangis tanpa sebab merupakan salah satu perubahan emosi yang seringkali dirasakan ibu hamil. Bahkan ibu hamil seringkali merasakan kesepian menjalani kehamilan dan membutuhkan tempat untuk berbagi.

Pada ibu hamil perubahan psikologis dapat terjadi karena ibu hamil mengalami perubahan fisik sehingga membutuhkan penyesuaian dengan kondisi yang berbeda. Proses adaptasi pada ibu hamil yang mengalami perubahan psikologi tidak sama, beberapa ibu hamil dapat mengatasinya dengan baik ada juga yang tidak dapat mudah menerima langsung yang dialaminya.

Beberapa perubahan psikologis yang kerap muncul pada ibu hamil diantaranya adalah :

  1. Ibu hamil seringkali merasa ketakutan dan kekhawatiran apabila kegiatan sehari hari akan membahayakan janin. Dari pemikiran setiap hari itulahh yang menyebabkan ibu hamil sering bermimpi buruk dan mempengaruhi pemikiran ibu hamil. Bahkan beberapa ibu hamil sangat khawatir akan kesanggupannya menjadi orang tua.
  2. Perubahan emosi yang ekstrim pada ibu hamil terkadang membuat menjadi membenci suami. Ketika tiba tiba muncul perasaan tidak menyukai berbagai kebiasaan suami, hal ini banyak dialami oleh ibu hamil. Apalagi ibu hamil semakin kurang percaya diri dengan perubahan fisil yang dialaminya. Komunikasi dengan pasangana merupakan salah satu kunci untuk mendukung kehamilan yang sedang dijalani.
  3. Ibu lebih sering marah-marah dapat terjadi karena kurang rasa percaya diri, ketidakpastian menjadi orang tua dan perasaan cemas yang berlebih pada kehamilan. Inilah yang membuat ibu hamil sensitif dan mudah tersinggung.

Seperti penjelasan diatas bahwa perubahan psikologis sangat mungkin terjadi disebabkan karena faktor psikologis dan perubahan fisik selama kehamilan maka ibu hamil membutuhkan cara untuk mengatasinya. Salah satu caranya adalah dengan bercerita mengenai masalah yang ibu alami dengan teman atau konselor.

Forum diskusi di media dapat membantu ibu untuk mengurangi rasa kesepian selama kehamilan. Bahkan ibu hamil yang cenderung membutuhkan teman untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan seputar perubahan yang terjadi. Dengan demikian dapat membantu ibu untuk mengatasi perasaan khawatir, cemas ataupun ketakutan selama kehamilan.

Apakah Manfaat Ibu Hamil Mengikuti Forum Diskusi Kehamilan?

Ibu hamil dapat bergabung dengan forum diskusi kehamilan salah satunya dengan forum diskusi kehamilan bidanku.com. anda dapat mengunjungi fanspage facebook bidanku.com. Disana anda dapat berbagi dengan ibu hamil lainnya mengenai pengalaman kehamilan. Ibu hamil yang mengikuti forum diskusi kehamilan dapat berperan aktif maupun pasif.

Peran aktif adalah mereka yang senantiasa memberikan pengalaman yang dirasakan selama kehamilan dan beberapa sumber yang dapat dibaca oleh ibu hamil lainnya. Sedangkan bagi ibu hamil yang berperan pasif mereka tidak aktif berkomunikasi dengan lainnya. Meskipun demikian keduanya mendapatkan manfaat yang sama mendapatkan pengetahuan dan wawasan seputar kehamilan, persalinan atau tumbuh kembang anak.

Adapun manfaat yang didapat pada ibu hamil yang mengikuti forum diskusi kehamilan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Lebih Percaya Diri

Ibu hamil cenderung lebih percaya diri dengan perubahan yang terjadi, apalagi yang berhubungan dengan perubahan fisik selama kehamilan. Ibu hamil yang berbagi pengalaman dengan ibu hamil lainnya lebih mengetahui perubahan normal pada tiap periode kehamilan. Misalnya pada ibu hamil di trimester pertama kehamilan lebih sering merasakan mual muntah, pusing dan lemas. Beberapa ibu hamil di dalam forum diskusi akan berbagi pengalaman ketika mengatasinya. Begitu pula dengan ibu hamil menjelang persalinan, ibu hamil akan saling bertukar informasi yang untuk mengatasi kekhawatiran menjelang persalinan. Inilah yang membuat ibu lebih percaya diri menjalani kehamilan .

2. Termotivasi

Ibu hamil yang berbagi pengalaman mengenai keluhan dan masalah kehamilan merasa tidak sendiri. Beberapa ibu hamil lainnya yang pernah mengalami kasus serupa dapat saling memberikan dukungan sehingga membuat ibu termotivasi selama kehamilan. Hal ini dapat mengurangi rasa sedih dan sering menangis tanpa sebab pada ibu hamil sehingga emosi ibu lebih terkontrol. Motivasi yang diberikan dari ibu hamil ke lainnya dapat membuat ibu semakin menjalani kehamilan dengan menyenangkan dan mengurangi rasa kekhawatiran yang sering kali dialami oleh ibu hamil apalagi ketika menjelang persalinan.

3. Menambah Pengetahuan Kehamilan

Setiap ibu hamil akan memiliki kondisi yang berbeda-beda sehingga ketika ibu hamil mengalami perubahan terjadi harus melakukan pemeriksaan dokter kandungan. Beberapa ibu hamil segan melakukannya, perasaan takut kadang menghampiri ibu hamil padahal dengan pemeriksaan kehamilan dapat diketahui kondisi dini untuk pencegahan. Dengan mengikuti forum diskusi kehamilan anda dapat banyak mengetahui kondisi seputar kehamilan, menjelang persalinan bahkan tumbuh kembang bayi anda. Inilah yang membuat anda lebih banyak tahu mengenai seputar kehamilan. Ibu hamil dapat menambah wawasan dan pengetahuan seputar kehamilan.

4. Memiliki Banyak Teman untuk berbagi

Forum diskusi kehamilan selain dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi ibu hamil dapat menjadi sarana untuk memiliki banyak teman khususnya ibu hamil. Memiliki banyak teman untuk berbagi akan membantu ibu hamil untuk mengurangi rasa kecemasan dan merasa sendiri terbebani dengan perubahan selama kehamilan. Ibu hamil dapat bertukar informasi mengenai persiapan persalinan apabila masih dalam satu kota, sehingga mengetahui nilai lebih dari pilihan yang akan diambiil

Forum diskusi kehamilan memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil akan tetapi penggunaan media yang kurang bijak dapat menjadi salah satu masalah apabila tidak pintar menyikapinya. Ibu hamil dapat memilih informasi sehingga tidak membuat kehamilan merasa terbebani selain itu meskipun anda sudah berbagi dengan teman di forum diskusi bukan berarti mengabaikan saran dan pesan dokter. Konsultasikan pula dengan dokter kehamilan apabila menemukan kelainan pada kehamilan anda sehingga mendapatkan penanganan yang tepat.