Osteoporosis Pada Wanita Menopause

Menopause merupakan kejadian yang tidak bisa dihindari oleh wanita. Meskipun setiap wanita mengalami menopause yang berbeda-beda akan tetapi menopause seringkali terjadi pada usia memasuki 40-50 tahun. Menopause adalah kejadian dimana hormon estrogen menurun yang akhirnya menyebabkan keluhan bagi wanita.

Menopause ditandai dengan berhentinya menstruasi. Saat menopause, maka wanita seringkali mengalami keluhan yang erat kaitannya dengan penyakit osteoporosis. Hal ini disebabkan karena pada saat menopause hormon estrogen berkurang yang mempengaruhi kelekatan tulang. Penyakit tulang yang dikhawatirkan sebagian wanita pada saat menopause adalah penyakit tulang yang mengakibatkan tulang menjadi rapuh dan lebih beresiko tinggi mengalami tulang patah. Beberapa kondisi ini seringkali tidak anda sadari hingga kondisi semakin memperburuk atau mengalami tulang keropos.

Wanita tidak dapat menghindarinya menopause akan tetapi dapat melakukan pencegahan untuk kondisi terburuk menopause yaitu memperlambat terjadinya osteoporosis. Sehingga anda dapat mempersiapkan dengan melakukan serangkaian test kepadatan tulang yang dapat membantu anda dalam menentukan risiko patah tulang. ( Baca : Benarkah Wanita Rentan Terkena Osteoporosis? )

Selain itu, beberapa pencegahan pada wanita yang menopause dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini :

1. Berolahraga

Anda dapat menyisakan waktu anda minimal 30 menit dalam sehari untuk membuat tulang dan otot kuat, manfaatnya adalah untuk mencegah osteoporosis. Latihan yang dapat anda lakukan adalah jogging, berjalan, menahan beban, menari ataupun tenis. Anda juga dapat mencoba untuk melakukan latihan latihan keseimbangan untuk mengurangi resiko cedera yang disebabkan karena jatuh.

2. Kalsium dan vitamin D

Konsumsi asupan kalsium 1000 mg setiap hari untuk wanita dewasa sedangkan bagi wanita yang memiliki resiko tinggi menderita osteoporosis maka dianjurkan untuk mengkonsumsi sebanyak 1500 mg dalam satu hari. Lebih baik dengan mencukupi kalsium dari makanan seperti sayuran hijau, makanan yang mengandung susu, susu ataupun ikan. Apabila diperlukan anda dapat menggunakan suplemen tambahan untuk melakukan pencegahan.

3. Sinar Matahari

Olahraga yang baik memang dilakukan pagi hari selain dapat membuat anda bersemangat untuk melakukan aktivitas. Sinar matahari di pagi hari dapat membantu dalam penyerapan vitamin D, anda dapat berjemur di bawah sinar matahari minimal 10 menit dalam sehari. Dengan melakukan olahraga dan terpapar dengan sinar matahari akan lebih baik bagi anda dalam melakukan pencegahan osteoporosis.

4. Gaya hidup

Bagi wanita yang akan memasuki masa menopause sebaiknya menjaga gaya hidup. Gaya hidup yang sehat akan memperlambat terjadinya osteoporosis. Hindari alkohol dan rokok yang dapat menyebabkan berkurangnya hormon estrogen di dalam tubuh dan meningkatkan resiko patah tulang.

5. Lakukan test kepadatan tulang

Memasuki usia menopause anda dapat melakukan serangkain test kepadatan tulang. Dengan melakukan terapi tambahan yang dapat mencegah keropos tulang. Dokter juga akan menyarankan beberapa obat untuk memperlambat terjadinya keropos tulang. Obat-obat yang diberikan akan disesuaikan dengan kondisi anda sehingga tidak memberikan efek samping.

Dengan demikian osteoporosis pada wanita menopause tidak dapat dihindari karena kejadian menopause adalah kejadian alami yang terjadi pada semua wanita. Menopause adalah kondisi dimana hormone estrogen berkurang yang mengakibatkan kalsium di dalam tulang mengalami penurunan sehingga lebih beresiko mengalami osteoporosis  akan tetapi untuk mengurangi resiko osteoporosis maka anda dapat melakukan pencegahan sebelum terjadi menopause dengan gaya hidup yang sehat. ( Baca : Makanan Untuk Melawan Osteoporosis )