data-ad-format="auto"

Olahraga Saat Hamil Untuk Lindungi Anak dari Penyakit Jantung

Kondisi kehamilan pada seorang wanita memang cenderung membuat anda merasa malas melakukan aktivitas seperti biasanya. Hal ini adalah kondisi yang normal sebab hormon kehamilan umumnya membuat tubuh terasa lemas dan berat. Akan tetapi sebaiknya, tidak selama masa kehamilan yang panjang pula anda dapat menghabiskannya dengan hanya bermalas-malasan dan bersantai. Sebab anda akan membutuhkan olahraga demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anda.

Selain itu, menjadi pasif selama kehamilan tentu menjadi hal yang tidak baik. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ibu hamil yang kurang bergerak akan beresiko untuk kesehatan dan janin dalam kandungannya. Hal ini tentu akan sangat disayangkan bila anda hanya menghabiskan sebagian besar waktu anda didalam rumah dan bermalas-malasan.

Selain itu, kabarnya melakukan olahraga secara rutin selama masa kehamilan akan dapat melindungi janin dan anak anda dari resiko penyakit jantung yang berbahaya. Nah, lantas seperti apa penjelasan lebih detailnya mengenai hal ini? Tak perlu khawatir mari simak beberapa informasinya dibawah ini. Baca juga: Bahaya Kelebihan Vitamin A Pada Ibu Hamil

Mengapa Bisa Olahraga Saat Hamil Cegah Penyakit Jantung Anak?

Dalam sebuah penelitian pada sebuah seminar yang diadakan di American Physiological Society, mengungkapkan bahwa olahraga yang dilakukan selama masa kehamilan akan mampu mencegah anak dari kemungkinan penyakit kronis dan berbahaya, termasuk dengan penyakit jantung. Hal ini pun akan melindungi si kecil dari resiko penyakit selama mereka dikandung dan saat beranjak dewasa nanti.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Bukan hanya itu, olahraga yang baik dilakukan selama masa kehamilan pun akan menghindarkan anak dari resiko mengalami penyakit darah tinggi yang mana hal ini sama artinya baik untuk kesehatan jantungnya.

Nah, dengan demikian maka tidak ada salahnya melakukan olahraga yang baik selama masa kehamilan. Sebab hal ini bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan ibu, namun juga janin yang ada didalam kandungan akan sangat bermanfaat dalam menghindarkan mereka dari ancaman masalah.

Penelitian Menunjukan Olahraga Hamil Segah Penyakit Jantung Pada Bayi

Selain penelitian yang dilakukan di Amerika, penelitian lain yang lebih spesifik pun menunjukan bahwa bayi yang lahir dari ibu yang aktif bergerak secara fisik selama masa kehamilan memiliki kemungkinan besar melahirkan bayi dengan berat badan yang normal dan tekanan darah yang normal. Penel;ian ini dilakukan oleh Professor dari Michigan State University.

Selain itu, professor pun menjelaskan bahwa olahraga yang dilakukan selama masa kehamilan dapat mengubah resiko penyakit kardiovaskular yang terjadi didalam rahim. Hal ini tentu tidak dijumpai pada ibu hamil yang cenderung pasif atau kurang bergerak selama masa kehamilannya.

Sebaliknya, mereka yang kurang bergerak selama masa kehamilan seringkali dihinggapi banyak resiko penyakit. Salah satunya yang paling menyeramkan adalah resiko obesitas selama masa kehamilan. Dimana kondisi ini bisa mengancam kelahiran normal pada bayi yang akan mereka lahirkan.

Selain itu, dalam pengamatan ini pun mereka menemukan bahwa wanita yang aktif melakukan pergerakan fisik olahraga terutama pada masa trimester ketiga menunjukan hasil positif dalam menghindarkan resiko tekanan darah tinggi pada bayinya.

Jenis Olahraga yang Baik Dilakukan Selama Kehamilan

Ada beberapa jenis olahraga yang akan baik dan bermanfaat dilakukan selama masa kehamilan untuk menunjang kesehatan anda dan janin dalam kandungan. Beberapa olahraga tersebut dapat anda simak dibawah ini.

  • Berenang
  • Gym
  • Yoga
  • Jogging
  • Berjalan kaki
  • Senam hamil

Itulah dia segelintir olahraga umum yang baik untuk dilakukan selama masa kehamilan untuk melindungi anak dari resiko serangan penyakit jantung yang berbahaya untuk kesehatannya. Semoga hal ini dapat memotivasi anda untuk mulai melakukan olahraga secara rutin.