data-ad-format="auto"

Normalkah Jika Bayi Baru Lahir Sudah Tumbuh Gigi?

Pada kondisi yang normal bayi akan tumbuh gigi apabila sudah mencapai usia 6 hingga 13 bulan akan tetapi pada kasus kelahiran, saat lahir diantara 2000 kelahiran bayi diperkirakan ada 1 kasus kelahiran bayi yang mengalami tumbuh gigi pada saat dilahirkan. Bahayakah apabila bayi sudah tumbuh gigi ketika dilahirkan dan apa penyebab bayi dilahirkan mengalami tumbuh gigi?

Kasus yang dialami pada bayi yang lahir dengan gigi susu memang jarang. Meskipun demikian mungkin diantaranya adalah anak anda. Kasus kelahiran pada anak yang sudah tumbuh gigi susu merupakan kasus kelainan pertumbuhan dan perkembangan gigi umumnya terjadi pada bagian gigi bawah ataupun gigi atas. Meskipun kondisi anak yang lahir sudah tumbuh gigi merupakan kelainan akan tetapi tidak akan membahayakan dan gigi susu yang tumbuh akan tanggal dengan sendirinya.

Secara istilah kedokteran bahwa munculnya gigi pada bayi yang baru lahir disebut natal teeth. Pada umumnya berkembang pada bagian gusi bawah kemudian gigi insisvus sentral akan timbul. Pada struktur gigi anak dan melekat ujung gusi yang berada pada jaringan lunak sehingga penempatan yang tidak tepat akan menimbulkan iritasi. Sebagian besar terjadinya gigi muncul pada bayi yang baru lahir bukan disebabkan karena pengaruh medis. Kondisi natal teeth dapat disebabkan karena beberapa faktor. ( Artikel lainnya: Nama Bayi Perempuan Isami )

Berikut merupakan faktor faktor yang menyebabkan terjadinya gigi sudah tumbuh pada saat bayi dilahirkan :

  1. Isolated Anomaly merupakan penyebab yang paling umum terjadi pada bayi yang memiliki gigi waktu dilahirkan.
  2. Sindrom Ellis van Crevelnd merupakan sindrom yang mewarisi kelainan dan kekerdilan sehingga dapat memicu terjadinya gigi muncul pada saat bayi dilahirkan.
  3. Sindrom Pierre Robin merupakan kondisi yang seringkali ditandai dengan rahang bawah yang sangat kecil atau disebut micrognathia, kemudian lidah cenderung mundur dan ke bawah bahkan celah lunak di langit-langit mulut.
  4. Sindrom Soto yaitu kondisi yang terjadi sangat langka disebabkan karena kelainan genetik yang menyebabkan pertumbuhan berlebihan pada usia anak 2-3 tahun di awal pertumbuhannya.
  5. Sindrom Hallerman-streif yaitu kondisi dimana mempengaruhi tinggi dan juga bentuk kepala.

Kondisi celah putih pada saat bayi anda dilahirkan memang merupakan kondisi yang langka. Hal ini didasari karena bayi akan muncul gigi pada usia 6 bulan sampai 13 bulan dalam bentuk gigi susu. Umumnya pada bayi kemunculan gigi pertama adalah empat gigi di bagian bawah atau atas yang dapat membantu bayi anda untuk menggigit dan memotong makanan. Menjelang usia 3 tahun anak anda sudah memiliki satu set gigi yang lengkap.Selanjutnya akan tanggal sedikit demi sedikit pada usia 5 hingga 6 tahun sehingga memungkinkan tubuh gigi permanen sampai usia anak dewasa.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Dengan demikian anda tidak perlu khawatir apabila anak anda ketika saat lahir sudah memiliki gigi atau terdapat kemunculan warna putih di sela-sela seperti akan tumbuh gigi. Kondisi bayi saat lahir sudah memiliki gigi tidak akan membahayakan kondisi kesehatan bayi anda. Anda dapat menjaga sehingga gigi yang tumbuh tetap bersih dan sehat, Gunakan kain yang lembut untuk perawatan gigi anak anda.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…

Bayi Kuning, Kenali dan Waspadai

Pigmen bernama bilirubin adalah faktor penyebab dari bayi kuning (ikterus) yang harus di…

Follow us