Mukjizat, Bayi Selamat Setelah 8 Menit Jantung Tak Berdetak

Kelahiran bayi sangat ditunggu-tunggu begitupula dengan pasangan Adam (29) dan Rachel Cherry (30) warga Norwich Inggris yang tengah menanti sang buah hati. Kecemasan dirasakan oleh pasangan tersebut saat bayi lahir namun tidak mendengar suara tangisan bayi.

Theo, begitulah dipanggilnya bayi laki-laki yang lucu tidak sama sekali menangis setelah dilahirkan. Penyebabnya Theo tidak bisa menangis karena bayi mengalami berhentinya jantung selama 8 menit, bahkan tubuh dan kulit bayi yang baru dilahirkan tersebut tampak sangat membiru.

Kondisi yang membahayakan ini direspon cepat oleh dokter dan juga tim medis untuk segera melakukan prosedur resusitasi yaitu segala perlakuan medis yang diberikan kepada pasien yang mengalami gawat darurat sehingga dapat mengurangi risiko kematian yang disebabkan oleh berhentinya peredaran darah ireversibel dan juga pernafasan sehingga dapat mengurangi terjadinya kerusukan pada otak.

Cherry mengungkapkan bahwa setipa ibu yang sedang mengalami proses persalinan, kondisi yang pertama yang ingin dilakukan adalah mendengar suara tangisan bayi yang pertama kalinya. Kecemasan terjadi ketika suara tangis bayi tidak ada bahkan Cherry merasakan kecemasan dan ketakutan menunggu suara bayi menangis. Bahkan hingga mengalami perasaan yang sudah pesimis mengapa tidak kunjung terdengar suara bayinya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Sementara itu tim dokter dapat mengupayakan untuk dapat menghidupkan jantung Theo. Sesaat setelah jantung Theo berfungsi, maka selanjutnya dipindahkan ke ruang perawatan intensif. Bahkan Theo masih harus berada dalam pengawasan dokter dan melakukan pengobatan jalan hingga mengetahui jantung melemah yang dideritanya.

Sedangkan ketika pulang ke rumah, pada malam hari pertama kondisi Theo mengalami kejang Theo masih tampak sangat membutuhkan alat bantu bahkan masih dipasang menggunakan selang medis ditubuhnya. Kondisi inilah yang membuat orang tua Theo sangat khawatir dan frustasi terhadap kondisi tumbuh kembang Theo.

Kecemasan orang tua Theo kini berangsur berkurang, Theo yang sudah memasuki usia 5 bulan sudah dinyatakan sehat. Bahkan mengalami tumbuh kembang yang luar biasa. Orang tua Theo mengungkapkan kegembiraan Theo dapat bertahan hidup dengan menggunakan peralatan dan juga bantuan dari tim medis di Norfolk and Norwich University Hospital (NNUH). Bahkan dengan kondisi Theo yang berhasil selamat dari jantung yang tidak sempat berdetak 8 menit ini membuat hati orang tuanya bergerak membantu.

Orang tua Theo, Cherry dan Adam berniat membantu untuk melakukan penggalangan dana membeli inkubator serupa yang dapat memberikan harapan hidup pada bayi yang bernasib sama dengan Theo mengalami berhenti jantung ketika dilahirkan. Adam menuliskan keinginannya dalam salah satu situs penggalangan dana untuk membantu mengumpulkan dana dan juga Neonatal Intensive Care Unit di NNUH sebagau tanda terimakasih kepada pekerjaan yang luar biasa telah membantu anaknya, Theo.

Mujizat yang diterima Theo dialami oleh beberapa bayi di dunia yang memiliki keberuntungan meskipun kasus yang dialaminya tidak sama. Zach Hillary pernah berhenti detak jantungnya selama 39 menit namun dengan segala keajaiban tuhan, Zach kembali dapat memfungsikan jantungnya meskipun harus mendapatkan pertolongan medis segera.

Berbeda dengan Shelagh McAlpine yang mengalami detak jantung yang berhenti 3 bulan sebelum dilahirkan.Hingga mujizat datang kembali, ditemukan adanya tanda tanda kehidupan pada bayi. Begitu pula dengan kisah bayi asal AS yang kedinginan di trotoar dan berhenti bernapas selama 90 menit namun dapat diselamatkan dan mendapatkan mukjizat dapat hidup kembali setelah jantungnya berhenti berdetak.

Loading...

Follow us