Merawat Kulit Kepala dan Rambut Bayi
 

Rambut tebal adalah idaman setiap orang, tidak terkecuali untuk bayi anda. Tak heran banyak cara dilakukan untuk membuat rambut bayi anda tubuh lebat. Tradisi menggunting rambut disebut sebagai salah satu cara yang dipercayai oleh masyarakat dapat membuat rambut bayi semakin lebat dan menjauhkan dari kerontokan, betulkah? Walaupun pada dasarnya rambut lebat dipengaruhi oleh keturunan, hormonal dan faktor asupan nutrisi akan tetapi banyak cara yang dilakukan untuk merawat rambut bayi. Selain produk yang dihasilkan dari bahan kimia (sampo dan hair lotion) yang disesuaikan dengan kulit dan rambut bayi adapula produk tradisional yang dipercayai mampu menambah kelebatan pada rambut bayi anda. Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki kandungan untuk menyuburkan rambut, begitu pula dengan rambut pada bayi anda. Perawatan rambut bayi bisa dilakukan sehari hari dengan melakukan keramas secara rutin, meskipun tidak dianjurkan keramas setiap hari karena rambut pada bayi tidak kotor seperti orang usia balita yang mulai bergerak aktif dan mungkin terjadinya keringat berlebih di kulit kepalanya.

Gangguan kulit kepala yang bersisik mungkin saja terjadi pada bayi anda, jangan cemas hal ini biasa dialami oleh bayi anda. Cradle cap atau kulit kepala bersisik hampir dialami oleh seluruh bayi, ditandai dengan adanya kerak, tebal dan berwarna kekuningan dan bersisik.Hal ini tidak akan berbahaya, anda dapat melakukan pembersihan menggunakan minyak bayi, biarkan semalaman kemudian di pagi hari ketika mandi bisa menggunakan sampo untuk membersihkannya. Jangan gunakan sampo anti ketombe atau menggunakan tangan anda untuk membersihkannya, kulit kepala bayi anda masih sensitif, hal ini akan menambah iritasi dan masalah pada kulit kepala bayi anda.

Pilih Perawatan Dengan Tepat

Kulit kepala yang masih tipis dan jaringan yang masih longgar mengakibatkan kulit bayi sensitif terhadap pengaruh langsung yang berhubungan dengan kulit kepala. Kulit kepala bayi yang belum sempurna mengakibatkan anda harus selektif dalam memilih produk sampo. Kosmetik bayi dalam perawatan rambut dan kulit kepala tidak hanya sekedar sampo, penggunaan hair lotion dan hair tonic biasanya sering digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut. Bahan yang terkandungnya aman, disesuaikan dengan kulit kepala bayi anda akan tetapi tidak semua bayi memiliki kulit kepala yang sama sehingga anda dapat menghentikan pemaikain jika bayi anda mengalami iritasi, timbulnya warna merah pada kulit kepala.

Kerontokan pada bayi wajar saja terjadi, penyebabnya bisa karena bayi anda sering menggunakan topi. Dengan sering menggunakan topi akan mengakibatkan keringat pada kulit kepala dan merangsang rambut rontok. Anda tidak perlu khawatir, kerontokan yang bersifat alamiah akan tumbuh rambut baru selanjutnya. Perawatan rambut bayi bertambah lebat dengan gizi seimbang, berikan makanan dengan kandungan protein. Makanan dengan kandungan omega 3 seperti ikan salmon dan kacang almond dapat membantu pertumbuhan rambut. Selain itu sayuran yang mengandung zat besi dapat membantu merawat rambut bayi anda. Perawatan lebat dengan menggunakan perawatan rambut dari luar bisa dilakukan dengan menggunakan bahan sederhana. Menggunakan kemiri yang dapat menghitamkan rambut, minyak kemiri bisa dioleskan secara rutin dari kulit kepala hingga ujung rambut bayi anda. Madu dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan membuat semakin kuat. Sebelum bayi keramas anda dapat mengoleskan madu ke kulit kepala hingga ujungnya, diamkan beberapa saat.


.>> Diskusikan Topik ini di Forum