Menu Makanan Bayi Usia 11 Bulan
 

Terkadang kekhawatir mulai datang ketika perkembangan bayi anda tidak sesuai dengan bayi seumurnya. Pertumbuhan motorik menjadi salah satu perbandingan dengan bayi lain sehingga anda bertanya-tanya, apakah nutrisi yang diberikan sudah sesuai? Pada usia 11 bulan, kaki bayi anda semain kokoh, umumnya pada usia ini sudah memiliki kemampuan berdiri tanpa bantuan anda dalam beberapa langkah, bahkan anda bisa terus melatihnya dengan cara memegang tangannya atau sesekali mengukur jarak langkahnya dengan mengulurkan lengan pada jarak tertentu. Kemampuan bahasa yang dimiliki oleh bayi berusia 11 bulan semakin aktif, anda dapat terus membantunya dalam melakukan ucapan dan  menempatkan kata baru dalam pemahamannya. Permainan aktif bisa anda ajarkan, berikan nilai positif di akhir permainan sehingga dapat memberikan batasan dan anjuran yang dimengerti olehnya.

Nutrisi Tepat Untuk Usia 11 Bulan

Pertumbuhan yang terlambat di usia ini menjadi pertanyaan besar anda, apakah nutrisi yang diberikan sudah mencukupi nilai gizi  anak anda. Kekurangan atau kelebihan nutrisi pada perkembanga bayi anda akan mempengaruhi perkembangan. Perkembangan yang terhambat biasanya dikarenakan nilai gizi yang diberikan tidak mencukupi kebutuhan usia bayi anda. Pada usia 11 bulan, bayi anda membutuhkan energi sebesar 650 kkal bisa anda berikan dari menu makanan yang variatif dari nasi putih/nasi merah/kentang/jagung. Protein yang diperlukan pada usia ini adalah 16 gram yang dapat terpenuhi dari jenis ikan, unggas,telur atau makanan dengan protein nabati yaitu tahu,tempe dan jenis kacang-kacangan. Jangan lupakan asupan kalsium, selain memberikan asi ekslusif,kalsium yang dibutuhkan dalam mencukupi kebutuhan gizi cukup besar yaitu 400 mg, anda dapat memilih sayuran dan buah yang memiliki kalsium, seperti sayurann hijau, apel merah, pepaya, alpukat, kiwi dan pisang. Zat besi dibutuhkan dalam perkembangan bayi meskipun daam jumlah yang sedikit dibanding dengan nutrisi lainnya yaitu 8 mg, akan tetapi manfaatnya sangat dibutuhkan. Kekurangan zat nesi pada bayi anda justru akan mengakibatkan bayi mengalami tingkah laku dan pertumbuhan yang terganggu, seperti mempengaruhi kecerdasan.

Menu Makanan Bayi 11 Bulan

Anda dapat memilih makanan dengan bentuk gigi bayi anda, umumnya pada usia ini gigi sudah tumbuh sehingga buah yang dengan potongan kecil bisa langsung diberikan sebagi cemilan. Anda bisa memasak sayur dengan potongan kecil (cincang kasar) dan matang sempurna sehingga memudahkan bayi anda dalam mengunyah, hindari daging yang alot. Perhatikan juga porsi makannya,pada usia ini 11-12 sdm sudah cukup dalam setiap nasi tim dalam waktu makannya.

A.  Tim kentang Isi Ikan

Bahan :

  1. 50 gram kentang
  2. 25 gram daging ikan kembung, cincang kasar
  3. 50 gram tahu
  4. 25 gram tomat
  5. 25 gram wortel
  6. 1 sdm kecap manis
  7. 1 sdt mentega
  8. 500 ml air

Cara Membuat :

Rebus kentang, ikan, dan tahu dengan 500 ml air. Kemudian masukan tomat dan worte, sehingga sayuran matang. Berikan perasa, kecap dan mentega kemudian angkat. Siap dihidangkan.

B.  Cemilan Sehat

Bahan :

  1. 1/2 buah pisang
  2. 1/2 buah mangga
  3. 400 ml jus jeruk
  4. 1 sdm susu formula

Cara Membuat :

Bahan-bahan tersebut masukan ke dalam blender kemudian angkat setelah halus merata.

Buatlah menu makan yang sesuai. Nasi tim pada pagi, siang, dan sore. Cemilan pada pukul 10.00 dan 15.00. Biskuit dan buah potong dapat anda berikan untuk melatih giginya yang mulai tumbuh, pada waktu memberikan cemilan.


.>> Diskusikan Topik ini di Forum