england price for viagra
buy kamagra
kamagra 100mg
 

bayi-makan

Pada usia 6 bulan merupakan waktu yang tepat untuk anda memberikan makanan bayi / MPASI (Makanan Pendamping ASI). Pada umur 6 bulan, bayi sudah mampu memproduksi enzym-enzym pencernaan sehingga mampu mencerna makanan selain ASI. Pemberian MPASI dapat menurunkan resiko alergi dari makanan bagi bayi jika diberikan tepat pada  usia 6 bulan alasannya adalah sistem pencernaan yang sempurna pada bayi berusia 6 bulan akan menghasilkan IgA, yaitu protein immunoglobin yang memiliki peranan melindungi sistem pencernan. Meskipun IgA dapat dihasilkan dari ASI akan tetapi produksinya rendah, sehingga kemungkinan bayi anda terkena alergi makanan jika diberikan MPASI pada usia dibawah 6 bulan.Selain itu pada usia 6 bulan bayi sudah mengalami perkembangan dalam menggerakan makanan hingga dapat mendorong makanan dari depan ke belakang mulutnya, dengan mekanisme  seperti ini, akan mempermudah bayi anda dalam menelan MPASI yang diberikan.

 

Nutrisi apa saja yang dibutuhkan pada usia bayi 6 bulan?

Pada usia 6 bulan merupakan awal bagi bayi anda mengenal asupan nutrisi selain dari ASI, sehingga MPASI harus benar-benar disesuaikan dengan tumbuh kembang bayi anda. Adapun kebutuhan nutrisi pada usia 6 bulan adalah sebagai berikut :

 

1. Protein

 

Protein akan membantu dalam memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh pada bayi anda sehingga mampu mengontrol fungsi tubuh oleh enzim. Protein yang didapatkan dari ikan laut akan tetapi anda juga harus memilih ikan dengan kandungan mercury yang rendah seperti ikan salmon atau ikan air tawar seperti, ikan lele. Daging ayam giling, daging sapi giling bisa menjadi campuran bubur untuk bayi usia 6 bulan.

2. Lemak

Lemak dibutuhkan sebagai sumber energi untuk bayi anda. Menyediakan asam lemak esensial dan vitamin larut merupakan kepentingan nutrisi yang harus dicukupi dalam usia 6 bulan. Lemak yang dihasilkan dari ikan sangat baik untuk perkembangan bayi anda di usia 6 bulan.

3. Karbohidrat

Merupakan sumber energi pertama yang dibutuhkan bayi anda untu menyediakan energi selain dari ASI. Pada bayi 6 bulan karbohidrat yang dibutuhkan adalah 68,75 gram-89,39 gram. Dalam menghasilkan karbohidrat bisa dihasilkan dari beras putih atau beras merah.

4. Vitamin dan Mineral

Hampir semua vitamin dibutuhkan dalam perkembangan bayi di usia 6 bulan. Vitamin A,B,K,E ,D dan vitamin C. Vitamin tersebut bisa dihasilkan dari beberapa sayuran seperti bayam, labu siam, brokoli, seledri, tomat dan wortel.Sumber buah-buahan yang disarankan pada bayi berusia 6 bulan adalah mangga, semangka, pisang, jeruk, pepaya, alpukat, pir dan apel.

Resep Menu  Bayi Usia 6 Bulan

Oleh Bidanku.com

Berikut adalah resep menu makanan yang dapat menjadi pilihan anda untuk bayi usia 6 bulan :
Resep Bubur Ikan Sarden

Bahan :

  1. 25 gram beras putih/merah
  2. 40 gram ikan sarden, dicincang
  3. 500 ml dari sari tomat (bisa anda dapatkan dari jus tomat segar tanpa bahan campuran)
  4. 20 gram tahu, dihaluskan
  5. 25 gtam kacang merah yangg direbus kemudian dihaluskan

Cara membuat :

  1. Beras merah dicuci kemudian campur dengan sari tomat yang telah dijus, masak hingga beras empuk dan mengental (kurang lebih 20 menit).
  2. Pada saat 20 menit, kemudian campurkan dengan tahu, ikan sarden, kacang merah yang telah dihaluskan kemudian aduk hingga rata sampai semua bahan tercampur. Bubur siap di sajikan selagi hangat.

>> Diskusikan Topik ini di Forum

.