Dengan gerakan-gerakan aktif yang diberikan oleh bayi anda di usia 9 bulan merupakan kebanggan tersendiri bagi anda dan keluarga. Pergerakan bayi yang lebih aktif sehingga dapat merangkak dan meraih benda yang berada di sekitarnya. Pada usia 8 bulan bayi sudah menguasai posisi selain merangkak seperti duduk, belajar berdiri. Perkembangan bayi lebih mengarah kepada perkenalan bahasa. Pemahaman bahasa sudah mulai berkembang, bayi akan meniru ucapan anda, sehingga anda dapat mengajari mana yang benar untuk dikatakan. Nada bicara juga akan ditangkap bayi untuk dapat membedakan larangan yang diberikan. Selain itu anda dapat memberikan benda-benda bermain yang berwarna-warni dan berbahan aman.

Nutrisi Tepat Untuk Usia 9 Bulan

Pada usia 9 bulan makanan dan nutrisi yang diperlukan oleh bayi tidak jauh berbeda dengan bulan sebelumnya. Anda dapat memperkenalkan makanan bayi dengan tekstur yang lebih kental, dengan demikian gigi susunya akan terlatih untuk mengunyah. Makanan yang seimbang dapat anda konsep sehingga menyajikan makanan yang lebih bervariasi dengan nutrisi yang seimbang setiap harinya. Kelebihan zat gizi tertentu justru tidak baik sehingga akan menghambat pertumbuhan bayi anda.

Karbohidrat yang dibutuhkan oleh bayi memang tidak banyak, 9 sendok makan saja sudah mencukupi, pemberian asi eksklusif merupakan sumber energi untuk pertumbuhan yang terbaik. Hal yang sangat penting adalah dengan asupan nutrisi lainnya yang didapatkan dari sayur, buah dan protein hewani.
Sayuran yang disarankan pada usia ini, brokoli, wortel, tomat, bayam dan kacang hijau (jika anak anda tidak memiliki alergi). Meskipun sayuran lain dapat anda pilih, sayuran dengan kandungan vitamin A dan C, protein, kalium,asam folat, natrium, fosfor, kalsium dan serat adalah pilihan tepat untuk anda.

Menu makanan untuk Bayi 9 Bulan

Pada usia ini, anda dapat memberikan makanan berstruktur lebih padat, seperti pemberian nasi tim. Anda dapat mengatur menu perhari bubur susu pada pagi hari, nasi tim pada siang dan sore hari . Pemberian cemilan bisa disisipkan pada pukul 10 dan pukul 14 sore hari.

1.  Nasi Tim

Tim Hati Ayam

  1. 500 ml air kaldu
  2. 20 sdm beras merah
  3. 20 gram hati ayam
  4. 20 gram brokoli, dicincang
  5. 20 gram wortel, dihaluskan
  6. 20 gram keju parut

Cara Membuat :

  1. Pertama-tama rebus beras dengan hati ayam menggunakan air kaldu, hingga mengental
  2. Kemudian masukan brokoli, wortel yang sudah dihaluskan. Aduk hingga matang, angkat dan biarkan dingin.
  3. Sebelum disajikan, taburi terlebih dahulu dengan keju

2.  Cemilan Sehat

Pada usia ini, bayi anda sudah dapat menggenggam benda termasuk makanan dengan cara erat. Anda dapat memberikan biskuit bayi untuk cemilannya. Bagi anda yang ingin mendapatkan nutrisi tambahan, anda dapat membuat cemilan sehat dari biskuit bayi.

Biskuit Susu Apel

  1. 3 buah biskuit bayi
  2. 50 gram apel yang sudah dihaluskan (Anda dapat mengganti buah apel dengan buah lainnya)
  3. 2 sdm susu formula
  4. 150 ml air hangat

Cara Membuat :

  1. Buat larutan susu formula dengan air hangat
  2. Siram biskuit dengan larutan susu formula , aduk hingga lunak dan bercampur
  3. Tambahkan buah apel yang dihaluskan, aduk hingga tekstur biskuit hancur sempurna
  4. Siap disajikan.

>> Diskusikan Topik ini di Forum

.