Menu Makanan Bayi Usia 7 Bulan
 

Pada perkembangan usia 7 bulan, bayi anda sudah dapat mengembangankan gerakan-gerakan ringan, seperti menggerakan badan untuk meraih benda-benda yang didekatkan kepadanya. Selain itu perubahan secara fisik ditandai dengan adanya pertumbuhan gigi (meskipun tidak menutup kemungkinan bayi anda tumbuh gigi pada usia lebih awal atau tertinggal), pertumbuhan yang semakin pesat diusia 7 bulan membuat anda berhati-hati agar perkembangan bayi anda tidak terganggu, termasuk dengan menjauhkan benda-benda yang berbahaya di dekat bayi anda. Hal yang tak kalah penting adalah pada usia 7 bulan bayi anda sudah mendapatkan MPASI, makanan bayi pendamping Asi yang tepat akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan sesuai masa perkembangan bayi anda.

Nutrisi yang Dibutuhkan Usia Bayi 7 Bulan

Pada usia bayi 7 bulan tidak jauh berbeda dengan nutrisi yang dibutuhkan pada usia sebelumnya, pada usia 7 bulan bayi membutuhkan nutrisi yang dapat memberikan pertumbuhan baik bagi bayi anda. Berikut Nutrisi yang dibutuhkan pada usia 7 bulan :

1.  Karbohidrat

Selain diberikan ASI, makanan pendamping adalah salah satu cara untuk mendapatkan karbohidrat sehingga menghasilkan energi. Anda dapat memberikan karbohidrat kompleks dalam bentuk bubur atau tim saring dengan porsi yang sesuai sehingga tidak mengakibatkan gangguan kesehatan, obesitas.

2.  Lemak Sehat

Kandungan lemak sehat yang terdapat pada ikan dan buah alpukat merupakan kebutuhan bagi bayi anda di usia 7 bulan, dengan asupan lemak sehat sesuai porsi yang dibutuhkan bayi anda maka akan membantu dalam penyerapan vitamin, seperti vitamin D,A,K dan E.

3.  Mineral

Mineral yang dibutuhkan pada usia 7 bulan adalah zat besi untuk membangun hemoglobin di dalam tubuh, kalsium yang berperan dalam meningkatan pertumbuhan tulang dan gigi,kromium adalah nutrisi yang membantu proses metabolisme insulin di dalam darah.

4.  Vitamin

Vitamin yang dibutuhkan bayi dapat terpenuhi dari sayuran dan buah-buahan. Vitamin yang didapatkan dari sayur dan buah adalah vitamin C,K,E dan B . Selain itu kandungan sumber hewani akan memberikan vitamin A, D, B12 dan B6 yang berasal dari hati dan susu.

Resep Menu Bagi  Bayi Usia 7 Bulan

Pada usia 7 bulan penambahan garam dan gula perlu dibatasi kalau bisa dihindari sehingga tidak memperberat kerja liver, ginjal dan pankreas. Penggunaan garam tidak disarankan karena kebutuhan garam sudah terpenuhi dari ASI, mungkin anda berpikir rasa dari menu yang anda berikan pada bayi anda terasa hambar, akan tetapi respon yang diberikan oleh bayi anda berbeda. Hal ini karena anda sudah terbiasa dengan penggunaan garam sementara untuk bayi, langit-langitnya belum berkembang sempurna sehingga rasa asin belum dapat direspon oleh lidahnya.

1.  Menu Nasi Tim Saring Hati Ayam

Bahan :

  1. 20 gram beras putih
  2. 25 gram hati ayam
  3. 25 gram tempe
  4. 50 gram labu kuning
  5. 25 gram tomat
  6. air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Campurkan beras dengan air, hati ayam dan tempe. Rebus dan aduk hingga menjadi bubur.
  2. Kemudian masukan labu kuning dan tomat hingga matang, setelah dingin anda dapat menghaluskan menggunakan blender atau saringan kawat.

2.  Bubur Buah Alpukat

Bahan

  1. 1 sdm tepung beras (disarankan beras merah)
  2. 10 ml air minum
  3. 50 gram buah alpukat matang yang dihaluskan

Cara Membuat:

  1. Masukan tepung beras merah ke dalam air aduk hingga rata. Gunakan api sedang, aduk agar tidak menggumpal.
  2. Kemudiam masukan alpukat pepaya sejenak, kemudian aduk-aduk hingga asapnya hilang
  3. Disajikan hangat-hangat.

.>> Diskusikan Topik ini di Forum