Peranan menjadi seorang ibu menjadi semakin terasa diusia bayi anda memasuki 14 bulan, umumnya sudah pandai berjalan meskipun tidak menutup kemungkinan bayi anda termasuk yang lambat dalam berjalan , biasanya bayi akan mulai berjalan dengan sempurna pada usia 16 atau 17 bulan. Hal yang bisa anda lakukan adalah terus mengajaknya berlatih, jangan berikan ketakutan berlebih dengan melarangnya terlalu keras ketika dia mulai berdiri dan memegang pegangan disekitarnya, adakalnya anda menghampirinya dan memberikan bantuan dan buatlah dia rileks. Sehingga keberaniannya semakin tumbuh. Pada usia ini, bayi anda sudah dapat meniru tingkah laku orang disekitarnya, arahkan pada hal yang positif dan tegaskan untuk perilaku yang mengarah ke negatif, sehingga tidak menjadi kebiasaan. Kemampuan menggunakan sendok dan garfu ketika makan membuat semakin mandiri. Dengan kemampuan makan sendiri ini,terkadang membuat dia memilih milih makan, justru makanan dengan nilai gizi yang tinggi dihindari, kebanyakan dari bayi yang sudah bisa memilih makanan adalah menghindari jenis sayur dan memilih makanan favoritnya saja. Bagaimana dengan nutrisi yang didapatkan?

Nutrisi yang tepat untuk usia 14 bulan

Nutrisi yang tepat didapatkan dari beranekaragam makanan yang dikonsumsi oleh bayi anda dalam waktu tertentu sehingga memenuhi kecukupan gizi . Apa jadinya jika anak anda malah menghindari beberapa makanan yang berada di piring makannnya? Atau justru hanya memilih jenis makanan tertentu saja, itu kesalahan yang dikhawatirkan akan mempengaruhi asupan gizi untuk tumbuh kembangnya. Anda dapat mengetahui kecukupan gizi sesuai dengan usia bayi anda. Pada usia 14 bulan, bayi anda dapat diperkenalkan pada makanan keluarga secara bertahap. Karbohidrat bisa dihasilkan dari nasi lembek, jagung, kentang dan biskuit bayi. Selain itu protein juga dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki sel di dalam tubuhnya, hidangkan protein nabati dan hewani secara seimbang pada menu makannya. Vitamin dan mineral yang cukup dapat dihasilkan dari jenis buah dan sayur, meskipun sudah mengkonsumsi makanan keluarga, untuk buah yang mengandung alkohol (duren, nangka dll) hindari terlebih dahulu, pencernaannya masih belum kuat.

Menu makanan untuk usia 14 bulan

Meskipun tidak semua bayi pada usia 14 bulan mampu menerima menu makan yang baru akan tetapi dengan hidangan yang berbentuk unik dan berwarna dari bahan alami akan menambah selera makannya.

A.  Nasi  Beat Ikan Nila

Bahan :

  1. 100 gram beras putih, dicuci
  2. 50 gram umbi bit dikupas, blender
  3. 50 gram tahu
  4. 75 gram ikan nila yang telah dikukus, pisahkan dari durinya air secukupnya
  5. 25 gram jagung manis
  6. 25 gram buncis
  7. margarin dan garam secukupnya

Cara membuat :

  1. Memasak beras dengan jus bit kemudian tambahkan air secukupnya jika kurang sehingga hasil akhirnya menjadi nasi yang lembek
  2. Panaskan margarin kemudian orak arik tahu, masukan jagung manis dan buncis. setelah setengah matang masukan ikan nila yang telah dikukus. Siap disajikan.

B.  Cemilan sehat

Bubur susu bayam keju

Bahan :

  1. 1 genggam daun bayam di rebus, kemudian haluskan
  2. 50 gram labu
  3. 2 sdm maizena
  4. 200 ml air
  5. 1 sdt susu formula
  6. 1 sdt keju parut

Cara membuat :

  1. Blender bayam dan labu setengah kasar kemudian masukan maizena, air dan susu formula.
  2. Masukan ke dalam panci, panaskan. Aduk hingga mengental
  3. taburkan keju ketika akan disajikan.

.>> Diskusikan Topik ini di Forum