Kini memasuki usia 10 bulan bayi anda semakin aktif dalam melakukan gerakan-gerakan tubuh, peranan dari berbagai anggota tubuhnya semakin dinamis. Bahkan anak anda mulai untuk berdiri dan mencoba berjalan dengan bantuan benda disekitar dia berdiri. Tak heran jika anda lebih merasa kerepotan dengan perkembangan di usia ini. Perkembangan bahasa bayi semakin meningkat, banyak kata yang sering diucapkan pada usia ini. Anda dapat melibatkan bayi anda di dalam beberapa situasi, pelibatan ringan ini akan menambah kemampuan keyakinan pada bayi anda.

Nutrisi Tepat Untuk Usia 10 Bulan

Aktivitas yang dilakukan oleh bayi anda yang semakin aktif sehingga membutuhkan lebih banyak asupan energi dalam menyesuaikannya. Pada usia 10 bulan, bayi sudah mempunyai kemampuan mengunyah makanan dan menelan dengan baik. Anda dapat melatihnya dengan membiarkan anak anda makan dengan sendiri. Perhatikan pula nutrisi pada bayi anda dan makanan bayi dengan jenis yang beragam dan bervariasi. Selain asi yang terbaik, kebutuhan-kebutuhan lainnya seperti, cairan pada bayi dapat anda penuhi dari susu formula atau makanan tambahan. Hampir semua jenis buah dan sayuran baik untuk bayi anda, hindari sayur yang tinggi serat dan buah-buahan mengandung alkohol. Penambahan protein hewani  bisa anda dapatkan dari berbagai jenis ikan dengan rendah mercury. Bila anda ingin menambahkan daging unggas seperti ayam, disarankan ayam kampung. Ayam kampung masih bersifat alamiah tidak mengandung bahan kimia dari pakannya.

Menu Makanan Bayi 10 Bulan

A.  Tim Kentang Brokoli

Bahan :

  1. 40 gram daging ayam kampung
  2. 100 gram tahu porong kecil-kecil
  3. 200 gram kentang
  4. 120 ml air bersih
  5. 25 gram brokoli,potong potong

Cara Membuat :

  1. Pertama-tama masukan daging ayam, kentang dan wortel ke dalam panci kemudian tambahkan air hingga mendidih.
  2. Masukin brokoli hingga lunak, kira-kira 10 menit
  3. Hidangkan segera

Tim Kentang Brokoli mengandung gizi yang cukup tinggi. Kentang merupakan sumber karbohindrat yang baik bagi tubuh bayi. Brokoli dengan kandungan vitamin C dibutuhkan tubuh sebagai antioksidan pada bayi.

B.  Cemilan Sehat

Pada usia 10 bulan, cemilan yang diberikan sudah boleh mendekati makanan dewasa akan tetapi anda juga masih harus selektif karena pencernaannya masih rentan. Struktur makanan harus masih diperhatikan, tidak menggunakan bahan kimia (pengawet, pewarna,perasa berlebih) sehingga tidak menimbulkan masalah kesehatan untuk anak anda. Jika anda masih was-was, cemilan sehat dapat dibuat dengan mudah.

Agar Sari Buah

Bahan :

  1. 1 bungkus agar-agar tanpa rasa
  2. 1 gelas jus mangga
  3. ½ gelas perasan jeruk mandarin
  4. 2 gelas air putih
  5. ½ sendok makan gula putih

Cara Membuat :

  1. Campurkan satu bungkus agar-agar tanpa rasa dengan ½ sendok makan gula putih.
  2. Kemudian tambahkan dua gelas air, satu gelas jus mangga, dan ½ gelas perasan jeruk mandarin hingga mendidih.
  3. Masukan dalam cetakan sesuai selera

Kandungan yang terdapat dari buah jeruk dan mangga memberikan energi untuk membantu kebutuhan bayi anda. Kandungan lemak tak jenuh di dalam mangga, bagus dalam perkembangan pertumbuhan bayi. Selain itu kandungan vitamin c yang terdapat di dalam jeruk sangat baik dalam membantu daya tahan tubuh bayi anda. Anda dapat mengganti buah-buahan sesuai dengan kebutuhan bayi anda setiap harinya.