Menstruasi, Sebagai Proses Pembersih Tubuh

Menstruasi atau haid merupakan suatu proses yang alami pada seorang wanita, hal ini ialah suatu proses deskuamasi ataupun meluruhnya dinding pada rahim di bagian dalam atau endometerium yang keluar melewati vagina. Sirkulasi menstruasi ini berkisar sekitar 21 hari hingga 40 hari. Menstruasi ini ialah suatu pertanda yang menandakan bahwa tubuh anda bekerja dengan normal serta dapat melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang harus di lakukan. Hal ini menunjukan bahwa tubuh anda berada pada kondisi yang stabil, dan singkron yang merupakan suatu indikator pada kesehatan yang sangat baik.

Siklus menstruasi yang terjadi secara teratur, biasanya itu menunjukan berat badan anda yang ideal, kalori seimbang, serta asupan gizi yang terpenuhi. Sedangkan jika siklus menstruasi anda tidak teratur dalam waktu yang lama, hal ini biasanya dapat terjadi pada wanita yang mempunyai berat badan yang berlebihan ataupun kurang, selain itu hal ini juga menandakan asupan gizi serta kalori yang tidak seimbang. Ketika anda mengalami menstruasi terdapat beberapa zat besi yang juga ikut hilang. Hal itu dapat mengakibatkan kestabilan porsi pada zat besi di dalam tubuh, serta bisa membuat wanita mempunyai umur yang lebih panjang.

Menstruasi ini hampir sama manfaatnya dengan kegiatan donor darah yang bisa membersihkan darah juga pada tubuh. Menstruasi ini juga dapat membersihkan daerah reproduksi dari beberapa bakteri serta dapat mengeluarkan zat besi yang berlebih yang berasal di dalam tubuh. Ketika menstruasi ini terjadi biasanya akan muncul jerawat, ataupun sering kali merasa sangat malas. Namun hal itu sangat normal untuk terjadi, sebab proses pada penyeimbangan hormon pada tubuh anda. Setelah masa menstruasi ini selesai serta hormon anda telah kembali seimbang maka wajah anda akan terasa lebih cerah, merasa percaya diri, serta dapat menjadi kembali lebih aktif. 

Jika anda sering merasakan keluhan serta menganggap menstruasi menjadi hal yang paling menakutkan. Sebab bagaimanapun juga menstruasi ini bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh anda khususnya untuk mengatasi bermacam penyakit dengan bermacam perawatan yang biasanya disebut dengan stem cell therapy ( Baca : Manfaat Menstruasi ). Stem cell ini merupakan sel yang bisa dikembangkan menjadi beberapa sel berbeda. Pada tubuh manusia, ada bermacam sel seperti sel syaraf, sel otak, sel darah juga sel yang lainnya. Stem cell ini juga nantinya bisa berkembang menjadi beberapa sel yang telah di sebutkan tadi. Pada mulanya stem cell ini hanya bisa di temukan dalam janin bayi, namun setelah beberapa penelitian di lakukan oleh para ahli ternyata menstruasi juga dapat mengandung stem cell seperti yang terdapat pada janin.

Selain itu beberapa ahli mengatakan bahwa wanita yang mengalami menstruasi pada setiap bulannya ialah salah satu bukti tubuh anda melakukan suatu hal yang memang seharusnya dilakukan. Dengan begitu tubuh anda berada pada kondisi yang singkron serta merupakan suatu indikator kesehatan yang sangat baik. Menstruasi yang terjadi pada setiap bulannya bisa menunjukan bahwa seorang wanita akan lebih sering memiliki usia yang panjang jika di bandingkan dengan seorang pria. Sebab kondisi seperti ini terjadi karena pada saat anda menjalani menstruasi terdapat zat besi yang menghilang. Dengan begitu anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan tentang keluhan-keluhan yang di alami semasa menstruasi berlangsung sebab hal itu sangat biasa terjadi.

loading...

Follow us