Menjelaskan Proses Menstruasi Pada Anak Perempuan Anda

Awal menstruasi merupakan peristiwa penting dalam kehidupan seorang gadis. Beberapa gadis terkadang suka cita menyambut kedatangan menstruasi pertama sementara yang lain merasa bingung dan takut. Apapun reaksi, kedatangan periode pertama memegang arti yang sama untuk setiap gadis.

Ini bukti bahwa dia menjadi seorang wanita

Rata-rata, sebagian besar gadis mulai menstruasi  ketika  berusia 12 atau 13 tahun meskipun tidak menutup kemungkinan ada diantaranya yang lebih awal dan terlambat dari usia itu.  Tetapi jika anda menunggu sampai anak anda mendapat menstruasi untuk berbicara dengannya tentang menstruasi, itu terlambat. Jadi, bagaimana anda mendiskusikan  menstruasi dan bimbingan kepada anak anda? Atau, apa yang Anda memberitahu anak Anda? (Anak laki-laki memiliki pertanyaan, juga) Sebelum Anda dapat mendiskusikan menstruasi, penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana proses atau siklus menstruasi.

Mempersiapkan Periode Pertama Menstruasi

Jadi, bagaimana Anda tahu kapan anak Anda mungkin mulai menstruasi ? Anda mungkin akan dapat melihat perubahan fisik yang sinyal dia semakin dekat untuk memulai. Perkembangan payudara biasanya merupakan tanda-tanda menstruasitanda-tanda menstruasi pertama bahwa seorang gadis telah memasuki pubertas. Ini biasanya diikuti dengan pertumbuhan beberapa rambut kemaluan. Wanita  umumnya mencapai menarche (istilah medis untuk periode pertama atau awal menstruasi) dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah gizi yang baik. Akan tetapi yang terpenting adalah adanya kematangan alat reprodusksi.


Video Minggu Ini
Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak.

You must have the Adobe Flash Playerthe Adobe Flash Player installed to view this player.

Video courtesy of Bebeclub.


Proses Menstruasi

Selama siklus menstruasi, hormon dilepaskan dari berbagai bagian tubuh untuk membantu mengontrol dan mempersiapkan tubuh untuk kehamilan. Persiapan yang dimulai ketika ovarium (dua organ berbentuk oval yang terletak di sebelah kanan atas dan kiri rahim, atau rahim) memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Hormon-hormon ini memicu perubahan tertentu dalam endometrium (lapisan rahim). Kemudian, hormon lain dari kelenjar pituitari merangsang  pelepasan sel telur dari ovarium. Pelepasan sel telur disebut ovulasi, dan itu terjadi di tengah-tengah siklus - biasanya 14 hari dari siklus normal selama 28-hari. Sebuah siklus menstruasi berlangsung dari hari pertama satu periode ke hari pertama berikutnya. Umumnya adalah 28 hari, meskipun ada yang kurang bahkan lebih. Jelaskan juga pada anak anda selama beberapa tahun pertama ketika menstruasi dimulai, siklus sering tidak teratur akan tetapi jika keadaan normal berlanjut sehingga mengalami siklus yang panjang atau terlalu pendek anda bisa mengajak anak untuk berkonsultasi dengan dokter.

Berikan Penjelasan Mengenai Menstruasi

Beritahu  juga dengan  gejala-gejala PMS yang mungkin terjadi sehingga anak anda tidak merasa asing dengan gejala tersebut. Berikan informasi penanganan gejala dan pencegahan agar PMS tidak menganggu aktifitas anak anda. Setelah itu anda dapat memberi tahu untuk pilihan dan penggunaan yang tepat pembalut. Meskipun beberapa kali menggunakan pembalut bisa membuat frustasi, menjelaskan kepada anak Anda bahwa itu akan segera mudah dengan sedikit latihan. Karena otot-otot vagina dapat menjadi tegang ketika seorang gadis adalah gelisah, bisa sulit untuk memasukkan pembalut pada awalnya.

Apa Toxic Shock Syndrome (TSS)

TSS adalah infeksi bakteri yang jarang namun serius yang dapat dikaitkan dengan penggunaan pembalut. Untungnya, TSS yang dikaitkan dengan menstruasi hampir selalu dapat dicegah dengan mengubah pembalut secara teratur dan dengan menggunakan serapan terkecil yang diperlukan (misalnya, "ramping biasa" bukan "super plus"). Sebuah tindakan pencegahan yang masuk akal adalah untuk mengubah pembalut setiap 4 jam atau lebih sering jika aliran darah berat. Coba minta anak anda beberapa pertanyaan yang akan membantu Anda berdua untuk memudahkan diskusi. Jika Anda mendengar anak Anda menyebutkan sesuatu yang berhubungan dengan mendapatkan menstruasi, memacu percakapan dengan menanyakan di mana informasi itu berasal. Pertanyaan dapat menjadi cara yang bagus untuk meluruskan kesalahpahaman pada setiap anak-anak.

Info Menarik
loading...
loading...

Follow us