data-ad-format="auto"

Mengetahui Tanda Kehamilan Sejak Dini

Apakah anda hamil ketika terlambat menstruasi? Kehamilan ditandai dengan berhentinya siklus menstruasi akan tetapi masih banyak tanda kehamilan lainnya yang dapat anda ketahui sejak dini.

Tanda-tanda kehamilan tidak hanya berhentinya atau terlambatnya menstruasi.Hal ini dikarenakan terlambatnya menstruasi dapat diakibatkan karena pola makan, kelelahan, stress dan juga mengalami gangguan hormonal. Masih banyak tanda-tanda kehamilan lainnya yang penting untuk anda ketahui. Artikel berkaitan: Tanda Orang Hamil

Tanda kehamilan sangat penting untuk diketahui karena pada saat janin terbentuk membutuhkan asupan nutrisi khususnya asam folat sehingga penting mengetahui ciri kehamilan untuk menghindari resiko terjadinya cacat otak ataupun gangguan pada janin.

tanda kehamilan muda

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Yuk, kenali tanda tanda kehamilan sejak dini pada perubahan fisik dan psikis ibu hamil berikut ini:

1. Munculnya Kram dan Flek Darah

Tanda pertama kali yang dialami oleh wanita yang mengalami pembuahan adalah keluarnya darah menyerupai flak di celana dalam. Meskipun banyak yang mengira hanya darah menstruasi, bedanya darahnya sangat sedikit dan berwarna flek merah muda akibat implantasi.

Ketika embrio menempel pada dinding uterus yang terjadi karena proses ovulasi akan menyebabkan wanita seperti sedang menstruasi. Hanya saja waktu yang tidak berlangsung lama bahkan darah yang sangat sedikit. Selain itu wanita mengalami rasa kram seperti PMS. padahal kondisi ini dipicu karena adanya penyesuaian hormon di dalam tubuh. ( Baca juga: Cara Cepat Hamil )

2.Penggelapan Aerola

Perubahan fisik sebagai tanda kehamilan yaitu daerah areola yang berubah menjadi gelap dan diameternya lebih besar/bengkak. Kondisi ini karena tubuh ibu sudah mempersiapkan untuk membantu bayi ketika lahir menemukan aerola ketika menyusu.

Bahkan ketika anda mengamati lebih seksama, bagian vena di buah dada semakin kelihatan karena adanya penengagan pada bagian tersebut. Kondisi ini normal terjadi dan seringkali dijadikan tanda kehamilan. (Artikel terkait: tanda-tanda hamil muda)

3. Sering Buang Air Kecil

Pada bulan pertama kehamilan biasanya ditandai juga dengan seringnya buang air kecil. Kondisi ini disebabkan karena adanya rahim yang semakin membesar sehingga menekan kandung kemih.

Kondisi ini akan semakin terasa pada usia kehamilan 6-8 minggu setelah mengalami pembuahan. Ketika rahim keluar dari rongga panggul maka keluhan akan berkurang, yaitu pada saat trimester kedua. Ibu hamil akan mengalami sering buang air kecil kembali pada trimester terakhir karena janin mulai masuk ke dalam rongga panggul.

4.Naiknya temperatur Basal

Pada saat menstruasi terlewati dan sebelum ovulasi kondisi tubuh mengalami perubahan. Salah satunya adalah naaiknya temperatur basal di dalam tubuh.Terjadinya karena adanya pembuahan , dimana ovum yang dibuahi dan membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu ke dalam rahim untuk dapat menempel.

Meskipun kurang begitu disadari oleh wanita akan tetapi perubahan suhu tubuh dapat pula dijadikan sebagai tanda awal kehamilan.

5.Test Kehamilan

Untuk memastikan kehamilan anda sebaiknya menggunakan test kehamilan. Test kehamilan dapat berupa pemeriksaan menggunakan testpack, pemeriksaan USG, office pregnancy test, internal exam dan juga pregnancy blood test.

Apabila anda masih ragu dengan satu test kehamilan anda dpaat menggunakan beberapa test kehamilan sehingga membantu anda untuk mengidentifikasi kehamilan secara dini.Berkonsultasi sebelum kehamilan pada dokter kandungan akan membantu untuk merencanakan kehamilan yang sehat.

Itulah tanda-tanda kehamilan yang dapat membantu anda untuk mengetahui sejak awal. Tanda kehamilan yang dimaksud ini diatas pada setiap orang akan berbeda-beda karena kondisi tubuh masing-masing. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter kandungan terhadap perubahan yang terjadi.