data-ad-format="auto"

Mengetahui Penyebab Ketidaknomalan Cairan Organ Genital Perempuan

Cairan atau lendir yang keluar dari organ genital perempuan pada umumnya disebut dengan cairan keputihan. Pada dasarnya semua perempuan akan mengalami keluarnya cairan ini. Dalam cairan ini memiliki peranan yang cukup penting dalam menjaga kebersihan organ kewanitaan anda dengan membawa keluar sel mati dan bakteri yang ada pada bagian leher rahim dan vagina.

Sementara itu, definisi umum dari keputihan sendiri berarti adalah keluarnya sejumlah cairan dari bagian organ intim (bukan darah) yang pada umumnya akan keluar secara berkala. Dalam artian lain, kondisi keluarnya cairan ini akan anda alami secara periodik dalam waktu tertentu.

Biasanya pada saat ovulasi cairan ini akan dapat keluar. Jadi anda sendiri dapat memprediksi bahwa dengan keluarnya cairan keputihan maka waktu ovulasi anda sedang berlangsung. Pada umumya, ukuran jumlah cairan ini akan bisa meningkat dan mengeluarkan bau yang berbeda saat anda menyusui buah hati, ovulasi atau pada saat terangsang secara seksual. Hanya saja, pada kondisi yang normal keluarnya cairan ini tidak memiliki warna, bau dan jumlah cairan yang dikeluarkan tidak terlalu banyak.

Namun demikian, ketika kondisi yang berbeda atau kebalikannya anda alami. Maka kondisi ini dapat mengindikasikan adanya ketidaknormalan cairan organ genital anda. Ada banyak pemicu yang membuat kondisi ini dapat terjadi. Namun hal yang penting adalah segera konsultasikan masalah ini dengan dokter. Sebab kondisi ini mungkin mencirikan bahwa anda memiliki masalah dengan organ intim anda. Baca juga: Mengenali Tanda Ketidaknormalan Cairan Keputihan

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Mengetahui Penyebab Ketidaknomalan Cairan Organ Genital Perempuan

Infeksi dapat pula menjadi penyebab perubahan cairan yang keluar dari bagian organ intim kewanitaan. Kondisi ini biasanya terjadi akibat dari ketidakseimbangan bakteri yang ada pada bagian organ tersebut. Sementara itu, penyebab spesifik dari kondisi ketidaknormalan masalah cairan dari organ vital ini dapat disebabkan oleh banyak hal. Diantaranya anda bisa menyimaknya dibawah ini.

Infeksi Menular Seksual (IMS)

Jumlah cairan yang keluar dari organ vital perempuan disertai dengan kondisi janggal lainnya seperti adanya warna dan adanya bau yang tidak sedap bisa dipicu akibat adanya infeksi menular seksual. Beberapa kondisi ini dapat seputar penyakit trikomoniasis, klamidia atau bahkan gonore. Jadi demikian, untuk mendapatkan diagnosa yang tepat dan pasti. Maka sebaiknya kunjungi dokter terdekat untuk mengkonsultasikan masalah ini dengan baik.

Infeksi Vagina Akibat Bakteri

Masalah lain yang juga dapat menyerang dari kasus keluarnya cairan yang tidak normal dari bagian vagina adalah bakteri. Atau kondisi ini pun dapat dikenal dengan sebutan vaginosis bakteri. Kondisi seperti ini dapat membuat keluarnya cairan dari bagian organ kewanitaan berbau, berwarna bahkan keluar dalam jumlah yang banyak dan terjadi secara terus menerus.

Paparan bakteri yang masuk kedalam bagian vagina dan tidak segera diatasi dengan baik akan dapat memicu kondisi yang lebih buruk. Oleh karenanya, segera konsultasikan masalah ini dengan dokter.

Sariawan Pada Vagina Akibat Jamur

Masalah lain yang dapat memicu kondisi ketidaknormalan cairan genital perempuan adalah diakibatkan oleh adanya sariawan pada bagian organ genital. Kondisi ini pada umumnya dapat dipicu akibat jamur yang menyebar pada bagian organ intim. Masalah ini pun pada umumnya sering dipicu akibat penggunaan celana dalam yang kotor atau kurang teliti dalam menjaga kebersihan organ intim. Untuk itu, tingkatkan kembali kebersihan organ intim dengan baik.