data-ad-format="auto"

Mengatasi Suasana Hati (Mood) Pada Masa Kehamilan

Ketika orang bertanya mengenai keadaan, umunya ibu hamil akan menjelaskan kesehatan janin tanpa memperdulikan suasana hatinya. Masa kehamilan adalah harapan yang sangat mengembirakan untuk mendapatkan bayi tetapi juga beberapa kondisi mungkin terjadi seiring dengan perubahan hormon selama kehamilan. Sementara perubahan suasana hati, kecemasan dan mudah tersinggung semua emosi yang normal dialami oleh ibu hamil bahkan diantaranya bisa sulit untuk menangani.

Berikut adalah empat cara untuk membantu mengelola suasana hati Anda :

1.    Ambil kontrol dari suatu masalah yang ada

Jika Anda rentan terhadap kecemasan atau gangguan mood yang sudah ada sebelumnya. Anda dapat meminta bantuan seorang psikiater yang mengkhususkan diri dalam kesehatan mental untuk mendapatkan perawatan prenatal yang aman untuk Anda dan bayi Anda. Jika Anda belum pernah mengalami depresi atau masalah yang sama, waspada untuk gejala dan mencari pengobatan jika Anda mengalami emosi yang cukup kuat untuk mengganggu rutinitas harian Anda. Kehamilan dapat membangkitkan emosi yang memerlukan bantuan ahli psikolog dalam mengatasinya.

2.    Meminta Bantuan Teman

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Menghabiskan waktu yang lama  seorang diri dapat mendorong pikiran negatif dan menjadi lebih buruk jika tidak memiliki seseorang untuk berbicara dengan teman anda. Jangan takut untuk meminta bantuan teman-teman, keluarga atau wanita lain yang memiliki pengalaman yang sama untuk berbagi perasaan Anda dan saling mendukung untuk menjaga kesehatan kehamilan anda. Sehingga Orang-orang terdekat Anda akan lebih  bersedia untuk membantu pada saat kehamilan dan setelah bayi lahir.

3.    Membangun Perencanaan

Terkadang anda mengalami beberapa masalah termasuk dalam mempersiapkan kelahiran bayi anda. Suasana hati yang cemas, tegang dan tidak tahu harus berbuat apa serasa membingungkan anda sehingga beberapa hal memang sangat dibutuhkan anda. Kegelisahan menunggu persalinan dapat mempengaruhi suasana hati. Menenangkan saraf Anda dengan membicarakan perencanaan keuangan persalinan dengan suami dan keluarga. Selain itu sempatkan anda untuk menjadwalkan kegiatan yang mengembirakan dan membantu bayi anda berkembang dengan sehat seperti latihan dan yoga yang dapat membantu kesehatan anda dan janin. Mempersiapkan persalinan bisa jadi melelahkan dan menegangkan, sehingga untuk anda yang masih mendapatkan pekerjaan yang berat dan menyita banyak waktu sebaiknya dihindari terlebih dahulu untuk benar-benar fokus pada persalinan anda. Pada saat persalinan anda membutuhkan suasana yang menenangkan hindari stress.

4.    Membuat Suasana Hati Tetap bahagia

Perasaan stress yang berlebih akan menggangu kesehatan anda dan juga janin. Beberapa cara dapat anda lakukan dengan latihan yang sehat selama kehamilan yaitu yoga, meditasi dan latihan untuk membantu mengurangi stress. Selain itu anda juga harus memperhatikan beberapa tambahan jam tidur, latihan pernafasan atau berjalan-jalan untuk membantu Anda bersantai. Dengan merawat diri sendiri, Anda akan mendapatkan ketenangan selama kehamilan. Membuat suana hati bahagia bisa anda lakukan dengan mendengarkan musik tertentu seperti mozart untuk menumbuhkan pengaruh positif pada janin selain itu anda dapat rileks dengan minyak aroma terapi untuk merangsang otak dan memberi ketenangan pada anda.

Itulah hal yang bisa anda lakukan dalam mengendalikan suasana hati selama kehamilan sehingga anda dapat tetap menjaga kesehatan anda dan janin. Bagaimanapun ibu hamil memiliki beberapa perbedaan yang dipengaruhi hormon kehamilan sehingga lebih mudah mempengaruhi mood (suasana hatinya).