Mengatasi Kaki Bengkak Pasca Persalinan

Bagi para ibu yang baru saja melahirkan, gangguan tubuh seperti halnya bengkak di seluruh bagian tubuh terutama kaki menjadi permasalahan yang sering terjadi dan normal adanya. Bahkan, beberapa wanita justru mengalami kaki bengkak pasca persalinan. Meski kehadirannya cukup mengganggu dan membuat panik, namun sebaiknya ibu tidak perlu khawatir, sebab kondisi seperti ini umumnya akan menghilang dengan sendirinya.

Pembengkakan yang terjadi pada kaki pasca persalinan pada umumnya dipicu akibat adanya peningkatan volume darah selama masa kehamilan yang didistribusikan dalam beberapa minggu pasca persalinan. Kondisi seperti ini biasanya akan sering terjadi apabila saat persalinan ibu mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi. Pembengkakan yang terjadi pada daerah pergelangan kaki dan sekitarnya bisa anda minimalisir dengan mengupayakan beberapa cara.

Berikut ini kami sajikan cara mengatasi bengkak pada kaki pasca persalinan :

1. Luangkan Waktu Untuk Melakukan Peregangan

Anda bisa mengambil waktu disela-sela jam istirahat atau jam santai anda untuk melakukan peregangan untuk mengurangi dampak bengkak pada kaki setelah persalinan yakni dengan cara berdiri dan berjalan-jalan kecil di sekitar rumah. Hindari duduk terlalu lama atau menonton tv seharian penuh. Sedikit peregangan akan membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih lancar.

2. Atur dan Tinggikan Posisi Kaki

Ketika anda merasakan kaki yang tiba-tiba terasa begitu kencang baik saat sedang duduk maupun sedang tidur. Sebaiknya letakan ganjalan untuk meletakan kaki agar posisi telaak kaki menjadi lebih tinggi daripada pantat. Hal ini bertujuan untuk mengurangi jumlah cairan yang menumpuk pada area pergelangan kaki pasca persalinan.


Video Minggu Ini
Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak.

You must have the Adobe Flash Playerthe Adobe Flash Player installed to view this player.

Video courtesy of Bebeclub.


3. Hindari Menyilangkan Kaki Sewaktu Duduk

Pada umumnya kita akan merasa nyaman duduk dengan posisi kaki yang disilangkan kebagian depan. Namun ketika anda mengalami bengkak pada kaki, sebaiknya jangan melakukan posisi duduk seperti ini, sebab hal  ini akan dapat menghambat peredaran darah sehingga akan memperburuk kondisi pembengkakan. Sebaliknya posisikanlah kaki lurus dengan lantai atau sedikit lebih tinggi.

4. Jangan Konsumsi Makanan Asin

Konsumsi makanan asin akan menyebabkan timbunana cairan dalam tubuh semakin bertambah. Jadi sebaiknya usahakan tidak mengkonsumsi makanan yang teralalu asin dulu seperti kacang atau camilan yang gurih.

5. Rendamlah Kaki dengan Air Garam

Merendam kaki yang bengkak dengan menggunakan air garam akan membantu mengurangi pembengkakannya. Hal ini disebabkan garam memiliki kandungan mineral yang membantu mengurangi kelelahan dan mengurangi pembengkakan, terutama pada bagian kaki.

6. Jangan Pernah Menahan Hasrat Buang Air Kecil

Biasanya, kebanyakan ibu yang baru saja melahirkan, terutama mereka yang menempuh persalinan normal kerapkali menahan hasrat buang air kecil dengan alasan takut jahitanya tidak kering-kering dan terasa perih. Hanya saja, hal ini sebenarnya keliru, buang air kecil atau pipis tidak akan mempengaruhi cepat atau lambatnya jahitan menjadi kering.

Demikian beberapa cara mengatasi pembengakak pada kaki pasca melahirkan. Beberapa poin diatas dapat anda lakukan tanpa pengwasan medis, hanya saja bila pembengkakan tidak berangsung membaik lebih dari satu mingu sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.