Memilih Tempat Bersalin
 

tempat melahirkanSetelah mengandung selama sembilan bulan, kini saatnya untuk melahirkan. Melahirkan merupakan suatu peristiwa penting dan besar bagi sebuah keluarga. Guna kelancaran proses persalinan, salah satunya diperlukan kenyamanan bagi si ibu itu sendiri. Kenyamanan yang dimaksud tentunya bersifat moril seperti adanya dukungan suami atau keluarga lainnya, ketenangan pikiran dan hal lainnya. Selain itu kenyamanan yang bersifat fisik, diantaranya seperti ketersedian finansial, kesehatan ibu dan janin, dan juga kenyamanan tempat Bersalin, ya kenyamanan tempat Bersalin.

Untuk memilih tempat Bersalin yang dianggap nyaman tentunya diperlukan berbagai pertimbangan. Dan pertimbangan tersebut tergantung anda dan pasangan. Begitu banyak pilihan sebagai tempat untuk melahirkan. Namun, Anda tidak harus memilih rumah sakit besar yang berfasilitas lengkap untuk tempat bersalin Anda, apalagi jika selama kehamilan dokter tidak menemukan masalah atau faktor resiko tertentu.

Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda pertimbangkan dalam memilih tempat bersalin;

Anggaran Melahirkan

Bila dana rumah sakit, anda tanggung sendiri, sebaiknya perhatikan terlebih dulu budget yang anda miliki. Pilihan tentu harus sesuai dengan kondisi keuangan anda karena setelah bayi lahir masih akan ada pengeluaran yang lain. Cermati betul, berapa perincian biaya melahirkan di sana. Komponen biaya itu meliputi:

1. Biaya melahirkan.

2. Kamar (fasilitas rawat inap).

3. Kemungkinan tindakan pembedahan (operasi Caesar).

Jarak Tempat Bersalin

Usahakan agar jarak tempat melahirkan dengan tempat tinggal tidak terlalu jauh. Jika dokter menyatakan calon ibu dan janinnya dalam kondisi yang sangat baik dan sehat, maka boleh-boleh saja bersalin di klinik kecil dekat rumah. Hal ini agar ibu yang akan melahirkan segera mendapat penanganan secara cepat. Perhitungkan juga perkiraan lama perjalanan di saat jam sibuk, ini untuk mengantisipasi, kalau-kalau bayi mendesak ingin lahir di luar perkiraan waktu.

Fasilitas Tempat Bersalin

Pilihlah klinik atau rumah bersalin yang memiliki fasilitas rujukan ke rumah sakit yang lebih besar dan juga memiliki mobil ambulans. Gunanya agar jika Anda mengalami kondisi darurat dapat segera dilarikan dengan ambulans ke rumah sakit rujukan. Selain itu perhatikan pula mengenai tenaga ahli yang ada, terutama ketersedian dokter jika terjadi keadaan darurat.

Sebaiknya anda memilih tempat  bersalin dengan fasilitas rooming in, yaitu fasilitas dimana bayi ditempatkan di kamar yang sama dengan Anda setelah proses persalinan selesai. Manfaatnya adalah bayi akan terjamin untuk mendapatkan ASI, bayi dapat menyusu kapan pun ia mau, memudahkan ibu mengenali ritme bayi dan menunjang keberhasilan ASI Eksklusif.

Kebersihan dan Suasana Tempat Bersalin

Perhatikan tingkat Kebersihan secara keseluruhan. Perhatikan juga suasana lingkungan dengan memperhatikan jumlah dan keadaan kamar yang tersedia. Apakah suasananya terasa padat, hiruk-pikuk dan berisik, ataukah terasa tenang, nyaman dan bersuasana rumah. Ibu yang baru saja melahirkan, umumnya perlu waktu untuk istirahat di samping penyesuaian dengan kondisi barunya.

Melahirkan Dengan Kondisi Beresiko

Rumah sakit yang memiliki fasilitas lengkap, seperti unit perlengkapan intensip/ICU (intensive care unit) dan unit perawatan neonatus/bayi baru lahir intensif/ / NICU (neonatus intensive care unit), disarankan dipilih ibu hamil yang beresiko tinggi, seperti menderita preeklamsia, penyakit jantung bawaan, bayi dengan kemungkinan lahir prematur, janin letak sungsang atau melintang, persalinan dengan bayi besar atau kemungkinan terjadi kemacetan selama proses persalinannya, dan letak ari-ari (plasenta) yang menutupi jalan lahir sehingga membahayakan ibu maupun janin.


.>> Diskusikan Topik ini di Forum