Memilih Jenis Makanan Sehat Untuk Bayi

Periode masa bayi merupakan periode emas. Artinya, masa tersebut merupakan masa dimana orang tua memiliki peluang untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan buah hatinya. Hal ini dapat diwujudkan dnegan melakukan berbagai upaya. Seperti salah satunya adalah melalui pola asupan makanan bayi.

Pada masa bayi, anak-anak harus memperoleh asupan makanan yang sesuai dengan kebutuhannya, hal ini semata-mata bertujuan agar pertumbuhan serta perkembangan bayi menjadi lebih optimal. Hingga usai minimal 6 bulan, kebutuhan gizi bayi masih dapat terpenuhi dengan pemberian ASI dari ibunya. Namun secara umum, setelah melewat masa tersebut, bayi akan mulai membutuhkan makanan pendamping yang sesuai dengan pencernaannya. Dengan demikian inilah waktu yang tepat untuk para ibu agar dapat memperkenalkan makanan bayi 6 bulan yang sehat untuk diberikan kepada si buah hati sebagai makanan pendamping ASI nya.

Memilih makanan sehat untuk bayi secara rutin mungkin dapat menjadi hal yng cukup membingungkan, terutama untuk ibu yang baru melahirkan. Kerap kali para ibu dibuat ragu akan jenis makanan yang tepat dengan takaran yang sesuai saat pertama kali memberi makan bayi mereka. Apalagi jika ibu menghadapi kondisi ketika si buah hati mengalami gangguan pencernaan seperti sakit perut dan diare. Hal ini tentu akan membuat ibu menjadi panik dan tak tahu harus berbuat apa.

Nah, berikut ini ada beberapa jenis makanan yang sehat untuk diberikan kepada bayi, agar ibu tak lagi dibuat pusing memilih-milih makanan yang sehat untuk bayi.

1. Biskuit Campur Susu

Bagi ibu yang pertama kali memberikan makan kepada bayi setelah mereka cukup usia untuk makan, menu pertama yang bisa ibu coba adalah biskuit yang dicampur dengan susu. Adapun jenis biskuit yang bisa ibu gunakan adalah biskuit bayi yang saat ini banyak dijual dipasaran. Cara pengolahnnya, ibu bisa melakukanya dengan menghancurkan biskuit, aduk dan masukkan ke dalam campuran susu. Tambahan susu hangat akan membuat biskuit yang ibu masukan menjadi lebih mudah untuk dihancurkan. Setelah hancuk aduk-aduk hingga meraata menjadi bubur. Selain itu pastikan jika ibu mmeberikan susu dengan temperatur yang sesuai dengan bayi yang masih begitu sensitif.


Video Minggu Ini
Tips untuk mengetahui sisi positif, keunggulan dan bakat anak.

You must have the Adobe Flash Playerthe Adobe Flash Player installed to view this player.

Video courtesy of Bebeclub.


2. Bubur Sayuran

Memberikan jenis makanan berserat untuk bayi yang baru menyantap makan tentu bukanlah tindakan yang bijak saat ini. Namun disamping itu, asupan sayuran dan buah-buahan amat dibutuhkan bayi untuk menjaga asupan nutrisinya agar tetap sehat. Untuk itu, selektiflah memilih sayuran dengan serat yang sedikit sehingga lebih mudah dicerna oleh bayi. Ketika mengolah sayuran, ada baiknya jika ibu tidak terlebih dahulu memberikan rasa yang begitu bermacam-macam, sebab pemberian berbagai bumbu akan dapat mengganggu sensitifitas perut bayi. Untuk membuat bubur sayuran ibu bisa melakukannya dengan merebus sayuran seperti buncis, wortel atau sayuran lain yang kemudian dihancurkan.

3. Telur Rebus

Telur rebus merupakan sumber protein serta nutrisi yang baik untuk bayi anda. Untuk memberikan telur rebus pada bayi, sebenarnya anda tak perlu menunggu terlalu lama. Hanya saja, akan lebih baik jika anda menunggunya 3 bulan setelah dimulainya pemberian MPASI bayi anda. Sama halnya dengan kedua jenis makanan diatas, telur rebus ini harus juga anda olah menjadi bubur agar mudah dicerna oleh perut bayi. Selain itu, jangan lupa pula selalu sediakan air minum dengan jarak yang mudah anda jangkau, agar ketika si kecil sudah makan banyak ia tidak akan merasa kekeringan.

Demikian beberapa jenis makanan sehat yang baik diberikan pada bayi. Memberi makan bayi untuk pertama kali memang sedikit membingungkan. Namun dibalik semua alasan tersebut, memberi makan bayi bukanlah sesuatu yang menakutkan. Apabila anda sudah terbiasa melakukannya, maka anda akan dengan sendirinya terbiasa.