Melakukan Perjalanan Jauh dan Posisi Tidur Bagi Ibu Hamil

bu bidan yang baik,
saya umur 28 thn, siklus mens saya tidak teratur, seringnya 1 bulan 2x dan biasanya datang awal bulan dan pertengan bulan, alhamdulillah saya hamil, karena sebelumnya sy sempat khawatir akan hal ini, sy terakir mens selesai juli tgl 31 (benar2 bersih tidak ada flek coklat) tapi tgl pertama mens sy tidak  ingat, diperkirakan bayinya lahir tgl 21 april 2009 (tgl berapakah kl perkiraan bidanku.com?). Yang ingin saya tanyakan,karena saya wanita pekerja (di suatu kota),shg saya memutuskan plg ke kampung halaman tgl 4 april 2009 (mengingat cuti hanya 2 bulan. Mhn sarannya, hal ini masih aman kl saya pulang pd tgl tersebut.  yang kedua,kl tidur sy suka miring kekanan, apakah boleh, karena kalo kekiri pegal sekali
terima kasih

(Dian)

Tanggapan Bidanku.com

 Dear Dian...
Terimakasih telah menghubungi kami..
salam kenal dari kami

Baik kami kami akan mencoba menanggapi pertanyaan ibu sesuai kemampuan kami

1. Untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) sebetulnya ada dua metode yaitu melalui pemeriksaan ( berdasar tinggi puncak rahim, USG, deteksi denyut jantung janin, deteksi gerakan janin) dan menggunakan rumus Neagele. Mungkin kami hanya bisa memprediksi melalui rumus, cuman sayang rumus tersebut berdasar Hari Pertama Haid Terkahir (HPHT) dan Bu Dian nggak ingat yah kapan HPHT-nya dan tidak menyebutkan durai mensnya. Mohon maaf kami kesulitan untuk memprediksi hari perkiraan lahir bayi ibu.
2. Sebetulnya wanita yang hamil pada trimester ke tiga haruslah banyak istirahat. Namun, jikalau harus melakukan perjalanan jauh sebaiknya banyak berhenti untuk memberikan istirahat pada ibu. Yang terpenting adalah ibu jangan sampai kelelahan. Hindari melewati jalan yang buruk, karena goncangan pada jalan buruk akan membuat otot punggung, pinggang, perut dan paha meregang, sehingga bisa menyebabkan ibu mudah kelelahan. Kurangi kecepatan pada saat melewati jalan yang buruk.
3. Mengenai posisi tidur, betul bu, sebaiknya posisi tidur dalam keadaan miring, nggak apa-apa sih kalo suka posisi tidur ke kanan, cuman ya sesekali gantian posisi tidurnya ke kiri. Karena posisi tidur miring ke kiri adalah yang paling baik. Posisi ini memberikan keuntungan berupa pasokan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta dan janin. Posisi ini juga membantu kerja ginjal untuk membuang sisa produksi dan cairan dari tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki dan tangan.

Demikian bu, semoga bisa membantu..
salam hangat
Bidanku.com

loading...

Follow us